Daftar Olahraga Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Jika kamu mengalami kesulitan untuk fokus saat sedang berbicara dan belajar atau kegiatan lain yang membtuhkan untuk fokus yang tinggi. Maka ada kemungkinan jika kamu mengalami kesulitan berkonsentrasi. Penyebab dari kesulitan konsentrasi ini diantaranya kelelahan, sedikitnya asupan gizi pada tubuh dan faktor lain yang jarang diperhatikan, dan kurangnya olahraga.

Olahraga memiliki peranan penting yang tidak hanya untuk meningkatkan kebugaran fisik namun juga penting untuk kesehatan otak agar otak dapat bekerja dengan optimal. Peningkatan kinerja otak untuk memperbaiki konsentrasi tidak hanya dapat ditempuh dengan olahraga fisik, ada juga kegiatan berupa olahraga otak yang berupa senam otak maupun permainan.

Jika dibandingkan dengan olahraga fisik, olahraga otak olahraga yang cenderung lebih mudah dilakukan karena tidak membutuhkan tempat khusus untuk melakukan olahraga ini. Olahraga otak dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berikut merupakan beberapa olahraga fisik maupun otak untuk meningkatkan konsentrasi.

Catur

Olahraga Cattur

Berbicara mengenai manfaat dari olahraga konsentrasi, banyak sekali olahraga yang dapat dilakukan yang salah satunya adalah olahraga catur. Catur merupakan permainan yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat. Catur tidak hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang, tapi juga termasuk olahraga penunjang otak. Selain itu mengistirahatkan otak dari rutinitas sehari-hari, permainan catur dapat menstimulasi otak agar otak memiliki kinerja yang optimal. 

Dengan catur, otak dapat terlatih untuk menganilisi, berpikir mendalam, mengembangkan kecerdasan emosional,menambah memori, meningkatkan kemampuan membaca dan yang terpenting dapat mencegah pikun. Bahkan catur berfungsi untuk mencerdaskan kedua sisi otak, otak kiri dan otak kanan. Selain itu catur juga dapat melatih disiplin, konsistensi, pengarsipan, dan menghitung cepat.

Bridge

Olahraga Bridge

Jika kamu suka dengan olahraga yang murni mengasah konsentrasi dan daya pikir kamu, bridge adalah salah satu olahraga ringan yang mungkin dapat kamu pilih. Bridge merupakan salah satu olahraga permainan kartu yang dapat melatih otak dan kesabaran kita. Pasalnya, di permainan ini ada beberapa strategi dan perhitungan yang matang agar dapat memenangkan permainan ini.

Panahan

Olahraga Panahan

Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang terbilang cukup mewah untuk melakukannya. Hal tersebut karena untuk melakukan olahraga ini membutuhkan peralatan yang terbilang mahal. Namun manfaat yang didapat dari panahan sebanding dengan berapa banyak uang yang dikeluarkan. 

Karena dengan melakukan olahraga panahan ini maka akan meningkatkan konsentrasi dan juga kecerdasan otak. hal tersebut dilatarbelakangi karena dalam memanah, orang akan dituntut untuk membidik sasaran dengan tepat. Hal itulah yang membuat konsentrasi menjadi bertambah. Oleh karena itu, panahan menjadi salah satu Jenis olahraga untuk melatih konsentrasi.

Meditasi

Olahraga Meditasi

Sebenarnya, konsep utama dari olahraga ini bukanlah untuk mengosongkan pikiran melainkan memusatkan pikiranmu pada satu hal saja. Sehingga, jika kamu dapat melakukan meditasi dengan benar, maka kamu akan lebih mudah berkonsentrasi untuk mengerjakan sebuah pekerjaan tanpa adanya beban pikiran yang ada diluar pekerjaan.

Billiard

Olahraga Billiard

Biliar tidak hanya sekedar permainan memasukkan bola ke dalam lubang, melainkan sebuah permainan yang dapat mengasah konsentrasi. Memasukkan bola ke sarangnya membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Hal ini disebabkan kebutuhan konsentrasi dan strategi yang matang untuk memasukkan bola billiard di dalam lubang dengan tepat dan pas.

Baca Juga :

Bersepeda

Olahraga Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang paling umum dan sering dilakukan oleh semua kalangan masyarakat. Tak hanya sebagai alat transportasi untuk pergi. Olahraga ini juga merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan.

Bersepeda memiliki manfaat untuk menghilangkan stress pada otak. Dengan hilangnya stress pada otak akan berdampak pada meningkatnya konsentrasi dalam berpikir. Jadi bisa dikatakan bahwa bersepeda merupakan jenis olahraga untuk melatih konsentrasi.

Basket

Olahraga Basket

Olahraga ini tak hanya sekedar melemparkan bola ke dalam ring saja. Dalam melakukan olahraga ini dibutuhkan stamina yang baik dan juga konsentrasi yang baik. Karena di dalam permainan ini harus melakukan beberapa gerakan yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti mendribel bola sambil berlari dan melakukan shooting. Hal tersebut bermanfaat dalam mengembangkan fungsi otak dan juga meningkatkan konsentrasi.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved