Mengenal Stadion Batakan Balikpapan, Kalimantan Timur

Pada tahun 2022 Stadion Batakan Balikpapan merupakan stadion yang menjadi kandang untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dikarenakan Stadion Gelora Bung Karno tidak dapat digunakan karena untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. Stadion Batakan merupakan satu dari delapan stadion yang layak digunakan untuk pertandingan sepak bola profesional setelah dilakukan pemeriksaan pasca tragedi Kanjuruhan di tahun yang sama. Stadion Batakan terletak di Jl. Mulawarman, Manggar, Kec. Balikpapan Tim, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Profil Stadion Batakan

Stadion yang berlokasi di Balikpapan Kalimantan Timur ini mulai dibangun pada tahun 2010. Stadion ini merupakan markas klub Persiba sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur. Pembangunan stadion ini dimulai pada tahun 2011 dengan memakan biaya mencapai Rp1,2 triliun. Awalnya Stadion Batakan pada akhir tahun 2016 direncanakan sudah dapat digunakan, namun pada Juli 2017 Stadion Batakan baru selesai dan dapat digunakan.

Hal tersebut terjadi karena masih ada beberapa hal yang harus dibangun seperti jalan masuk ke stadion, tempat parkir, dan tentunya kursi penonton. Untuk membangun semua itu, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dikarenakan biaya untuk membangun semua hal itu tidak cukup, otomatis Dinas Pekerjaan Umum provinsi Kalimantan Timur harus memutar otak mencari dana tambahan. Stadion ini sudah cukup lama menjadi sarana olahraga untuk beberapa pertandingan kompetitif yang sifatnya resmi. Stadion Batakan pernah dijadikan sebagai venue untuk turnamen sepak bola pada kelas/level pelajar yang paling besar di Asian School Football Championship (ASFC) U-18.

Baca Juga :

Stadion yang memiliki kapasitas sekitar 40.000 penonton ini, memiliki desain yang mirip dengan Stadion Emirates dan berlokasi di London. Stadion ini memiliki keunggulan yaitu tidak ada lintasan atletik, sehingga jarak antara lapangan dengan tribune cukup dekat seperti halnya stadion stadion yang berada di eropa. Stadion Batakan memiliki fasilitas-fasilitas mewah, seperti ruang Press Conference yang sudah standar FIFA, gor olahraga, ruang pelatih, ruang pemanasan, ruang kesehatan, toilet, urinoir serta tempat baju, dan terdapat beberapa lift serta escalator. 

Rumput yang digunakan dalam Stadion Batakari adalah rumput jenis Zoysia Matrella yang terkenal halus dan merupakan jenis rumput yang jadi standar FIFA. Stadion Batakan juga dilengkapi stan khusus bagi tenan yang dapat digunakan untuk toko, restoran maupun UMKM. Selain itu, penerangan stadion menggunakan lampu LED, satu sisi tribun terdpat 135 buah atau total 270 buah yang menghasilkan pencahayaan sebesar 2.300 lux.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved