7 Olahraga Yang Cocok Untuk Anak

Membiasakan anak untuk aktif secara fisik sejak dini merupakan suatu hal yang sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Salah satu caranya adalah mengenalkan anak tentang olahraga. Olahraga memberikan manfaat baik untuk semua usia, khususnya membantu Anak memiliki jantung dan paru-paru yang kuat dan sehat, mempunyai tubuh lebih fleksibel, membentuk tulang kuat, dan menjaga berat badan.

Selain memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, olahraga juga dapat mengajarkan si anak untuk komunikasi, mengambil keputusan, komitmen, memperbaiki mood, dan meningkatkan rasa percaya diri. Hal tersebut membuat anak terhindar dari resiko obesitas, depresi, penyakit jantung, dan diabetes. Untuk menghindari risiko tersebut pola hidup sehat dan aktif sangat disarankan. Olahraga memberikan manfaat dalam tumbuh kembang fisik dan social Si anak

Berikut beberapa kegiatan olahraga yang dapat membuat si kecil produktif dan aktif.

Sepak Bola

Olahraga Sepak Bola Anak

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang dapat dimainkan oleh semua umur. Mulai dari anak, remaja, hingga dewasa menyukai olahraga ini. Bermain sepak bola dapat melatih ketahanan, keseimbangan, dan koordinasi kaki pada anak. Olahraga ini juga dapat mengajari anak tentang kerja sama tim dan disiplin.

Bersepeda

Olahraga Bersepeda Anak

Dengan bersepeda dapat meningkatkan kekuatan kaki, melatih keseimbangan, menurunkan resiko kelebihan berat badan dan membuat jantung serta tubuh tetap bugar. Selain untuk kesehatan fisik, manfaat bersepeda bagi anak lainnya juga dapat melatih kesabaran dan disiplin anak.

Bela Diri

Olahraga Bela Diri Anak

Selain untuk melindungi diri, bela diri seperti karate, taekwondo, pencak silat, dan bela diri lainnya. Bela diri juga bermanfaat untuk daya tahan kardiovaskular, memperkuat otot, fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, dan kontrol berat badan.

Berenang

Olahraga Berenang Anak

Kebanyakan anak-anak pasti suka yang namanya bermain air atau berenang. Dengan berenang banyak manfaat yang didapat diantaranya, melatih cara mengontrol pernapasan saat berada di dalam air, mengatur stamina anak, dan melatih kerja otot tubuhnya.

Tak hanya itu, berenang juga memiliki manfaat lain seperti kebugaran kardiovaskular, terutama penderita asma, fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, dan kontrol berat badan.

Berlari

Olahraga Berlari

Selain olahraga ini praktis dan tanpa mengeluarkan biaya, berlari merupakan bentuk latihan terbaik bagi anak karena memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan berlari secara rutin, maka tubuh akan membentuk kekebalan, meningkatkan kekuatan paru-paru, otot, kardiovaskular, serta melatih fokus dan konsentrasinya.

Bulu Tangkis

Olahraga Bulu Tangkis Anak

Seperti yang kita ketahui, bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di Indoensia mengingat berbagai prestasi dari para atlet seperti Greysia Polli, Kevin Sanjaya, dan masih banyak lagi. Bulu tangkis merupakan olahraga yang mengeksplorasi tentang kelincahan, kekuatan otot, dan tantangan daya tahan tubuh.

Baca Juga :

Selain dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan, bulu tangkis memiliki sederet manfaat bagi keterampilan anak, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan otot, dan tentunya melatih kelincahan.

Senam

Olahraga Senam Anak

Senam merupakan olahraga sederhana yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dibalik kesederhanaannya, senam memiliki manfaat untuk melatih keseimbangan, koordinasi, serta fleksibilitas, dan dapat meningkatkan kekuatan jantung.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved