Hasil Pertandingan Play-Off IBL 2022 Laga Kedua

IBL (Indonesia Basketball League) 2022 play-off match 2 dilangsung tanggal 14 Agustus  2022.Pertandingan play-off IBL 2022  digelar di Gor C-Tra Arena, Bandung,  ini mempertemukan  8 terbaik dari reguler season IBL 2022 telah terpilih dan mendapat lawan di babak playoff ini.

Play-off dilangsungkan dengan format best of Three. Masing masing akan melawan tim yang sama 2 kali. Jika sama kuat, akan dilangsungkan pertandingan ketiga. 



Hasil Pertandingan Playoff IBL 2022 Match2

 Satria Muda Pertamina vs Amartya Hangtuah

Hangtuah memberikan perlawanan keras. Gunawan dkk memimpin dua angka pada lima menit awal dan menutup kuarter pertama dengan keunggulan empat poin, 18-14.

Satria Muda merespon pada kuarter kedua. Mereka berbalik memimpin dua angka pada lima menit awal kuarter ini dan akhirnya menutup babak pertama dengan marjin empat angka, 37-33.

Hangtuah melesat pada kuarter ketiga. Mereka sempat unggul 11 angka, 50-39 ketika kuarter ini tersisa di bawah lima menit, tetapi Satria Muda bangkit dan mampu memangkas selisih. Hangtuah akhirnya hanya unggul dua angka menutup kuarter ketiga, 56-54.

Satria Muda terus mengejar, lima menit akhir laga Juan Laurent Kokodiputra dkk sudah mampu membalikkan keunggulan tiga angka, 64-61. Defense ketat juga jadi kunci ditambah dominasi di bawah ring. Satria Muda akhirnya memenangkan gim kedua 82-75.

Elijah Johad Foster mencetak double-double dengan catatan 21 angka dan 11 rebound. Arki Dikania Wisnu mengemas 13 angka, Brachon Griffin membuat 12 poin, Laurentius Steven Oei mengoleksi 11 poin dan Juan menyumbang 10 angka.

Dari Hangtuah, Ronnie Lee Boyce III mencetak 19 poin dan Kelly Purwanto mencatat 12 angka.

Dengan hasil ini, Satria Muda Pertamina menjadi tim pertama yang memastikan tempat di babak semifinal IBL Play Offs 2022.

Pelita Jaya vs Rans PIK

Tampil lebih agresif, RANS unggul 8-3 pada lima menit awal dan kemudian menutup kuarter pertama dengan keunggulan tiga angka, 13-10.

Kuarter kedua Pelita Jaya mengejar. Menipiskan selisih hingga tinggal satu angka, Andakara Prastawa dkk memimpin usai babak pertama dengan empat angka, 34-30.

RANS kembali unggul pada lima menit awal kuarter ketiga, 39-37. Pelita kemudian mampu menutup kuarter ini dengan keunggulan satu angka, 45-44.

RANS kemudian tancap gas pada kuarter terakhir. Mereka melesat dan memimpin delapan angka pada lima menit akhir, 56-48. Keunggulan yang terus dipertahankan hingga akhir pertandingan. RANS menang 66-58.

Hal Shane Heyward mencetak 17 angka bagi RANS diikuti Nuke Tri Saputra yang mengemas 14 poin dan Akeem Scott mencatat 13 angka. Dari kubu Pelita Jaya, Prastawa dan Decardo Romero Wanya Day masing-masing mencetak 13 angka.

Dengan hasil ini pendatang baru RANS PIK Basketball memaksa pimpinan klasemen babak reguler Pelita Jaya Bakrie untuk bermain di game 3 play-off IBL 2022.


Prawira Bandung vs Dewa United

Setelah memberikan pertandingan yang ketat di laga pertama, Dewa United berharap bisa membalikkan keadaan. Namun, Dewa United kecolongan dari duo Abraham milik Prawira. Sebab Abraham Damar Grahita dan Hans Abraham menjadi pencipta momentum di sisa satu setengah menit. Keduanya membuat Prawira unggul 11 angka (22-11). Setelah Hans memasukkan dua poin lewat layup, Abraham menyusul dengan three point. Hans malah sempat mencetak three point untuk membawa timnya memimpin 13 angka. Sayangnya bisa diturunkan oleh Dio Tirta Saputra. Turnover menjadi masalah bagi Dewa United di kuarter pertama ini. Dua kali turnovers di pertengahan kuarter sangat merugikan. Apalagi turnovers yang dilakukan oleh David Seagers. Karena bola di bawah penguasaannya dicuri oleh Abraham. MVP IBL Tokopedia 2022 tersebut langsung mencetak tiga poin dengan step back jump shot. Kuarter pertama menjadi milik Prawira dengan skor 16 - 27. 


Setelah unggul di kuarter pertama, Prawira tidak mengendurkan serangan, dan langsung berisiniatif untuk mberikan tekanan pada Dewa United. Skoe sempat menjadi 18-34, pada pertengahan kuarter ini. Namun, situasi berbalik dengan banyak pelanggaran dan turnover dari Prawira. Di kuarter ini, Dewa United unggul 16-14, sehingga bisa menipiskan jarak dengan dengan skor akhir kuarter kedua 32-41.

Kuarter ketiga, Prawira Bandung  berusaha memperbaiki kekurangan pada kuarter sebelumnya. namun, Dewa United Surabaya juga konsisten, sehingga unggul 21-14 di kuarter ini. Dewa United semakin mendekati angka Prawira, skor  53-60 mengakhiri kuarter ini.

Kuarter empat, Dewa United bermain lebih buruk dari kuarter sebelumnya. Angka yang dihasilkan hanya 15. Namun, lawan mereka bermain lebih buruk lagi, dengan hanya mencetak skor 10.  2 menit akhir kuarter kedua tim sama kuat 72-72. Prawira sepertinya mulai unggul, 72-74, menjelang menit terakhir. Namun lay up Jamarr Jhonson membuyarkan harapan Prawira, sehingga skor menjadi 74-74.

Overtime, duel alot kembali terjadi. Dewa United yang lebih dulu mencuri momentum dengan unggul 80-76 dibalas Prawira yang menyamakan keduduka jadi 84-84.

Dalam masa kritis inilah, Dewa United kembali mendapat momentum dari dua turnover yang dilakukan Abraham Damar Grahita.

Kejadian itu pun mampu dimanfaatkan Dewa United untuk mencetak angka tambahan hingga akhirnya memenangi laga dengan skor 89-84.

Zorran Talley
Sumber : IG iblindonesia

Zoran Talley Jr. jadi bintang kemenangan Dewa United dengan torehan double-double berupa 20 poin dan 13 rebound.


NSH Mountain Gold Timika vs West Bandits Combiphaar Solo

Bermain di C-Tra Arena, NSH tampil apik sejak menit awal kuarter pertama dan berhasil memimpin 6-0 atas West Bandit. Akan tetapi, memasuki pertengahan kuarter pertama para pemain West Bandit berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 8-9 dari NSH. Meski mendapatkan perlawanan dari West Bandit, tetapi NSH masih berhasil menjaga keunggulan untuk memimpin 16-11 atas lawannya di akhir kuarter pertama.

Sedangkan di pertengahan kuarter kedua para pemain West Bandit mendapatkan beberapa poin, tetapi usaha mereka masih belum berhasil usai NSH masih bisa memimpin dengan 28-18. Tim asal Timika itu terus menunjukkan penampilan apik untuk bisa membuat West Bandit semakin tertekan usai menutup kuarter kedua dengan keunggulan 34-18.

Meski mendapatkan beberapa poin untuk bisa mengejar ketertinggalan, tetapi usaha West Bandit masih belum berhasil usai NSH menutup kuarter ketiga dengan skor 54-32.

NSH kembali menjauhkan keunggulan di pertengahan kuarter keempat dan membuat skor menjadi 65-42 atas West Bandit. NSH berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 70-47 atas West Bandit.

Dengan kemenangan ini, NSH berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 di best of three playoff IBL 2022. NSH dan West Bandit pun akan kembali berjuang di pertandingan penentuan untuk bisa lolos ke babak berikutnya pada Selasa 16 Agustus 2022.

 

Laga Ketiga Play-off IBL 2022

Dengan demikian, akan ada tiga pertandingan game ketiga babak playoff IBL 2022 yang bakal dihelat pada Selasa (16/8/2022) mendatang, yakni :
  1. Pelita Jaya Bakrie Jakarta vs RANS PIK Basketball
  2. NSH Mountain Gold Timika vs West Bandits Combiphar Solo
  3. Prawira Bandung vs Dewa United Surabaya.

Ketiga pertandingan tersebut bakal memperebutkan tiket semifinal IBL 2022 yang bakal dihelat pada akhir pekan depan.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved