10 Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Kebugaran jasmani adalah kebutuhan yang harus terpenuhi agar dapat menjalankan segala aktivitas kehidupan sehari-hari dengan baik. Dengan memiliki kebugaran jasmani, maka tubuh bisa beraktivitas dengan lancar dan penuh stamina. Tujuan utama kebugaran jasmani adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh.

 

Jasmani atau tubuh yang terjaga kebugarannya memungkinkan kamu beraktivitas tanpa mudah merasa lelah. Semakin bugar tubuhmu, maka kesehatan tubuhmu semakin terjaga. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan badan yang sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga.

Di waktu senggang banyak orang menyempatkan diri untuk mendatangi tempat fitness. Namun bagaimana dengan orang yang memiliki aktivitas yang sibuk sehingga tidak sempat pergi ke tempat fitness. Berikut gerakan olahraga dirumah sangat sederhana, namun sangat efektif bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar :

Jogging

Olahraga Jogging

Jogging adalah satu dari macam-macam olahraga yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika rutin melakukan jogging. Salah satunya adalah jogging dapat membantu membakar lemak visceral atau lemak perut. 

Lakukanlah jogging selama 15 sampai dengan 30 menit setiap hari. Jogging juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan mental dan emosional. Jogging dapat dilakukan dimana saja, tidak perlu harus memiliki treadmill agar bisa jogging, halaman rumah juga bisa dimanfaatkan untuk jogging.

Naik Turun Tangga

Olahraga Naik Turun Tangga

Jika rumah anda memiliki tangga, anda bisa memanfaatkan tangga yang ada untuk berolahraga. Olahraga ini, sama seperti olahraga jogging. Anda cukup berjalan menaiki dan menuruni tangga seperti jalan biasa. Lakukan gerakan ini secara berulang. Olahraga ini bertujuan melatih otot-otot kaki.

Jalan Ditempat

Olahraga Jalan Ditempat

Bagi kamu yang ingin melakukan jogging, tetapi terkendala karena cuaca, kamu bisa melakukan olahraga ini. Manfaat yang di dapat dari olahrqga lari di tempat ini juga tidak kalah dengan olahraga jogging. Manfaat yang akan didapat seperti akan menyehatkan jantung dan paru-paru. 

Selain itu, akan membantu menguatkan otot-otot yang ada di kaki dan perut, serta menambah kebugaran. Manfaat yang bisa kamu dapat lainnya adalah menurunkan berat badan, karena dapat membakar lemak.

Push Up

Olahraga Push Up

Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, karena bisa melakukannya dimana saja bahkan di ruangan kecil sekalipun. Tujuan push up ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.

Sit Up

Olahraga Sit Up

Gerakan sit up bermanfaat untuk memperkuat otot-otot perut. Cara ini sangat efektif untuk mengencangkan otot-otot perut yang masih kendor.

Baca Juga :

Squat

Olahraga Squat

Squat adalah gerakan olahraga untuk mengecilkan dan melatih otot paha, pinggul, dan punggung. Kamu dapat melakukannya dengan posisi berdiri dan kaki dibuka selebar bahu.

Perlahan, turunkan pinggul ke bawah seperti posisi jongkok, tetapi tahan posisi tersebut saat mencapai sudut 90 derajat. Kemudian, naikkan kembali pinggul ke posisi semula.

Lompat Tali

Olahraga Lompat Tali

Lompat tali atau biasa disebut skipping adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Lompat tali memiliki banyak manfaat. Contohnya seperti membakar lemak yang ada di tubuh dan mampu membantu mengencangkan otot pada tubuh.

Selain itu, lompat tali juga mampu membantu meningkatkan tinggi badan pada usia pertumbuhan. Gerakan-gerakan dalam olahraga lompat tali dapat membuat tubuh menjadi lentur. Selain itu dapat membantu membentuk konsentrasi karena perlu adanya keseimbangan tubuh.

Senam

Olahraga Senam

Umumnya senam dilakukan secara bersama-sama. Namun, melakukan olahraga senam secara sendiri juga bisa dilakukan di rumah. Caranya adalah dengan mengikuti panduan senam dari sebuah video. Atau kamu bisa mengikuti kelas khusus yang akan membantu menampilkan video gerakan senam.

Plank

Olahraga Plank

Dengan melakukan olahraga plank dapat memperkuat otot punggung dan perut serta membantu membangun kekuatan inti. Plank secara efektif dapat meningkatkan stabilitas, mengurangi cedera, dan mempertahankan mobilitas. Plank juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh.

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu mengambil posisi berbaring seperti ingin melakukan push up. Tekuklah siku kamu hingga membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, tahanlah badan kamu dengan menggunakan kedua telapak tangan sampai pada bagian siku yang membentuk sudut tadi.

Gerakan Wall Sit

Olahraga Wall Sit

Selain untuk membatasi suatu bangunan, dinding rumah juga dapat dijakikan alat bantu olahraga untuk melatih otot perut dan tubuh bagian bawah. Kamu hanya perlu berdiri tegak membelakangi dinding dengan punggung menempel pada dinding. Kemudian, pastikan posisi tubuhnya menyerupai duduk di kursi. Setelah 3 detik, kamu dapat kembali berdiri dan mengulangi gerakan tersebut sebanyak 15 sampai 20 kali.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved