Mengenal 5 Teknik Passing Dalam Olahraga Basket Yang Wajib Dikuasai

Dalam olahraga bola basket, melempar atau mengumpan bola basket kepada teman satu tim disebut dengan istilah passing. Passing merupakan teknik dasar dalam permainan bola basket yang harus dikuasai, dengan melakukan passing, pemain dapat melakukan gerakan mendekati ring lawan, kemudian melakukan gerakan menembak (shooting) untuk mendapatkan Point. Passing merupakan skill yang efektif untuk mengubah alur serangan, dengan dibantu kecepatan, target, timing, trik, dan komunikasi saat melakukannya. Melalui passing dan kerja sama tim yang baik peluang untuk mencetak poin menjadi semakin besar. Berikut merupakan teknik-teknik passing dalam basket yang wajib kamu kuasai.

Chest Pass

Chest Pass

Chest pass merupakan teknik passing yang biasa disebut operan dada. Teknik passing ini terbilang paling sederhana dan tingkat akurasi atau ketepatannya mencapai sasaran sangat tinggi dibandingkan gerakan passing lain. Teknik passing ini dilakukan dengan memposisikan bola di depan dada, kemudian melemparkannya ke depan dengan kedua tangan dengan kencang sehingga bola meluncur dengan cepat.

Bounce Pass

Bounce Pass

Passing ini biasa disebut sebagai operan pantul. Teknik ini biasanya digunakan untuk menghindari lawan yang menghalangi dua anggota tim sehingga sulit melancarkan chest pass. Bounce Pass basket merupakan teknik passing yang memberikan bola kepada kawan kita dengan cara memantulkan bola ke tanah. Teknik bounce ini bisa dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai dengan titik pantul 2/3 jarak kita ke teman kita atau target kita.

Overhead Pass

Overhead Pass

Overhead pass merupakan teknik passing atau mengoper bola yang menggunakan dua tangan dan dilakukan dari atas kepala. Teknik ini biasanya dilakukan untuk memberikan bola kepada rekan satu tim yang memiliki posisi sedikit lebih jauh. Hal ini berguna agar operan yang diberikan dapat mencapai sasaran yang dituju. Teknik overhead pass umumnya dilakukan ketika pengoper dan rekan satu tim memiliki postur lebih tinggi dari lawan yang sedang menghadang, menyerang, maupun menjaga.

Baseball Pass

Baseball Pass

Baseball pass merupakan teknik passing atau mengoper kepada rekan satu tim yang letaknya cukup jauh dari tempat berdiri. Baseball Pass dilakukan dengan cara posisikan salah satu kaki Anda ke depan. Lalu, gunakan satu tangan untuk memegang bola, dan untuk tangan yang tidak dipakai mengoper bola, dalam posisi yang menyeimbangkan tubuh.

Baca Juga :

Behind The Back Pass

Behind The Back Pass

Teknik yang satu ini merupakan teknik yang terbilang cukup sulit, teknik ini butuh jam terbang yang cukup karena tidak semua pemain bisa melakukannya dengan benar. Saat seorang pemain bola basket melakukan teknik dasar passing ini, maka saat itu bola dipegang menggunakan satu tangan yang berada di belakang punggung.

Lalu, setelah itu bola dilemparkan kepada kawan dengan sangat cepat mengguunakan satu tangan tersebut. Untuk pemain atau kawan yang akan menerima bola ini, hal yang harus diperhatikan adalah kawan tersebut dekat dengan Pins atau kawan itu sudah ahli dalam menerima bola tersebut.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved