Teknik Dasar Pivot Dalam Olahraga Basket Yang Wajib Dikuasai

Dalam olahraga basket, ada teknik dasar yang bernama pivot. Pivot merupakan gerakan memutar badan dengan salah satu kaki berpusat dilantai sebagai tumpuan. Kaki yang dilantai inilah yang disebut kaki pivot. Saat kita melakukan pivot, maka kita akan bertumpu di bola kaki bagian depan. Posisi telapak kaki bukan datar atau bertumpu di tumit. Bola kaki yang digunakan untuk pivot (bisa kaki kanan maupun kiri) harus tetap bersentuhan dengan lantai. Jadi kaki pivot tidak boleh terangkat juga ataupun meluncur. Dengan tumpuan kaki pivot, kita bisa melakukan gerakan memutar tubuh.

Tujuan gerakan pivot yaitu, sebagai langkah awal sebelum menembak, untuk menghindar dari lawan atau mempertahankan bola yang sedang dipegang pemain, untuk mengelabui lawan, dan mencari celah pertahanan tim lawan. Selain untuk mengelabui lawan, gerakan pivot juga berguna untuk tidak melakukan pelanggaran di pertandingan basket. Karena dalam pertandingan basket ada peraturan dimana jika bola hanya dipegang dalam waktu yang cukup lama maka akan mendapatkan pelanggaran.

Teknik Dasar Gerakan Pivot

Memahami Peraturan Pivot

Pivot Dalam Olahraga Basket

Sebelum melakukan pivot ada baiknya untuk memahami aturan pivot dalam olahraga basket terlebih dahulu. Setiap gerakan akan ada peraturannya yang harus dipahami oleh setiap pemain. Berikut peraturan pivot dalam basket :

  1. Pemain basket dilarang mengangkat kaki pivot dari lantai sampai mereka melempar bola ke dalam keranjang, mengoper bola, atau mulai dribel bola. 
  2. Pemain basket dilarang untuk memegang bola lebih dari 5 detik. 
  3. Pemain basket dilarang untuk mengganti kaki pivot, begitu sudah diputuskan. 
  4. Kalau pemain sudah melakukan dribel sebelum gerakan pivot, maka ia tidak bisa dribel sampai ia memulai pivot.

Menggunakan Kaki Kiri Sebagai Kaki Pivot

Kaki Kiri Pivot

Jika kamu menggunakan tangan kanan untuk memegang bola maka disarankan untuk memakai kaki kiri sebagai kaki pivot. Untuk latihan, lakukan gerakan pivot dengan kaki kiri ke arah depan sebanyak 15 kali berturut-turut. Kalau dilakukan dengan rutin, pasti akhirnya dikuasai juga. Jika teknik tersebut sudah dikuasai, kamu bisa mengganti menjadi kaki kanan sebagai kaki pivot dan tangan kiri sebagai untuk memegang bola.

Baca Juga :

Bertumpu dengan Satu Kaki

Setelah menguasai teknik sebelumnya. kamu dapat mulai gerakan pivot dengan mengangkat dan maju ke depan sebanyak 15 kali. Setelah melakukan pivot ke depan sebanyak 15 kali, mulai lakukan ke arah yang sebaliknya atau dikenal dengan nama reverse pivot. Lakukan sebanyak 15 kali juga dengan menggunakan tumpuan kaki kiri.

Berlatih Bergerak ke Kanan dan Kiri

Sambil melakukan gerakan pivot, latihlah gerakanmu ke berbagai arah, tidak hanya ke depan dan belakang saja. Sekarang saatnya belajar pivot ke sisi kanan dan kiri. Kalau sudah terampil, nantinya akan jadi lebih mudah untuk menghindar dari tim lawan di lapangan.

Berlatih Bergerak Memutar

Gerakan berputar adalah salah satu yang sering digunakan di pertandingan basket. Ketika melakukan pivot kemudian berputarlah dan usahakan untuk menjaga posisi dribbel bola. Putaran tetap dilakukan dengan bertumpu di bola kaki pivot.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved