Hasil Laga Ketiga Penentuan Play-Off Yang Maju Ke Semifinal Liga Bola Basket IBL 2022

Babak Play off IBL (Indonesia Basketball League) 2022  akhirnya selesai dilangsung tanggal 16 Agustus  2022. Pertandingan play-off IBL 2022  digelar di Gor C-Tra Arena, Bandung,  ini akhirnya meloloskan tim mendamping SM Pertamina yang telah lebih dulu memastikan diri,  untuk maju ke babak Semi Final IBL 2022.

Pertandingan ketiga play-off dilangsungkan dilakukan oleh 6 tim. Berikut rekap hasil pertandingannya. 


Hasil Pertandingan Playoff IBL 2022 Laga Ketiga

 Pelita Jaya vs Rans PIK

Kuarter pertama, dibuka dengan dua lemparan bebas Januar Kuntara untuk RANS. Empat angka Arighi membuat Pelita unggul sebelum Oki melesakkan tiga angka pertamanya. Free throw Lowhorn dan tiga angka serta lemparan bebas Arighi dari Prastawa membuat Pelita berbalik memimpin, 12-5. Lay up Scott dibalas satu free throw Lowhorn dan lay up Vincent Kosasih, dua kali tiga angka dari Althof dan sekali dari Scott membuat RANS memimpin sebelum Govinda Saputra menyamakan kedudukan 16-16. Althof, Scott dan Eko Agung Prabowo kemudian memborong angka RANS dan menutup kuarter awal dengan keunggulan tujuh angka, 23-16.


Muhammad Hardian Wicaksono membuka tiga angka bagi Pelita pada awal kuarter kedua. Hal Shane Heyward membalas dengan dunk. Tembakan tiga angka Christian “Coke” Gunawan membuat RANS menjauh 28-20. Tembakan tiga angka dai Hendrick Xavi Yonga dan Arighi membuat Pelita mendekat. Lay up Heyward direspon dua free throw Lowhorn. Govinda menyamakan kedudukan, namun three points play Valentino Wuwungan kembali membuat RANS unggul. Jump shot Lowhorn dibalas Althof. Tembakan tiga angka Nuke Tri Saputra menjadikan RANS memimpin, Prastawa memperpendek selisih dengan tembakan tiga angka. Nuke masih menambah satu angka lewat free throw, namun tembakan tiga angka dan lay up Yesaya membuat Pelita balik unggul 41-39.Lowhorn menjauhkan marjin, Coke kemudian menutup angka babak pertama dengan dua lemparan bebas. Pelita memimpin pada babak pertama, 45-41.


Lay up Januar memulai angka kuarter ketiga, Lowhorn membalas. Tiga angka Oki dan lay up Alfredo Tanujaya Julianto membuat RANS memimpin. Prastawa dan Bima Riski Ardiansyah berbalas dua poin. Three points Prastawa dibalas sama oleh Oki. Heyward dan Oki kemudian menjauhkan selisih, 57-52. Tiga angka Yesaya dan lay up Yonga memperkecil ketinggalan Pelita . Yesaya bahkan membuat Pelita berbalik memimpin, sebelum tiga angka Oki melesak. Satu free throw Scott dan lay up Oki serta jump shot Althof dan Oki memperlebar jarak keunggulan RANS. Dua free throw Prastawa mempersempit selisih, namun tembakan tiga angka Oki di akhir kuarter membuat RANS memimpin sepuluh angka, 70-60.

Kuarter terakhir dibuka dengan four points play  Arighi.  Heyward dan Januar menjaga jarak. Arighi dan Prastawa kembali mendekatkan. Lay up Janura juga dibalas Lowhorn. Dunk dan lay up Yonga membuat selisih tinggal satu angka, Althof mencetak dua angka. Tembakan tiga angka dari Prastawa seperti menjadi momentum bagi Pelita. Mereka menyamakan kedudukan 78-78, namu dua free throw Valentino dan lay up Scott menjaga keunggulan RANS, 82-78. Dua free throw Prastawa dibalas dua lemparan bebas Valentino. Dua free throw Prastawa juga direspon lay up Scott.


Three points Yesaya dan dua free throw Lowhorn membuat Pelita kembali memimpin 87-86. Serangan-serangan RANS gagal berbuah angka, Pelita mendulan poin lewat rangkaian free throw Prastawa akhirnya menang 93-86 dan meraih tiket ke semifinal.



Prawira Bandung vs Dewa United

Kuarter pertama diawali dengan Dewa United yang langsung unggul 8-0 lewat enam poin dari Xaverius dan dua angka dari Talley. Abraham Damar membuka poin Prawira dengan tembakan tiga angka. Setelah Kevin Moses Poetiray mencetak dua poin bagi Dewa, Abraham kembali mencetak tiga angka. Lay up dan dua free throw dari Talley menjauhkan keunggulan Dewa, Abraham kembali mencatat tiga poin. Satu free throw Ferdian dibalas dua free throw Yudha. Satu tembakan tiga angka dan satu tembakan dua angka Ferdian menutup  kuarter pertama bagi keunggulan Dewa, 20-11.


Kuarter kedua, memberikan harapan bagi Prawira mendekat lewat Reza, 17-20. Jamarr Johnson dua kali mencetak tiga angka bagi Dewa. Kevin  memperlebar selisih  dan dua kali free throw Jamarr membuat Dewa memimpin 13 angka, 30-17. Dua free throw dan dunk Wormley menutup babak pertama. Dewa United memimpin tujuh angka, 30-23.


Diftha Pratama membuka angka kuarter ketiga. Kaleb Ramot Gemilang membalas dengan tembakan tiga poin. Xaverius dan Yudha berbalas lemparan bebas, dilanjutkan dengan berbalas dua angka dari Talley dan Yudha. Free throw Xaverius juga dibalas lay up Yudha. Satu free throw Kaleb dibalas tembakan tiga angka Yudha, Ferdian membalas juga dengan tiga angka. Wendha Wijaya menambah angka Dewa lewat free throw. Tembaka tiga angka Reza dan dua poin Miles direpon dua poin  dari Ferdian. Dewa menutup kuarter ketiga dengan keunggulan delapan poin, 47-39.


Prawira langsung tancap gas pada kuarter terakhir. Lewat Reza dan Yudha mereka mendekat, 45-47. Three points Kevin Moses menjauhkan, Pandu Wiguna dan Reza merespon dengan dua angka. Xaverius kembali menambah keunggulan Dewa lewat tembakan tiga angka. Kevin Moses menambah pula dengan dua poin. Satu free throw Yudha dan three points Wormley memanaskan laga, Prawira hanya tertinggal dua angka 55-53. Dua free throw Kaleb dibalas dua angka dari Wormley. Dua free throw Wormley menyamakan kedudukan 57-57. Yudha dan Wormley membuat Prawira unggul 62-59, tetapi tembakan tiga angka Ferdian kembali menyamakan kedudukan, 62-62. Lay up Yudha dan three points play Reza membuat Prawira memimpin dan berada di atas angin, 67-62. Talley mendekatkan poin, 67-65 diwaktu tersisa 12 detik, namun dua free throw M. Firdhan Guntara memastikan kemenangan Prawira, 69-65. 

IBL Rookie of The Year 2022, Yudha Saputera memberi kontribusi besar bagi Prawira dengan mencetak 19 angka dan lima steal. MVP babak reguler, Abraham Damar Grahita mengemas 12 poin. Kenneth Wormley mencatat 13 angka dan Reza Fahdani Guntara mengemas 11 poin.

Dari kubu Dewa United, Ferdian Dwi Purwoko mencatat 14 poin. Xaverius Prawiro dan Zoran Talley Jr masing-masing mencetak 13 angka.



NSH Mountain Gold Timika vs West Bandits Combiphaar Solo

Kuarter pertama, Hengki Infandi membuka angka bagi NSH, namun West Bandits langsung melejit lewat poin dari Pringgo Regowo, Swint dan Patrick Nikolas untuk unggul 10-2. Andre Rorimpandey mencetak lima angka mengantar NSH mendekat, 12-7. Widyanta Putra Teja dan Swint kembali menjauhkan. Three points play Mike Glover dibalas driving lay up dan dua fre throw oleh Widyanta, 20-10. Glover kembali mencetak dua angka, Patrick Nikolas membalas lewat dua lemparan bebas. Satu free throw Jan Misel Panagan dijawab jump shot Widyanta. Lay up Glover dibalas oleh Swint. Glover, Jan dan Brando Kosegaran mendekatkan selisih, namun jump shot Widyanta mengakhiri kuarter pertama, West Bandits memimpin 28-21.

Kuarter kedua menjadi neraka bagi NSH. West Bandits mampu mendulang 23 poin, meninggalkan jauh NSH yang hanya meraih tujuh angka pada kuarter ini. West Bandits menutup babak pertama dengan memimpin 23 poin, 51-28.

NSH mencoba bangkit pada kuarter ketiga. Pasukan asuhan pelatih Anthony Garbelotto mencoba mengejar, namun West Bandits yang diarsiteki coach Raoul Miguel Hadinoto mampu terus menjaga marjin. Kuarter ketiga diakhiri dengan selisih 26 poin, 68-42.

Kuarter terakhir, NSH masih berusaha keras untuk mengejar. Mereka mampu menggapai 29 angka di kuarter keempat, namun West Bandits bisa mencapai 14 poin di kuarter ini dan memenangi laga dengan selisih 12 angka, 83-71.

Swint mencatat double-double dengan 23 poin dan 11 rebound. Widyanta mencetak angka terbanyak bagi West Bandits dengan 26 poin dan Pringgo Regowo mencetak 21 angka. 

Di kubu NSH, Pandey mencetak 24 angka dan Shavar Newkirk menyubang 14 poin.

Kemenangan ini membawa West Bandits melaju ke babak semifinal menghadapi Pelita Jaya Bakrie, 20-21 Agustus, dan jika diperlukan laga ketika akan digelar 23 Agustus.


 

Semi Final IBL 2022

Hasil dari pertandingan playoff ada 4 tim yang akan berlaga untuk memperebutkan 2 tempat di laga puncak yang akan dilangsungkan tanggal 20-21 Agustus 2022 .   Jika diperlukan laga ketika akan digelar 23 Agustus. Lokasi pertandingan juga masih sama, dilangsungkan Gor C-Tra Arena, Bandung.

  • West Bandits vs Pelita Jaya Bakrie 
  • Prawira Bandung vs SM Pertamina

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved