Apa Itu VAR? Teknologi Dalam Sepak Bola

VAR adalah singkatan dari Video Assistant Referee atau Video Asisten Wasit. Secara sederhana, VAR dapat diartikan sebagai teknologi yang membantu wasit untuk mengecek ulang suatu kejadian dan mengambil keputusan yang tepat.

VAR dalam sepak bola digunakan untuk meningkatkan pengawasan dan pengambilan keputusan wasit secara adil. Karena sebelum adanya teknologi ini, terkadang wasit mengambil keputusan yang kurang tepat sehingga berpeluang menerima protes dari para pemain sepak bola.

Pengertian VAR

Seperti yang disebutkan sebelumnya, VAR adalah teknologi yang berguna untuk mendukung kinerja wasit dalam membuat keputusan di sebuah pertandingan sepak bola. Teknologi ini digunakan ketika terjadi suatu insiden dalam pertandingan, wasit nantinya akan melihat siaran ulang dalam VAR dengan memperlambat kecepatan rekaman video.

Dengan menggunakan teknologi VAR, wasit dapat melihat suatu kejadian dari berbagai sudut lapangan sehingga wasit dapat melihat secara lebih jelas apa yang terjadi selama pertandingan dan mengambil keputusan setelahnya. Teknologi ini pertama kali digunakan di piala dunia 2018 yang diadakan di Rusia.

Baca Juga :

Teknologi VAR dapat membantu wasit dalam situasi seperti berikut : Proses terjadinya sebuah gol, seperti kemungkinan offside, pelanggaran, dan atau handball. Kemungkinan penalti seperti titik. terjadinya pelanggaran, dugaan adanya pelanggaran, atau penyerang lawan yang mencari keuntungan dengan menjatuhkan diri (diving).

Pelanggaran dengan potensi hukuman kartu merah, seperti perkelahian antar pemain atau gestur tubuh dengan maksud melecehkan. Kesalahan identifikasi dari wasit, untuk memastikan hukuman kartu kuning ataupun merah diterima pemain yang tepat.

Lukas Brud, selaku sekretaris International Football Association Board (IFAB) mengatakan bahwa penggunaan VAR dinilai dapat melindungi wasit dari kesalahan keputusan. Gagasan untuk melindungi wasit dan keputusan itulah yang menjadi faktor pendorong utama bagi IFAB untuk peningkatan penerapan VAR.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved