5 Latihan Terbaik Untuk Meningkatkan Kelincahan Dalam Basket

Kelincahan merupakan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan gerakan dari posisi satu ke posisi yang lainnya. Kelincahan merupakan salah satu unsur penting dalam olahraga basket. Dengan memiliki tubuh yang lincah, kamu bisa lebih aktif bergerak dengan cepat, cekatan, dan akurat. 

Kelincahan juga adalah salah satu skill yang sangat penting jika kamu memiliki pekerjaan yang mununtut kelincahan dan tubuh gesit, seperti olahraga, penari, pemain bola, dan berbagai kegiatan lainnya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar memiliki tingkat kelincahan yang tinggi. 

Shuttle Run

Shuttle Run

Shuttle run merupakan latihan lari bolak balik secara cepat dalam rentang jarak yang dekat. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara membuat batas awal dan batas akhir untuk menentukan jarak lari. Lalu persiapkan diri untuk berlari sprint secara bolak balik setiap mencapai batas. 

Pastikan pandangan tetap mengarah ke depan saat berlari. Latihan ini biasa digunakan oleh para atlet nasional ataupun internasional untuk memperkuat otot sekaligus meningkatkan kelincahan kaki. Sebab, latihan ini akan memberikan beban pada otot-otot kaki, khususnya pada bagian pergelangan.

Lari Zig Zag

Lari Zig Zag

Latihan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melatih kelincahan adalah dengan lari zig-zag. Melakukan lari secara zig-zag bertujuan untuk memberikan kemampuan lebih pada otot kaki. Ketika berlari, pastikan pandanganmu tetap ke depan. Lakukan lari zigzag dengan cepat sampai batas akhir, kemudian balik badanmu juga secara cepat. Jadi, selain kelincahan, latihan ini juga dapat melatih kekuatan otot kaki.

Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak.

Gambaran Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak

Untuk melakukan latihan yang satu ini membutuhkan alat. Alat bantu yang dibutuhkan yaitu balon berisi udara yang digunakan untuk beban pada tubuh. Agar dapat melakukan latihan ini, pertama, posisikan tubuh secara tegak dan lurus. Lalu, pasanglah balon udara tersebut dengan diikat ke perut dengan kuat.

Baca Juga :

Sambil tetap adanya balon udara yang terikat di tubuh, mulailah berlari. latihan ini tidak sekadar meningkatkan kemampuan agility dengan baik dan meningkatkan kemampuan pernafasan dengan efektif, tetapi juga mampu meningkatkan sistem otot tubuh secara keseluruhan.

Latihan Dengan Jongkok Berdiri (Squat Thrust)

Jongkok Berdiri (Squat Thrust)

Latihan kelincahan selanjutnya adalah squat thrust atau latihan otot dengan cara jongkok-berdiri secara berulang-ulang. Latihan ini dilakukan dengan posisi jongkok, dan selanjutnya berdiri. Lakukan latihan tersebut secara berulang-ulang untuk melatih otot tubuh dan beberapa bagian tubuh yang lain agar menjadi lebih lincah. Hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan postur tubuh secara bertahap.

Latihan Dengan Menggunakan Agility Balls.

Agility Balls

Gerakan ini akan melatih ketangkasan dalam melakukan lempar tangkap bola yang berukuran kecil. Dalam melakukannya dapat mulai dengan bola yang dipantulkan ke tembok lalu dengan sigap langsung menangkapnya. Tujuan dari latihan ini yaitu melatih refleks tubuh ketika menghadapi atau menangkap pantulan bola

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved