Macam Macam Tugas Dan Isyarat Wasit Bola Voli

Dalam setiap pertandingan olahraga pasti terdapat wasit yang berguna untuk memastikan suatu pertandingan berjalan lancar. Sama seperti olahraga lainnya, pertandingan bola voli dipimpin oleh wasit. Selain itu, wasit utama dibantu oleh beberapa perangkat wasit lainnya.

Menurut Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), jumlah wasit dalam permainan bola voli berjumlah lima orang, terdiri dari satu wasit utama, satu wasit kedua, satu pencatat angka, dan dua orang hakim garis. Berikut merupakan tugas wasit bola voli.

Tugas Wasit Utama

Wasit utama nantinya akan berdiri di sisi lapangan dekat net dengan menghadap ke pencatat angka. Wasit utama memiliki tugas untuk memutuskan poin mana yang akan diraih oleh tim. Selain itu, ia juga berhak untuk memberikan servis kepada tim yang mendapatkan giliran usai mendapatkan poin. Wasit utama juga memiliki tugas untuk memulai pertandingan bola voli. Tanda dimulainya pertandingan adalah tiupan pluit dari sang wasit utama.

Tugas Wasit Kedua

Wasit kedua posisinya bersebrangan dengan wasit utama, ia berdiri membelakangi pencatat angka di sisi lapangan dekat net. Sebagai asisten wasit utama, wasit kedua bertanggung jawab mengawasi bangku cadangan serta menerima permintaan time out atau pergantian pemain. Wasit kedua juga memiliki hak untuk memberikan masukkan terkait keputusan yang akan diberikan oleh wasit. 

Pencatat Angka

Pencatat angka atau scorer bertugas di meja khusus di area pinggir lapangan, berseberangan dengan wasit utuma. Scorer memiliki tugas untuk mencatat terjadinyaa poin dari masing-masing tim, giliran servis, pergantian pemain dan hasil akhir permainan. Scorer juga dapat melaporkan kejadian di sekitar lapangan yang berpotensi menganggu jalannya pertandingan kepada wasit kedua hingga wasit utama.

Baca Juga :

Hakim Garis

Terdapat 2 orang hakim garis yang ditugaskan di tiap ujung lapangan dan berdiri secara diagonal sejauh 1 hingga 2 m dari pojok garis tepi wilayah permainan. Setiap hakim garis disediakan bendera berukuran 40 x 40 cm sebagai penanda terjadinya angka atau pelanggaran dari seorang pemain maupun regu. Hakim garis bertugas menentukan tempat jatuhnya bola di lapangan permainan, adanya kontak pemain dengan bola sebelum menuju keluar wilayah pertandingan, dan posisi kaki seorang server.

Isyarat Wasit Voli

Isyarat Wasit Voli

Selain memiliki tugas dimasing masing posisinya wasit dalam voli juga memiliki isyarat yang perlu diketahui.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved