Latihan Dan Tips Untuk Meningkatkan Akurasi Lemparan Bebas Dalam Olahraga Basket

Lemparan bebas atau free throw merupakan tembakan yang di yang diberikan kepada seorang pemain karena adanya pelanggaran yang dilakukan. Dalam permainan bola basket, free throw dikenal sebagai salah satu tembakan yang paling berbahaya dan sering kali dapat memicu kecemasan bagi tim yang melanggar. Free throw ini sama seperti situasi penalti dalam pertandingan sepakbola.

Ada sejumlah cara meningkatkan kemampuan tembakan bebas pada bola basket yang bisa mulai dipelajari maupun dilatih oleh para pemain basket. Tentunya teknik dasar permainan bola basket perlu untuk dikuasai terlebih dulu sebelum benar-benar meningkatkan kemampuan lemparan bebas. Berikut merupakan beberapa latihan dan tips untuk meningkatkan lemparan bebas.

Melakukan Minimal 50 Tembakan Pada Saat Latihan

Tembakan Pada Olahraga Basket

Pada setiap kali latihan, ada baiknya untuk melatih tembakan bebas kamu agar kemampuan tersebut menjadi semakin baik. Caranya adalah dengan menghadap pada ring basket lalu dilanjutkan dengan menembakkan 50 tembakan dengan jarak posisi antara tempat kamu berdiri dan ring basket sekitar 4-10 kaki.

Menjaga Gerakan Tembakan Konsisten Dan Seimbang

Lakukanlah gerakan tembakan bola secara mulus dan lakukan juga secara konsisten walau memang cukup menimbulkan tekanan. Gerakan konsisten setiap kali menembak dapat dilakukan terutama pada bagian lengan dan kaki, khususnya saat melompat tinggi dan set point. Kunci dari tembakan yang hebat dan tepat adalah berlatih secara konsisten. 

Melompat Kecil Saat Menembak 

Lompat Kecil Pada Basket

Penting untuk diketahui oleh setiap pemain bahwa pendaratan kaki sebaiknya tidaklah pada titik yang sama seperti pada titik awal saat hendak menembak. Ketika berada pada titik yang sama saat mendarat, leher akan mengalami ketegangan, begitu juga pada bahu.

Baca Juga :

Sedikit saja lakukan lompatan ke depan dan bola yang ditembakkan pasti bisa meluncur dalam lintasan yang bentuknya seperti parabola. Namun tubuh jangan sekali-kali dicondongkan ketika sedang melompat. Gerakan melompat akan kelihatan begitu alami ketika tubuhmu sedang dalam kondisi yang seimbang dan tembakan pun akan ikut menjadi seimbang di mana tubuh juga lebih rileks.

Mendorong Bola Menggunakan Tangan Ke Atas

Ketika melompat maka paha akan naik, dalam kondisi melompat bola dapat digerakkan dalam gerakan halus menuju posisi setinggi mata dan paha pun perlu diangkat secara seimbang dan selaras dengan siku. Pastikan untuk tak mengangkat bola hingga pada bagian belakang kepala atau miring.

Saat Melepaskan Bola Lemaskan Pergelangan Tangan

Ketika melakukan lemparan bebas, kecenderungan yang banyak dilakukan pemain basket adalah membiarkan bagian pergelangan tangannya tegang pada saat melakukan follow through. Ini dianggap sebagai suatu kesalahan dan seharusnya justru kondisi pergelangan dirilekskan dan dilemaskan. Hal ini juga akan menjadi jauh lebih nyaman dengan tembakan yang juga pas.

Gerakan follow through merupakan gerakan yang dilakukan setelah menembakkan bola ke dalam keranjang. Gerakan lanjutan atau follow through setelah melakukan shooting dalam permainan bola basket diperlukan untuk menjaga kesimbangan badan.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved