7 Pemain Basket Putri Sea Games 2023 Yang Meraih Emas Sea Games Untuk Pertama Kali

Beberapa waktu lalu, ajang kompetisi Sea Games yang dilaksanakan di Camboja telah selasai dilaksanakan. Indonesia berada di peringkat ke 3 negara yang meraih medali terbanyak di Sea Games tahun ini. Indonesia berhasil mendapatkan total sebanyak 277 medali yang terdiri dari 87 emas, 80 perak dan 110 perunggu.

Pada minggu tanggal 14 Mei lalu, tim nasional bola basket putri Indonesia nomor 5x5 sukses meraih medali emas di Sea Games 2023 Kamboja. Dalam laga final, timnas basket putri Indonesia berhasil mengalahkan Singapura dengan skor akhir 86-30. Kemenangan ini membuat Indonesia mengumpulkan 12 poin dari enam pertandingan dan berhak mendapatkan medali emas. Prestasi ini sekaligus menjadi momen bersejarah untuk basket putri Indonesia, karena untuk pertama kalinya timnas basket putri Indonesia meraih medali emas di Sea Games.

Dikutip dari Instagram resmi Perbasi, tim bola basket putri Indonesia yang dilatih oleh Lin Chi Wen dan manajer Hennie Widjojo ini. Indonesia menurunkan 12 pemain untuk nomor 5X5 yaitu, Adelaide Callista Wongsohardjo, Agustin Elya Gradita Retong, Clarita Antonio, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, Dyah Lestari, Henny Sutjiono, Kadek Pratita Citta Dewi, Kimberley Pierre-Louis, Nathania Claresta Orville, Peyton Alexis Whitted, Priscilla Annabel Karen, Yuni Anggraeni. Tak hanya cantik, mereka juga memiliki prestasi yang patut dicontoh bagi pebasket lainnya.

Adelaide Callista Wongsohardjo

Adelaide Callista Wongsohardjo

Wanita kelahiran tahun 2001 Malang ini adalah pebasket Indonesia yang sudah masuk dalam deretan DBL Allstar 2017 pada usianya yang masih sangat muda. Pada tahun 2021 ia dipercaya untuk memperkuat Timnas Bola Basket Putri Indonesia dalam ajang Sea Games 2021. Dalam ajang Sea Games tersebut timnya berhasil membawa medali perak. Terbaru, Adelaide Callista Wongsohardjo memperbaiki pencapaiannya di Sea games 2023 dengan berhasilnya membawa medali emas.

Agustin Elya Gradita Retong

Agustin Elya Gradita Retong

Agustin Elya Gradita Retong atau sering dipanggil Dita ini adalah pebasket kelahiran Jakarta yang pada tahun 2014 ia meraih penghargaa Rookie of The Year WNBL Indonesia. Sejak tahun 2013 Dita sudah menjadi langganan terpanggil masuk seleksi nasional pemain Sea Games, Dita pernah membawa nama Indonesia di Sea Games 2013, Sea Games 2015 dan berhasil membawa medali Perak ke 2 kalinya setelah 24 tahun kali pertama perak direbut timnas putri Indonesia di Sea Games 1991 Philipine.

Kemudian juga Dita terpilih kembali untuk membela timnas di Sea Games 2017 mendapatkan dan mendapatkan medali perunggu, ia sempat vakum di Asian Games 2018 karena Dita mengalami cedera MCL dan ACL.

Cedera tidak menghalangi semangatnya untuk recovery dan mengejar ketinggalan, sehingga terpilih kembali untuk membawa nama Indonesia di Sea Games 2019 dengan membawa pulang medali perunggu. Dan yang terakhir ia berhasil membawa medali emas di Sea Games 2023.

Clarita Antonio

Clarita Antonio

Wanita kelahiran tahun 1999 di di Bandung ini adalah salah satu shooter andalan timnas basket putri Indonesia. Selain Sea Games 2023 ia juga memiliki prestasi lain diantaranya meraih medali emas PON 2014, medali emas Popnas 2015, medali perak Popnas 2017, dan medali perunggu SEA Games 2019.

Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi

Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi

Ayu Sriartha atau yang memiliki nama lengkap Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi adalah seorang atlet basket putri asal Bali. Ayu Sriartha adalah salah satu pemain andalan Merpati Bali di ajang Srikandi Cup. Pada Sea Games 2021 ia berhasil membawa medali perak untuk tinmas basket puri Indonesia Nomor 3x3.

Dyah Lestari

Dyah Lestari

Atlet basket putri Indonesia ini lahir di Wonosobo, Jawa Tengah pada tahun 1998. Selain pada Sea Games 2023, sepanjang berkarir di dunia basket ia sudah mendapatkan banyak prestasi yaitu juara 1 Kejurnas U-18, juara 2 Pra PON Remaja, SEABA U18, juara 1 PON 2016, juara 3 POPNAS Jabar, Asian Games 2018, juara 1 PORPROV 2018 dan PON 2020.

Baca Juga :

Akibat prestasi dan skill yang dimilikinya, membuat Dyah Lestari masuk dalam skuad timnas basket putri Indonesia dalam berbagai ajang internasional seperti SEA Games dan ASIAN Games.

Henny Sutjiono

Henny Sutjiono

Henny Sutjiono adalah kapten timnas basket putri Indonesia. Sea Games 2023 adalah Sea Games kedua untuk Henny Sutjiono setelah membela timnas pada Sea Games 2017. Pada Sea Games 2017 ia berhasil membawa timnya meraih medali perunggu. Di tingkat nasional juga, Henny Sutjiono memperkuat tim Jawa Timur dan berhasil meraih medali perunggu di PON 2015.

Kadek Pratita Citta Dewi

Kadek Pratita Citta Dewi

Kadek Pratita Citta Dewi atau biasa dipanggil citta ini adalah pebasket asal Bali yang memiliki prestasi diantaranya, berhasil membawa medali perak di Asean University 2018 dan SEA Games tahun 2017 dan 2019 dengan membawa pulang medali perunggu. Di kancah nasional juga juara Liga Mahasiswa Nasional tahun 2015 - 2016 dan 2016 - 2017.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved