Hasil Pertandingan Play-Off IBL 2022 Match 1

IBL (Indonesia Basketball League) 2022 kembali bergulir. Setelah beberapa bulan diundur karena agenda timnas basket Indonesia di Sea Games 2021 dan Piala Asia FIBA 2022, IBL 2022 kini memasuki fase play-off.



Pertandingan play-off IBL 2022  digelar di Gor C-Tra Arena, Bandung, pada Sabtu (13/8/2022).  Delapan terbaik dari reguler season IBL 2022 telah terpilih dan mendapat lawan di babak playoff ini. 




Juara bertahan IBL, Satria Muda, akan membuka playoff IBL 2022 dengan menghadapi tim asal Jakarta, Amartha Hangtuah. Satria Muda vs Hangtuah dimainkan pukul 12.30 WIB.

Usai laga tersebut, Pelita Jaya Basketball bakal menantang tim milik Raffi Ahmad, RANS PIK, pukul 14.15 WIB.

Memasuki sore hari, Prawira Bandung menghadapi Dewa United pada pukul 16.30 WIB. Penutup hari pertama playoff IBL 2022 adalah laga NSH Mountain Gold vs West Bandits Solo pada pukul 18.45 WIB.

Laga kedua playoff IBL akan langsung digelar pada Minggu (14/8/2022). Tim yang meraih dua kemenangan terlebih dahulu bakal lolos ke babak semifinal. Namun jika skor imbang 1-1 pada pertemuan kedua, akan dimainkan game ketiga dalam format Best of Three ini.

Hasil Pertandingan Playoff IBL 2022 Match 1

 

Satria Muda Pertamina vs Hangtuah

Pertandingan berjalan sengit, di kuarter pertama Satria Muda unggul 27-22 terlebih dahulu. Namun, Hangtuah tak mau menyerah begitu saja.

Hangtuah unggul poin 21- 24 di kuarter kedua sehingga menipiskan kedudukan akhir menjadi 48-46. Kuarter ketiga dan keempat kedua tim semakin sengit.

Masing-masing tim mengumpulkan poin yang sama di dua kuarter terakhir. Di kuarter ketiga, setiap tim menambah 17 poin dan di kuarter keempat ada tambahan 24 poin sehingga kedudukan berakhir 88-86 untuk Satria Muda.

Elijah Johad Foster menjadi pendulang poin terbanyak bagi Satria Muda dengan perolehan 31 poin di laga tersebut.

Pelita Jaya vs Rans PIK

Kuarter pertama langsung berjalan sengit. Pelita unggul empat angka pada lima menit awal, 10-6 namun RANS berhasil memaksakan kedudukan pada akhir kuarter, 16-16.

Kuarter kedua tetap berlangsung seri. Unggul satu angka menuju lima menit akhir babak pertama, Pelita akhirnya memimpin dua poin menutup babak pertama, 36-34.

Heyward dan Lowhorn berbalas angka pada awal kuarter ketiga, lay up Alfredo Tanujaya Julianto untuk RANS menyamakan kedudukan 40-40. Muhammad Hardian Wicaksono menjaga keunggulan Pelita, 43-40. Dua free throw Scott dibalas lay up Yonga. Althof Dwi Satrio memperkecil selisih, dua free throw Lowhorn menjaga jarak bagi Pelita. Oki Wira Sanjaya, Valentino Wuwungan dan Scott membuat RANS memimpin , namun tembakan tiga angka Yesaya menyamakan kedudukan. Satu free throw Scott menutup kuarter ketiga buat keunggulan RANS, 52-51.

Kuarter keempat, Yesaya mencetak 2 angka awal lewat lemparan bebas. Bima Risky Ardiansyah membalas dengan tembakan dua angka. Dunk Heyward direspon tembakan tiga angka Decardo Day, 56-56.  Tiga angka Yonga dibalas lay up Nuke. Lay up Lowhorn ganti dibalas tiga angka dari Scott, PJ unggul satu angka 62-61. Lay up Yesaya dibalas satu free throw Scott. Tiga angka Yonga dibalas dua angka Nuke.
Dua free throw Yesaya dan jump shot Wicaksono membuat Pelita menjauh. Lay up Scott memperkecil jarak tetapi dua free throw Yesaya dan satu dari Wicaksono memastikan kemenangan Pelita , 74-66.

Hasil ini membuat Pelita Jaya Bakrie berhasil merebut kemenangan pada gim pertama IBL Play Off 2022. Dior Alexandros Lowhorn mencetak double-double dengan catatan 23 angka dan 13 rebound. Yesaya Saudale mengemas 15 angka dan Hendrick Xavi Yonga memborong 12 poin.

Dari pihak RANS, Akeem Scott mencetak 11 angka, Nuke Tri Saputra menyumbang 13 poin dan Hal Shane Heyward mengemas 11 angka.


Prawira Bandung vs Dewa United

Bermain di depan pendukung di C’Tra Arena Bandung, Prawira Bandung tampil bersemangat.

Kuarter pertama, Dewa unggul terlebih dahulu pada lima menit pertama, namun Prawira bangkit dan menutup kuarter pertama dengan keunggulan lima angka, 20-15.

Kuarter kedua Prawira mampu terus mempertahankan selisih dan menutup babak pertama dengan memimpin enam angka, 37-31.

Kuarter ketiga, Prawira sempat menjauh pada lima menit awal dengan selisih sembilan angka, tetapi Dewa bangkit dan menipiskan selisih hingga hanya tiga angka menutup kuarter ketiga. Prawira memimpin 55-52.

Kuarter keempat, Kaleb membuka dua poin untuk Dewa United. Kenneth Wormley menjaga jarak dengan dua lemparan bebas. Talley menyamakan kedudukan 57-57.  Abraham dan Pandu Gunawan kembali membuat Prawira memimpin 64-57. Kaleb dan Taley menipiskan namun Miles, Abraham , Reza dan Yudha membuat Prawira melesat 73-63. David Seagers dan Kaleb menipiskan selisih menjadi tinggal lima angka diwaktu tersisa 44 detik. Free throw dibalas sama oleh Seagers, free throw Wormley menjaga marjin lima angka bagi Prawira, 75-70. Seagers kembali berbalas lemparan bebas dengan Yudha. Kaleb mencetak dua angka, dan Abraham mengakhiri laga dengan satu lemparan bebas, Prawira menang empat angka, 78-74.

Dennis Dewayne Miles Jr mencetak 19 angka bagi Prawira. Rookie of The Year IBL 2022, Yudha Saputera mengemas 15  angka. MVP IBL 2022 Abraham Damar Grahita mengoleksi 13 poin dan M. Reza Fahdani Guntara menyumbang 12 poin.

Kapten Dewa United, Kaleb Ramot Gemilang memimpin timnya dengan 28 angka. Zoran Talley Jr mencetak 20 poin dan Xaverius Prawiro mencatat 11 angka.


NSH Mountain Gold Timika vs West Bandits Combiphaar Solo

playf off IBL 2022
 NSH Mountain Gold Timika  vs West Bandits Combiphar Solo laga pertama Playoff IBL 2022 (Foto: IBL)


Para pemain West Bandit mendapatkan kejutan dari NSH di awal-awal kuarter pertama, setelah tertinggal 0-2. Namun West Bandit langsung memberikan respon cepat untuk bisa membalikan keunggulan menjadi 13-5 atas tim asal Timika tersebut di pertengahan kuarter pertama. Meski NSH memberikan perlawan untuk bisa memperkecil skor, tetapi para pemain West Bandit terus menjauhkan keunggulan menjadi 22-10 di akhir kuarter pertama. Sementara di awal-awal kuarter kedua, para pemain West Bandit masih terus bermain dengan tempo cepat.

Memasuki pertengahan kuarter kedua, NSH masih kesulitan untuk menghentikan serangan yang dibangun oleh para pemain West Bandit. Alhasil, tim milik Gading Marten itu berhasil menjauhkan keunggulan atas NSH dengan skor 30-15. Usaha para pemain NSH untuk mengejar ketertinggalan di kuarter kedua masih belum berhasil.

West Bandits berhasil mempertahankan keunggulan kendati tipis 45-43 di kuarter ketiga.

Sementara di kuarter keempat, NSH terus menunjukkan penampilan apiknya seperti di kuarter sebelumnya untuk bisa menipiskan ketertinggalan. Akan tetapi, usaha Hengki Infandi dan kawan-kawan masih belum berhasil. West Bandit kembali menjauhkan skor menjadi 65-55. Tim asal Solo itu pun menutup pertandingan dengan kemenangan 66-57 atas NSH. Mereka pun memimpin 1-0 dalam format best of three Playoff IBL 2022.

Sameen Ayyub Swint dari West Bandit menjadi pencetak poin terbanyak dengan 17 poin dalam 21 menit. Sementara itu, Michael Edward Glover menyumbang 17 poin dalam 21 menit untuk NSH.

 

Jadwal Pertandingan Play-off IBL 2022 Match 2

Minggu (14/8/2022)
12.00 WIB - Rans PIK vs Pelita Jaya
14.15 WIB - Hangtuah vs Satria Muda
16.30 WIB - West Bandits vs NSH
18.45 WIB - Dewa United vs Prawira

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved