Daftar Olahraga Yang Paling Populer Di Dunia

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih tubuh kita agar sehat dan kuat baik secara jasmani maupun rohani. Banyak diantara kita yang menjadikan olahraga sebagai suatu hobi yang menyenangkan, ada juga yang menjadikannya sebagai suatu kegiatan rutin demi menyehatkan tubuhnya.

Pada dasarnya, olahraga merupakan sebuah aktivitas yang dinikmati di seluruh dunia. Baik itu itu sebagai hobi, karir, atau hanya sebagai pelepas penat, olahraga senantiasa memiliki tempat di kegiatan sehari-hari setiap orang. Terdapat beberapa jenis olahraga yang begitu banyak penggemarnya. Olahraga-olahraga ini biasanya memiliki peraturan-peraturan jelas sehingga dapat dimainkan oleh semua orang.

Karena memiliki penggemar yang sangat banyak, olahraga-olahraga ini juga merupakan suatu industri yang bernilai jutaan bahkan milyaran dollar. Sumber tersebut didapat dari tawaran sponsor, hak penayangan, wawancara eksklusif dengan atlet atau tim terkait dan penjualan jersey.

Di antara banyaknya cabang olahraga yang dikenal di dunia, ada beberapa olahraga yang sangat populer karena memiliki banyak penggemarnya. Berikut adalah beberapa olahraga yang sangat populer di dunia.

Sepak Bola

Olahraga Sepak Bola

Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang diseluruh dunia menyukai olahraga yang satu ini. Olahraga sepak bola diperkirakan memiliki penggemar hingga 4 milliar di dunia, yang dimana angka tersebut merupakan hampir setengah populasi manusia dibumi. Hampir semua orang mengetahui dan mengenal atlet-atlet dari sepak bola. Pasti banyak yang tahu tentang Messi, Ronaldo, Zidane, David Beckham, dan masih banyak lagi.

Cricket

Olahraga Cricket

Sama seperti sepak bola, cricket merupakan olahraga yang dimainkan oleh 2 kelompong yang masing-masing terdiri dari 11 Orang. Di Indonesia mungkin olahraga Cricket ini tidak begitu tekenal. Namun penggemar untuk olahraga ini berjumlah sekitar 2,5 milliar penggemar di dunia.

Olahraga cricket berasal dari Inggris pada abad ke 16, Pada saat itu olahraga ini sangat populer hingga akhirnya menjadi salah satu olahraga nasional pada abad ke 18. Pada saat ini, terdapat negara dengan budaya kriket yang sangat kuat yaitu India, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, dan Australia.

Hoki

Olahraga Hoki

Hoki merupakan sebuah permainan yang dilakukan di lapangan es atau lapangan biasa. Meskipun terbilang tidak banyak orang yang tau tentang olahraga ini di Indonesia. Olahraga hoki memiliki penggemar sekitar 2 milliar penggemar di dunia.

Hoki lapangan biasa dimainkan di Eropa, Afrika, Asia, dan Australia, sedangkan untuk hoki es sangat populer di Kanada, Amerika Serikat, dan Eropa Utara. Olahraga ini melibatkan dua tim yang saling mencoba untuk memasukkan bola ke gawang tim lawan menggunakan tongkat hoki.

Tennis

Olahraga Tennis

Di olahraga tenis memiliki sekitar 1 Milliar penggemar didunia. Tennis merupakan permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua pemain (tunggal) atau dua pemain (pasangan) yang masing-masing terdiri dari dua pemain dengan menggunakan raket dan bola karet. Dalam permainan tenis sendiri, pemain di kedua sisi jaring yang memanjang mencoba memukul bola dengan raket sehingga bola melewati lawan mereka atau memantul di sisi lawan mereka dua kali untuk mencetak poin.

Bola Voli

Olahraga Bola Voli

Bola voli memiliki penggemar sekitar 900 juta penggemar diseluruh dunia. Bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh 2 tim, yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain. Tim yang lebih dulu mencapai nilai (skor) 25 dinyatakan sebagai pemenang. Bola Voli sangat digemari oleh penduduk di Brasil, Kuba, Filipina, Italia, Rusia dan Singapura.

Tenis Meja

Tennis Meja

Tenis meja atau pingpong merupakan olahraga yang kurang lebih sama seperti tenis namun terdapat perbedaannya, yaitu memakai meja sebagai lapangannya. Tenis meja merupakan olahraga yang bermain diatas meja yang berukuran 274cm x 152,5cm. Jumlah penggemar Tenis Meja di dunia sebanyak 850 juta penggemar. Tenis Meja merupakan Olahraga yang sangat digemari oleh penduduk di negara China, Mesir, India, Rusia, Polandia dan Singapura.

Bola Basket

Bola Basket

Olahraga yang satu ini merupakan permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang. Setiap tim harus memasukkan bola kedalam gawang tim lawan untuk mendapatkan poin. Olahraga yang diciptakan oleh Dr. James Naismith ini. Memiliki penggemar sekitar 825 juta penggemar di dunia.

Baseball

Baseball

Meskipun terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Olahraga yang satu ini memiliki penggemar sekitar 500 juta penggemar di dunia. Olahraga ini sangat populer di Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara Karibia (caribbean).

Baca Juga :

Olahraga baseball merupakan permainan kecil yang terdiri dari 2 tim yang masing-masing beranggotakan 9 orang. Setiap tim bergantian memiliki tugas memukul dan tugas jaga base. Tim yang ditugaskan menjaga base harus menghalangi pemukul yang mencoba berlari mengitari lapangan ke base-base yang ada. Tim pemukul harus mengitari lapangan dan menyentuh tiap base agar dapat poin saat berhasil menyentuh base akhir (home base).

Rugby

Olahraga Rugby

Rugby dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 15 orang. Setiap tim bertugas untuk membawa bola ke garis akhir (end line) tim lawannya. Tim akan mendapatkan skor ketika bola yang mereka bawa berhasil melalui garis akhir tim lawan. Masing-masing tim dapat melakukan apa saja, mulai dari memegang dan membawa, menendang, hingga melempar bola tersebut. Dalam olahraga rugby terdapat 475 juta penggemar di dunia.

Golf

Olahraga Golf

Meskipun olahraga ini temasuk olahraga mewah di Indonesia. Olahraga golf memiliki penggemar sekitar 450 juta penggemar didunia. Olahraga ini sangat berpengaruh di wilayah Eropa Barat, Amerika Utara, dan Asia Timur. Golf dimainkan dengan cara memukul bola agar bola tersebut masuk kedalam lubang.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved