Perlengkapan Tenis Meja Yang Harus Kamu Miliki

Tenis meja atau pingpong adalah permainan bola kecil yang dilakukan dimeja khusus baik dimainkan secara tunggal maupun ganda. Permainan yang dulunya memiliki nama whiff waff ini adalah salah satu permainan yang diperlombakan dalam ajang kompetisi tingkat nasional dan internasional contohnya PON dan Olimpiade.

Untuk dapat memainkan permainan yang satu ini dibutuhkan beberapa perlengkapan seperti bola, bet dan lain lain. Berikut merupakan perlengkapan yang dibutuhkan untuk bermain tenis meja atau pingpong.

Bola Tenis Meja

Bola Tenis Meja

Bola tenis meja memiliki diameter 40 mm dan berat 2,7 gram. Biasanya bola tenis meja memiliki warna putih atau oranye dan bola tenis meja terbuat dari bahan selulosa yang ringan. Pantulan bola yang baik apabila dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm akan menghasilkan ketinggian pantulan pertama antara 23–26 cm.

Pada bola tenis meja biasanya ada tanda bintang 1, 2, dan 3. Jika di bola tersebut memiliki bintang jika berarti menunjukan bahwa bola tersebut memiliki kualitas tertinggi dan biasanya dipakai di turnamen turnamen resmi.

Bet

Bet Tenis Meja

Bet atau raket tenis meja merupakan alat untuk memukul bola. Bet untuk tenis meja terbuat dari kayu yang memiliki lebar 15 cm dan panjang 15,5 cm. Umumnya, bet akan dilapisi dengan perekat yang terbuat dari bahan serat karbon atau serat kaca.

Sementara itu pada sisi daun bet tenis meja yang biasa digunakan untuk memukul bola dilapisi dengan karet halus ada juga bagian yang memiliki bintik atau licin.

Meja Tenis

Meja Tenis Meja

Untuk meja tenis sendiri biasanya terbuat dari bahan keras yang dapat membuat bola ping pong memantul sempurna. Ukuran lapangan tenis meja secara penuh adalah memiliki panjang 2,74 meter, lebar 1,525 meter, dan tinggi 76 sentimeter yang dihitung dari permukaan tanah.

Permukaan lapangan tenis meja dicat dengan menggunakan warna biru gelap atau warna hijau gelap sesuai dengan komposisi warna cat yang diatur dalam aturan Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF).

Net

Net Tenis Meja

Net yang digunakan dalam olimpiade atau kejuaran tenis meja kelas internasional haruslah memenuhi standar ITTF, tidak hanya net saja akan tetapi juga proses pembuatan net. Net harus memiliki tinggi 15,25 cm dengan panjang 183 cm dan memiliki jarak antara meja ke tiang yang sesuai standar yaitu 15,25 cm.

Baca Juga :

Tiang Penyangga

Tiang Penyangga Tenis Meja

Untuk membuat net berdiri tegak dibutuhkanlah tiang peyangga. Tiang penyangga ini nantinya akan dipasang di kedua ujung net. Dengan adanya tiang penyangga ini, net akan semakin kokoh sehingga dapat menjadi pemisah pada meja untuk menandai batasan wilayah antara satu pemain dengan pemain lainnya.

Sepatu

Sepatu Tenis Meja

Sepatu sebenarnya adalah perlengkapan yang tidak terlalu wajib untuk digunakan. Namun di pertandingan resmi sepatu wajib digunakan. Kamu tidak disarankan untuk menggunakan sepatu seperti sepatu lari biasa atau sneakers.

Karena jika memakai sepatu tersebut ada kemungkinan akan terpeleset atau tergelincir karena sol pada sepatu tersebut yang licin. Kamu dapat menggunakan sepatu tenis meja yang memiliki karakteristik ringan, sol karet yang tidak licin, dan sol rendah.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved