Teknik Dribble Yang Harus Dikuasai Dalam Olahraga Basket

Dalam olahraga basket, dribble merupakan salah satu teknik paling dasar dalam basket. Dribble atau dribbling merupakan teknik dalam olahraga basket yang menggiring bola dengan cara memantulkan bola ke lantai menggunakan satu tangan. Tujuan dari teknik dribble ini diantaranya agar pemain dapat menembus pertahanan lawan dan melakukan serangan untuk mencetak poin, untuk keluar dari tekanan lawan, untuk membuka permainan dan mencari posisi yang pas agar dapat melakukan passing ke teman satu tim, dan untuk mengulur waktu saat berada di posisi unggul.

Untuk dapat melakukan dribble yang baik dan benar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Berikut merupakan teknik dasar dribble dalam olahraga basket.

Tegakkan Kepala Dan Fokuskan Pandangan Kedepan

Dribble Pandangan Fokus Kedepan

Pada saat melakukan dribble, pandangan diusahakan jangan fokus pada bola. Karena jika pandangan kamu fokus pada bola maka kamu tidak dapat melihat pergerakan lawan maupun teman satu tim kamu. Maka dari itu saat melakukan dribble, pandangan diwajibkan untuk fokus ke depan. Dengan begitu, kamu juga dapat melakukan passing jika dirasa sudah tidak memungkinkan untuk melanjutkan dribble tersebut.

Membuka Jari-Jari Tangan dengan Lebar

Membuka Jari Dengan Lebar

Seperti yang kita ketahui, ukuran bola basket terbilang cukup besar dibanding ukuran tangan kita. Dengan begitu, kita perlu membuka jari-jari tangan kita dengan lebar agar dapat lebih banyak menjangkau bagian bola. Buat jari-jari kamu rileks sehingga dapat lebih “menempel” di permukaan bola dan tidak kesulitan mengontrol bola.

Gunakan Ujung Jari Sebagai Pengontrol Arah Bola

Saat melakukan dribble, hindari menggunakan telapak tangan untuk mengontrol bola. Disarankan untuk gunakan ujung jari. Jangan gunakan telapak tangan untuk mengatur arah bola karena gerakan tersebut tidak efisien untuk mengontrol bola.

Posisikan Tubuh Sedikit Menurun

Posisi Tubuh Pada Saat Dribble

Pada saat dribble bola, posisi tubuh yang benar adalah sedikit menekuk lutut dan tubuh condong ke depan. Dengan begitu, kita akan lebih siap untuk menerima serangan lawan.

Baca Juga :

Gunakan Lengan Dan Tubuh Untuk Melindungi Bola Dari Pemain Bertahan

Saat melakukan dribble dalam olahraga bola basket, kamu harus memastikan bahwa bola tidak dapat dengan mudah diambil lawan. Untuk melakukannya, ada dua hal yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Mengangkat lengan lain yang sedang tidak digunakan untuk dribbling sebagai perlindungan agar lawan tidak mudah meraih bola.
  2. Memposisikan bola di sisi yang berseberangan dengan lawan, dengan sedikit membungkukkan tubuh atau berbalik, sehingga bola bisa terlindungi dengan punggung.

Memantulkan Bola ke Lapangan

Memantulkan bola ke lapangan merupakan gerakan utama dari dribble. Gunakan kekuatan dan kontrol yang kita punya agar bola tersebut tidak mudah direbut oleh lawan. Sebab jika kekuatan yang dikeluarkan kurang, pemain akan dengan mudah kehilangan kontrol bola dan lawan akan semakin mudah merebutnya. agar bola tersebut tidak mudah direbut oleh lawan.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved