5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sepatu Basket Yang Tepat

Sepatu merupakan suatu hal wajib di dalam olahraga bola basket agar pemain dapat berlari dan bergerak tanpa mengkhawatirkan tergelincir atau terluka karena permukaan lantai. Sekarang ini banyak pilihan sepatu untuk basket yang dapat kamu pilih mulai dari merk, warna, model, jenis, sampai keunggulannya dibandingkan dengan produk yang lain. Nah, bagaimana sepatu yang kamu pilih tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga selera. Kebutuhan ini berkaitan dengan kegunaan sepatu yang dibeli untuk kedepannya. Sedangkan untuk selera lebih kepada suka atau tidak sukanya pembeli.

Kalau kamu merupakan penggemar basket sejati, pasti tau cara dan tips memilih sepatu basket tepat itu seperti apa. Berikut hal yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu basket yang tepat.

Pastikan Ukuran Sepatu

Ukuran Sapatu Basket

Ukuran merupakan salah satu hal yang penting bagi kenyamanan kakimu saat memakai sepatu. Sebaik apapun kualitas sepatu, kamu tidak boleh memaksakan untuk membelinya jika tidak terdapat ukuran yang tepat sesuai dengan kakimu. Maka pastikan sepatu yang kamu beli sudah sesuai dengan ukuran dan juga bentuk kakimu.

Perhatikan Ketinggian Upper

Sepatu Basket

Dalam sepatu basket terdiri dari 3 tipe upper yaitu High Top, Mid-Top, dan Low Top. Tipe upper ini ditentukan oleh gaya permainan dan pilihan.

  1. High Top : Upper dengan katergori high biasanya memiliki ciri khas yaitu melindungi bagian engkel, dan juga paling mempunyai stabilitias yang bagus. Akan tetapi, karena materialnya lebih banyak dari tipe lainnya, model ini memiliki bobot yang lebih berat.
  2. Mid-Top : Ada juga upper kategori mid atau sedang yang dapat menjaga keamanan engkel dari cedera, meski tidak lebih maksimal dibanding jenis high. Tapi, salah satu keuntungan menggunakan jenis upper mid dapat menambah kelincahan saat bermain dan bobot sepatu yang lebih ringan.
  3. Low Top : Model upper ini memiliki keuntungan bobot yang paling ringan dan tidak bikin lelah dengan cepat saat bermain diantara model upper lainnya. Sepatu basket ini sangat membantu untuk permainan yang lincah dan cepat dilapangan. Tapi, sepatu ini tidak memberikan perlindungan terhadap ankle.

Pastikan Midsole Punya Bantalan Tambahan

Sepatu Basket

Dilansir laman Sportprovement, selain memahami ketinggian dari upper yang akan digunakan, memilih sepatu basket dengan bantalan tambahan di bagian midsole juga dapat memberikan kenyamanan ekstra saat bermain. Jika sudah terlanjur merogoh kocek cukup dalam namun sepatu nggak nyaman digunakan. Bantalan yang cukup populer biasanya terbuat dari bahan EVA, compressed EVA, polyurethane atau kombinasi dari ketiga bahan tersebut

Pastikan Ada Ventilasi Pada Sepatu

Sepatu Olahraga Basket

Ventilasi pada sepatu merupakan rongga udara akan sangat berguna sekali bagi pemakainya. Dengan adanya ventilasi pada sepatu akan membuat kaki tetap terasa nyaman walaupun intensitas permainan berjalan dengan tempo cepat dan tinggi. 

Baca Juga :

Untuk bermain di luar ruangan dengan udara yang panas, ventilasi pada sepatu juga sangat berperan penting sehingga kaki tidak cepat merasa panas atau gerah.

Perhatikan Bagian Outsole

Sepatu Basket

Pilihlah karet outsole yang memiliki ketebalan yang cukup tebal. Dengan karet outsole yang tebal kita bisa menggunakan sepatu di berbagai lapangan, baik itu lapangan indoor maupun outdoor. Karet outsole sangat berguna untuk traksi agar sepatu tidak licin saat digunakan. Untuk itu saat memilih sepatu basket, alangkah baiknya untuk memilih sepatu yang memiliki karet dengan kepadatan yang cukup tebal.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved