6 Perlengkapan Yang Wajib Dipakai Oleh Kiper Futsal

Sama seperti sepak bola, kiper futsal juga adalah pertahanan terakhir bagi tim untuk mencegah lawan mencetak poin. Untuk terhindar dari cedera pada saat menahan segala serangan yang dilancarkan lawan, dibutuhkan beberapa perlengkapan yang digunakan oleh seorang kiper guna meminimalisir cedera. Berikut merupakan perlengkapan yang wajib digunakan oleh kiper futsal.

Finger Tape

Finger Tape Futsal

Bisa dibilang finger tape adalah peralatan paling penting bagi seorang kiper futsal. Hal itu karena finger tape berfungsi untuk menjaga jari kiper agar tidak cedera saat sedang menepis atau menangkap bola yang dilancarkan oleh lawan.

Elbow Pad

Elbow Pad Futsal

Elbow pad adalah peralatan yang akan menjaga siku tangan kiper dari cedera. Perlindungan ini berfungsi saat kiper futsal harus struggling menahan bola yang mengharuskannya untuk melompat. Elbow pad juga dapat berfungsi untuk menjaga siku tangan dari benturan fisik saat pertandingan futsal.

Knee Pad

Knee Pad Futsal

Knee pad adalah peralatan yang berfungsi untuk menjaga lutut kiper dari cedera. Karena pada saat lawan menendang bola secara datar maka kiper harus menurunkan badan secara tiba-tiba untuk menahan bola tersebut. Knee wajib digunakan oleh kiper karena dibanding pemain lainnya, lutut kiper paling rentan untuk cedera saat menjaga gawang karena adanya gerakan tiba tiba.

Shin Guard

Shin Guard Futsal

Tak hanya kiper saja, pemain lainnya juga diwajibkan untuk memakai peralatan yang satu ini. Pasalnya shin guard berfungsi untuk melindungi tulang kering dari hantaman tak terduga. Biasanya jenis shin guard yang digunakan adalah yang tidak terlalu banyak bantalannya agar tidak mengganggu kenyamanan pemain.

Baca Juga :

Kaos Kaki

Kaos Kaki Futsal

Kaos kaki adalah peralatan yang dipakai oleh semua pemain yang berguna untuk melindungi kaki dari lecet. Biasanya kaos kaki yang digunakan juga panjang sampai bawah lutut sehingga dapat menutupi shin guard.

Sepatu

Sepatu Futsal

Dalam memilih sepatu futsal, kamu harus mengutamakan kenyamanan saat dipakai dan tidak licin jika bergesekan dengan lapangan futsal. Berbeda dengan sepatu bola yang memiliki bantalan tajam yang berguna menancapkan kaki ke tanah, untuk bantalan sepatu futsal biasanya berbentuk rata tetapi tetap dapat menempel baik di permukaan rumput sintetis atau lapangan semen.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved