7 Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Kantor

Bagi pekerja kantoran yang sepanjang harinya duduk, olahraga merupakan hal yang penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas dan diabetes. Berbagai macam alasan pekerja kantoran untuk meninggalkan olahraga, mulai dari tidak ada waktu, dikejar-kejar deadline, dan hal-hal lain yang mengharuskan untuk selalu berada di depan komputer/laptop. Padahal tidak semua olahraga ada beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan pada saat ada waktu senggang. Beberapa gerakan stretching dapat dilakukan sambil duduk di balik meja kantor. Hal ini berguna untuk melemaskan kembali otot leher atau punggung yang kaku akibat duduk lama.

Duduk diam dikantor selama kurang lebih 8 jam ditambah adanya tekanan pekerjaan dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan, terutama pada tulang belakang. Pegal, kaku, kesemutan, hingga sakit pinggang dan leher mungkin menjadi gejala umum yang dirasakan. Untuk itu, berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan di kantor pada waktu senggang.

Peregangan Leher

Peregangan Leher

Peregangan ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi ketegangan dan nyeri leher karena membungkuk dan melihat layar. Caranya adalah letakkan tangan kiri di sisi kanan kepala dan tarik kepala perlahan ke arah bahu kiri. Tahan gerakan ini sambil menarik napas dalam sebanyak 3 kali. Kemudian ulangi pada sisi yang berlawanan.

Peregangan Punggung

Peregangan Punggung

Selain peregangan tangan, peregangan punggung juga dapat dicoba selama di kantor. Caranya sebelum punggung terasa sakit, berdirilah dan sentuhlah jari kaki. Lakukan gerakan ini sampai dua atau tiga kali. Gerakan ini merupakan cara yang baik untuk mengendurkan otot-otot punggung.

Memutar Badan

Memutar Badan

Pastikan posisi lehermu tegak lurus dan mata menghadap ke depan. lalu duduk dalam posisi tegap. Kemudian pelintir tubuhmu ke kanan dan ke kiri bergantian. Kamu dapat gunakan pegangan kursimu untuk membantumu memutar tubuh. Peregangan ini dapat mengurangi ketegangan otot punggung.

Triceps stretch

Triceps stretch

Angkat satu lengan dan tekuk hingga tangan menyentuh tulang belikat. Gunakan tangan satunya untuk menarik sikumu. Tahan posisi ini selama dua hingga tiga tarikan napas. Lakukan gerakan yang serupa di lengan yang satunya.

The Shoulder Shrug

The Shoulder Shrug

Gerakan ini dimulai dari duduk tegak di kursi. Angkat bahu setinggi telinga lalu tarik napas dalam-dalam, tahan beberapa saat, kemudian hembuskan perlahan dan ikuti dengan bahu kembali ke posisi semula. Lakukan berulang agar bahu lebih nyaman.

Baca Juga :

Squat

Olahraga Squat

Sebelum melakukan olahraga ini, pastikan terlebih dahulu kursi agar tidak bergerak saat melakukan olahraga ini. Jika kursi statis, maka kunci kursi terlebih dahulu. Lakukan gerakan duduk berdiri secara berulang. Selain itu, dapat dikombinasikan dengan lunge, yaitu menekuk lutut ke depan, kaki yang satunya diposisikan ke belakang. Menurut penelitian dari Johnston et.all 2018, latihan squat duduk berdiri secara teratur selama 3 (tiga) menit per 8 (delapan) jam dapat mengurangi risiko nyeri punggung bawah atau Low Back Pain (LBP).

Hamstring stretch

Hamstring stretch

Duduklah di kursimu dengan tegap. Luruskan kaki kanan ke depan, lalu raih ujung kaki dengan tangan kanan. Tahan selama dua hingga tiga tarikan napas, kemudian lakukan gerakan yang serupa di kaki kiri. Jika tangan kamu tidak dapat menyentuh kaki itu tidak apa-apa, yang penting usahakan lengan dan kakimu dalam posisi lurus. Gerakan ini berfunsi untuk melemaskan otot pinggang dan lutut kaki.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved