7 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kesehatan Tubuh

Sepak bola adalah olahraga yang paling populer didunia. Mulai dari kalangan anak anak hingga tua menyukai olahraga ini. Terdapat berbagai macam alasan orang menyukai olahraga yang satu ini mulai dari karena sering bermain bola, hingga menyukai sepak bola karena suka menonton klub bola kesayangannya bermain.

Selain untuk bersenang senang, olahraga sepak bola juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi lemak, meningkatkan stamina dan masih banyak lagi. Berikut merupakan manfaat manfaat di sepak bola.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang disebutkan sebelumnya sepak bola bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jangtung. Yang namanya bermain bola pasti tidak luput dari yang namanya berlari (kecuali kiper). Dengan berlari secara konsisten maka akan tetap menjaga detak jantung secara konsisten. Gerakan konsisten ini dapat membantu memperkuat jantung, melawan penumpukan plak di arteri koroner, mengurangi tekanan darah, dan membakar kelebihan kalori.

Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Dengan berlari dan mengejar bola kesana kemari selama 90 menit di lapangan dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Hal tersebut sangat baik bagi tubuh karena dapat membuat tubuh memiliki sistem imunitas yang baik sehingga mengurangi resiko terkena penyakit.

Mengurangi Depresi

Dengan bermain sepak bola maka dapat mengurangi rasa stress dan depresi. Karena olahraga yang dilakukan di luar ruangan apalagi di pagi hari maka akan menghirup angin angin segar sehingga dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres.

Baca Juga :

Di samping itu, olahraga yang bersifat kompetitif seperti sepak bola juga dapat membantu seseorang untuk mengatur emosi, sportifitas, dan kerjasama antar tim.

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Dengan bermain sepak bola juga dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasimu. Karena permainan ini dimainkan secara beregu maka setiap pemain harus memiliki kerja sama tim yang baik untuk dapat meraih kemenangan.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, maka akan mengalami menurunan kepadatan tulang. Saat berlari di lapangan, berat badan kamu akan memberi tekanan pada tubuh. Hal tersebut akan memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang dalam prosesnya. Dan dengan latihan yang teratur juga akan membantu kamu menghindari cedera dan patah tulang.

Meningkatkan Konsentrasi

Sepanjang bermain sepak bola pemain diharuskan untuk selalu berkonsentrasi pada bola yang dibawanya. Karena jika tidak, bola yang dibawa tersebut bisa saja direbut oleh lawan. Dan disaat ingin menendang bola ke gawang musuh juga harus berkonsentrasi agar bola yang ditendang masuk ke gawang.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Olahraga ini mampu membakar lemak karena dapat melatih otot dan jantung. Sepak bola juga dapat membangun massa otot dan membakar lebih banyak lemak dengan menyerap serat otot. Berat badan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan obesitas, di mana kondisi ini akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan.

Jadi, kamu dapat menggunakan sepak bola sebagai salah satu pilihan olahraga yang dapat membantumu menjaga berat badan tetap ideal.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved