Latihan Passing Dalam Bola Basket

Kemampuan tim basket untuk mengoper bola secara akurat dengan menggunakan teknik yang benar akan berdampak besar pada aliran dan efektivitas permainan.

Luangkan waktu di setiap latihan mengerjakan latihan passing bola basket. Setiap pemain harus sudah mengerti teknik passing utama, praktek akan membantu memahami kapan dan di mana harus menggunakan masing-masing teknik tersebut.

Chest Pass

Salah satu jenis operan paling umum dalam adalah operan dada dua tangan - biasanya 70% hingga 80% operan akan dilempar dengan cara ini. Ini adalah operan yang paling pasti, dan mengarahkan bola dengan baik, melewati hadangan, atau dengan membalikkan bola. Hal penting yang harus diingat ketika melempar operan dada dua tangan adalah langkah ke operan dan memenuhi operan.

operan dada
Sumber : online-basketball-drills.com


Keuntungan menempatkan kedua tangan pada bola daripada hanya mendorongnya dengan satu tangan adalah kemungkinan untuk melakukan trick. Pemain pengoper dapat memulai operan, dan jika terjadi overplay, dan membawa bola kembali tanpa melepaskannya. Karena memiliki kontrol penuh dengan kedua tangan, ini membuat lebih mudah untuk melakukan trik pura pura operan dada dan menipu pemain yang menempel, lalu mengoper ke pemain setim yang sudah berlari ke arah ring (the backdoor cut).


Over the Head Pass

Teknik passing lain yang berguna adalah over the head pass, atau lob pass, yang juga berguna sebagai  cara supaya  masuk ke arah darah ring lawan.

Jika pemain bertahan lawan bermain di sisi yang tinggi, dan pengumpan memiliki bola di sayap, kita bisa mengarahkan dan mengarahkan pemain satu tim yang menyerang ke keranjang. 

operan dalam basket
Sumber : www.online-basketball-drills.com

Coba melempar ke bagian dalam papan pada permainan set, yang memungkinkan satu pemain yang tinggi untuk menangkap bola tinggi-tinggi, menjaganya tetap di atas kepalanya, dan menyelesaikan dengan kuat tanpa harus kehilangan bola.

Umpan Pantul

Umpan pantul adalah satu teknik umum untuk mendekat ke arah ring basket lawan, terutama jika pemain satu tim sudah ditempel oleh pemain lawan di belakang.  Umpan ini memungkinkan pemain Anda untuk menahan beknya saat menerima operan rendah, dengan risiko yang jauh lebih kecil dari bola yang mengarah atau dicegat.

jenis operan pantul - pass bounce bola basket
Sumber : www.online-basketball-drills.com

Di perimeter, operan bouncing juga dapat digunakan jika pemain sayap Anda di luar terlalu banyak dimainkan di sayap. Dia bisa keluar untuk menguasai bola, dan jika ditolak, melakukan pukulan cepat di pintu belakang, menerima umpan pantul dengan tenang dan mencetak layup.
Lewati Pass


Skip pass / Pass lewatan

Skip pass ini agak sulit dijelaskan. Secara umum skip pass membutuhkan kondisi tertentu dan pergerakan 2-3 pemain, untuk menipu lawan. Jadi  ketika seorang pemain mengoper bola basket ke arah timnya untuk mendapatkan bola, sehingga akan pada posisi terbuka.  Jika Anda memiliki masalah dengan tim Anda yang tidak tahu apa itu pass pass, bagikan video ini dan mereka akan tahu untuk latihan Anda berikutnya.

Selanjutnya, di bawah artikel ini kami akan berusaha menambah tautan yang membahas serangkaian latihan passing dasar bola basket yang menyenangkan dan efektif yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keterampilan passing tim Anda.

Latihan ini akan fokus pada passing fundamental, keterampilan dan strategi di  lapangan.


Overplay :
Fokus pada satu sisi lawan yang dijaga, biasanya sisi terkuat pemain, untuk memaksa gerakan ke atau tembakan dari sisi lain

Tautan daftar latihan passing

Prinsip Dasar Operan dan Menangkap Bola Basket Untuk Pemula dan Usia Muda

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved