Prinsip Dasar Operan dan Menangkap Bola Basket Untuk Pemula dan Usia Muda

Kunci mengoper dan menangkap bola basket adalah: Waktu, Akurasi, dan Kecepatan

Prinsip Dasar Mengoper Bola

Ketika mengoper bola basket, kita ingin memastikan kaki kita berada di lantai – kita tidak ingin melompat untuk mengoper. Saat atlet menjadi lebih kuat, mereka suka melakukan lompatan, yang meningkatkan peluang Anda untuk melakukan turnover. Karena Anda tidak bisa berjalan setelah Anda melompat – itu akan disebut travel.

  • Jangan melompat saat mengoper, jaga kaki Anda tetap di lantai
  • Buat umpan tegas. Jangan mengoper terlalu keras atau terlalu pelan (operan yang melengkung seperti pelangi). Misalnya, operan melengkung akan memberi lawan waktu untuk bereaksi.
  • Lemparkan umpan yang bagus dan kuat, ke arah tengan rekan (shooting pocket) , dan ingatlah untuk menjaga kaki Anda tetap kokoh.
  • Saat menangkap bola posisikan diri dan mengingat untuk bergerak dengan satu kaki sebagai poros (pivot), atau trik lain yang disebeut triple threat, sehingga segera siap untuk menembak bola itu ke posisi berikutnya.

triple threat dalam bola basket
Gerakan triple threat sebelum melepaskan bola

Prinsip Dasar Menangkap Bola Basket

  1. Saat menangkap bola basket, kami benar-benar ingin menekankan bola di udara, dan kaki di udara.  Hal ini agar dapat menggunakan kaki pivot permanen kami dan melakukan gerakan crossover secepat mungkin.
  2. Tangkap dengan ujung jari, sehingga Anda dapat mendengar suara “klik” dari tangkapan yang bagus.
  3. Ada 3 cara menangkap bola basket – dengan mata, kaki, dan tangan.

Cek artikel latihan shooting lainnya di  Latihan Passing Dalam Bola Basket

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved