Mengenal Stadion Pakansari Sebagai Stadion Kebanggaan Masyarakat Bogor

Stadion Pakansari merupakan stadion sepak bola yang berada di Cibinong, Bogor. Stadion ini merupakan stadion yang menjadi kebangaan masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dibangun pada tahun 2012 lalu, sejumlah pertandingan baik nasional maupun internasional kerap digelar di tempat ini. selain sebagai venue sepak bola, kawasan stadion ini juga kini menjadi spot wisata olahraga, terutama bagi masyarakat lokal.

Stadion multifungsi ini berlokasi di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namanya pun sudah tidak asing ditelinga masyarakat berkat adanya pertandingan bola berskala internasional yang sering berlangsung di stadion kebanggaan warga Kabupaten Bogor ini.

Profil Stadion Pakansari

Stadion Pakansari merupakan stadion sepak bola yang didirikan pada tanggal 16 Januari tahun 2012 dan pembuatan stadion tersebut mengahabiskan biaya hingga 803 miliar rupiah. Setelah selesai pembangunan pada tahun 2014. Stadion ini dapat menampung 30.000 penonton. Stadion ini juga dapat digunakan untuk sholat ied, drumben, dan sepak bola Pekan Olahraga Nasional XIX. Stadion Pakansari masuk dalam nominasi stadion terbaik didunia pada tahun 2016 bersaing 29 stadion lainnya dan stadion pakansari juga pernah digunakan sebagai venue Piala AFF 2016 menggantikan Stadion Utama yaitu Gelora Bung Karno yang sedang direnovasi.

Tak hanya itu, pada tahun 2018 stadion ini juga terpilih sebagai venue sepak bola pria pada Pesta Olahraga Asia 2018, dan juga Kejuaraan Piala Asia U-19 yang berlangsung pada tahun yang sama. Stadion pakansari memiliki jenis rumput yang berkualitas yang bahkan biaya perawatannya saja dapat mencapai ratusan juta rupiah yaitu Cynodon Dactylon. Cynodon dactylon, disebut juga rumput bermuda merupakan rumput yang tumbuh di belahan bumi Timur. Rumputnya berwarna hijau-kelabu, tumbuh pendek hingga 2–15 cm dengan tepi yang kasar. Batangnya dapat tumbuh sampai 1–30 cm.

Baca Juga :

Seperti yang disebutkan sebelumnya. Selain menjadi venue sepak bola, stadion pakansari juga dapat dijadikan sebagai spot wisata olahraga. Banyak masyarakat lokal menjadikan kawasan stadion ini sebagai tempat wisata olahraga dan wisata kuliner. Biasanya akhir pekan pada saat waktu pagi, banyak pengunjung yang melakukan olahraga lari, bersepeda, bulutangkis, dan lainnya di area stadion ini.

Stadion Pakansari dengan memiliki luas area yang sangat luas. Sehingga di sekitar area stadion ini memiliki hawa yang sangat sejuk, karena dikelilingi oleh segala hal yang hijau seperti bukit serta pepohonan lengkap dengan pemandangannya yang indah. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat indahnya siluet Gunung Salak dari kejauhan. Tak sedikit warga lokal maupun warga non lokal yang datang ke kawasan Stadion Pakansari hanya sekedar untuk berfoto-foto karena hal tersebut.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved