5 Pemain Basket Indonesia Yang Patut Dikagumi Dan Dicontoh

Basket merupakan permainan bola besar yang mempertandingkan dua tim basket yang masing-masing terdiri dari 5 orang dan saling merebut bola dari lawan untuk dimasukkan ke dalam ring lawan. Untuk memenangkan permainan ini yaitu memasukan bola ke keranjang (ring) lawan sebanyak-banyaknya.

Seiring berkembangnya olahraga basket di Indonesia, tidak jarang melahirkan para pemain bola basket yang memiliki skill yang tidak bisa di remehkan. Terdapat banyak pemain handal yang mengharumkan nama bangsa. Tidak hanya membuat prestasi di dalam negeri, tapi mereka juga membuat prestasi di luar negeri.

Siapa saja atlet Indonesia yang meraih prestasi tersebut?. Berikut nama-nama atlet basket Indonesia terbaik dan patut dicontoh.

Daftar Atlet Bola Basket Terbaik Indonesia

Galank Gunawan

Galank Gunawan

Galank Gunawan merupakan salah satu pemain basket terbaik di Indonesia. Ia menempati posisi sebagai power forward Indonesia terkuat. Galank gunawan pernah meraih penghargaan Defensive Player Of The Year 2x pada musim 2012-2013 dan 2014-2015 dan juga pernah menyumbang perak dalam acara Sea Games 2015. Tak hanya itu, galank gunawan pernah meraih penghargaaan Top Rebound selama 5 musim berturut-turut pada musim 2011 sampai 2016.

Abraham Damar

Abraham Damar

Abraham damar merupakan atlet bola basket Indonesia yang terkenal dengan skill dewanya dalam bermain basket. Dengan skill bermainnya yang baik, ia mendapatkan gelar Most Improved Player pada IBL 2017 dengan point rata-rata 12,23 per pertandingan dan ia juga meraih medali emas dalam SEA GAMES 2021.

Daniel Wenas

Daniel Wenas

Pria kelahiran tahun 1992 ini memiliki segudang prestasi gemilang. Ia telah bermain bola basket sejak usia 13 tahun dan pada saat berumur 16 tahun Daniel Wenas masuk timnas Junior Indonesia. Dari situlah ia terus mengasah skillnya dalam bermain basket.

Ia menjuarai kejuaraan sejak 2007 dengan meraih gelar juara pertama di Kejurnas KU 16 Indonesia dalam 2 tahun berturut-turut. Pria 30 tahun ini pun merasakan gelar juara IBL 2016-2017 bersama Pelita Jaya. Dia juga pernah dapat medali emas dalam test event Asian Games 2018.

Rivaldo Tandra

Rivaldo Tandra

Pemain asal Pontianak ini, pernah berturut-turut masuk daftar DBL All-Star pada musim 2012 dan 2013. Selain itu ia juga berhasil meraih medali perak pada SEA Games 2019. Dan pada tahun 2020, Rivaldo berhasil debut di Indonesia Basket League (IBL) dan mendapat nominasi Rookie of the Year.

Baca Juga :

Sayangnya, Rivaldo Tandra memutuskan untuk pensiun dini di usia 25 tahun sebagai pebasket profesional karena adanya cedera lutut.

Andakara Prastawa Dhyaksa

Andakara Prastawa Dhyaksa

Sudah tidak terhitung berapa banyak prestasi yang ia dapatkan. Pemain basket yang satu ini memulai karir sebagai pemain basket profesional sejak tahun 2011 saat dirinya masih berusia 19 tahun. Andakara Prastawa Dhyaksa memulai karir basket pertama kalnya bergabung di tim Aspac Jakarta di NBL Indonesia yang saat ini menjadi IBL. Pada awal karirnya tersebut dia langsung menyabet gelar Rookie of The Year.

Hingga akhirnya gelar Sixth Man of The Year pun berhasil diraihnya pada tahun 2013. Dan pada tahun 2016 dan 2018 ia pun berhasil meraih kembali gelar Sixth Man of The Year. Tak hanya itu ia juga mendapatkan medali perak pada SEA GAMES 2017 di malaysia.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved