11 Posisi Pemain Sepak Bola Beserta Tugasnya

Sepak bola merupakan permainan bola besar yang terdiri dari 11 orang dimasing masing timnya. 11 orang tersebut memiliki peran dan tugas penting dalam tim. Dalam permainan sepak bola terdapat empat posisi yaitu, kiper, pertahanan, tengah, dan pemain depan atau penyerang.

Dalam empat posisi itu diperlukan kekuatan pada setiap individu untuk membentuk tim yang kuat dan bermental pemenang. 11 pemain tersebut nantinya akan diberi tugas masing masing. Berikut merupakan tugas tugas dari 11 posisi dalam sepak bola.

Kiper

Kiper Sepak Bola

Penjaga gawang atau sering disebut kiper merupakan pertahanan terakhir bagi tim untuk mencegah masuknya bola ke gawang. Disamping menjaga gawangnya agar tidak kemasukan bola, kiper juga memiliki tugas untuk membangun serangan dari belakang, kiper akan mengalirkan bola ke pemain belakang, pemain tengah, maupun pemain depan.

Pertahanan

Pertahanan Sepak Bola

Posisi ini bertugas untuk mempertahankan bola berada diluar kotak pinalti dan juga bertugas untuk mencegah lawan untuk melancarkan serangan ke gawang. Pemain yang berada di posisi ini harus memiliki fisik yang kuat dan mempunyai agresivitas yang terkontrol. Terdapat empat posisi dalam pertahanan yaitu sweeper, bek tengah, bek kiri, dan dan bek kanan.

Bek Penyapu (Sweeper)

Sweeper adalah posisi utama yang selalu ada di lubang antara kiper dan bek tengah, di belakang barisan pertahanan, bertujuan membuang bola sejauh mungkin, memberi aba-aba kepada penyerang untuk melakukan kesempatan serangan balik dan menyelamatkan gawang dengan blok, tekel dan intersep.

Bek Tengah

Bek tengah merupakan posisi pemain yang ditugaskan untuk berada di depan kiper. Pekerjaan utamanya adalah menghentikan serangan dan menghentikan bola yang dibawa oleh lawan dan membebaskan bola dari bahaya bila diperlukan.

Selain itu, tugas lain dari bek tengah adalah untuk menghentikan permainan penyerang lawan. Selain itu, pemain ini juga berperan untuk mendorong bola agar dibawa jauh dari area pertahanan tim dan memainkan serangan balik dari dalam dan menghentikan serangan dan menghentikan bola yang diserang lawan serta membuang bola dari ancaman penyerang lawan bila diperlukan.

Tujuannya adalah mengambil bola tanpa mengakibatkan hal yang menguntungkan bagi lawan dan membuatnya tenang dan bebas ke tengah lapangan tanpa pelanggaran.

Bek Kiri

Bek kiri bertugas menjaga daerah pertahanan area kiri, serta dapat membantu serangan tim, memberikan umpan atau mendukung serangan dari pemain penyerang.

Bek Kanan

Bek kanan bertugas menjaga daerah pertahanan area kanan, serta dapat membantu serangan tim, memberikan umpan atau mendukung serangan dari pemain penyerang.

Pemain Tengah

Pemain Tengah Sepak Bola

Diposisi ini biasanya berisi pemain pemain yang memiliki fisik yang kuat dan memiliki kemampuan yang hebat. Dan biasanya juga pemain yang menempati posisi ini juga memiliki stamina yang kuat guna memproses bola dan mengarahkan bola ke garis penyerangan. Di posisi ini terdapat 4 jenis posisi yaitu gelandang bertahan, gelandang tengah, dan gelandang serang.

Gelandang Bertahan

Gelandang bertahan adalah posisi di mana pemain harus melakukan berbagai tugas untuk menjadi pengalir bola atau menjadi pelindung, biasanya hanya pemain yang benar-benar mengesankan dan berbakat bermain yang di posisi ini. Tugas dari gelandang bertahan adalah mencari tempat di antara pertahanan dan barisan gelandang untuk menginisiasi serangan melalui operan yang mengarah dengan tepat kepada pemain yang berada dalam posisi barisan para penyerang.

Gelandang Tengah

Gelandang tengah merupakan tempat dimana pemain mengharuskan memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi dan juga memiliki sifat oportunis dan mahir dalam operan. Gelandang tengah bertugas menjaga daerah timnya di tengah lapangan. Mengatur ritme dan alur dalam permainan. Membantu pertahanan di bagian sayap maupun tengah area lapangan. 

Gelandang Serang

Gelandang tengah bertugas menciptakan peluang bagi penyerang timnya untuk menembakkan bola ke gawang musuh. Pemain ini disebut sebagai otak dari permainan karena menciptakan pola penyerangan yang strategis.

Baca Juga :

Penyerang

Penyerang Sepak Bola

Penyerang ini memiliki tugas mengontrol penuh serangan ke gawang musuh, beberapa menunggu umpan, dan beberapa membangun serangan. Biasanya yang menempati posisi ini memiliki serangan menendang bola yang akurat. Posisi penyerang terdiri dari 3 jenis yaitu, penyerang bayangan, penyerang sayap, dan penyerang tengah.

Penyerang Bayangan

Penyerang bayangan memiliki tugas untuk memecah konsentrasi pemain bertahan lawan dan mampu mencetak gol ke gawang lawan. Letak pemain ini berada di belakang penyerang tengah.

Penyerang Sayap

Penyerang sayap memiliki tugas mencetak gol dan membantu serangan dari area sayap. Selain itu, mampu memberikan ruang untuk penyerang tengah, penyerang bayangan dan juga memberikan umpan ke penyerang tengah.

Penyerang Tengah

Penyerang tengah memiliki tugas untuk menerima umpan dari temannya lalu mencetak gol dari setiap peluang yang ada.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved