Mengenal Induk Organisasi Voli Internasional FIVB

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing masing terdiri dari 6 pemain. Cara memainkannya adalah dengan memukul bola dan mengharuskan untuk melewati bagian atas net yang berada di tengah lapangan. Sama seperti olahraga lainnya, voli juga memiliki induk organisasi yang mengatur aturan untuk permainan voli dunia. Federation Internationale de Volley Ball atau disingkat FIVB adalah induk organisasi yang mengatur segala urusan tentang permainan bola voli didunia.

Sejarah Federation Internationale de Volleyball (FIVB)

Federation Internationale de Volleyball

FIVB (Federation Internationale de Volleyball) berdiri pada bulan April di 1947. Di tahun tersebut diadakan sebuah kongres di Paris, Prancis yang dihadiri oleh 14 negara (Belgia, Brasil, Cekoslowakia, Mesir, Prancis, Belanda, Hongaria, Italia , Polandia, Portugal, Rumania, Uruguay, AS, dan Yugoslavia). Pada kongres tersebut, resmi dibentuklah Federation Internationale de Volleyball (FIVB) Paul Libaud terpilih sebagai Presiden pertama FIVB. FIVB berkantor pusat di Paris selama 37 tahun pertama.

Ketika Rubén Acosta dari Meksiko mengambil alih Kepresidenan dari Paul Libaud, kantor pusat FIVB dipindah ke Lausanne, Swiss dengan alasan lebih dekat dengan International Olympic Committee (IOC). Kejuaraan Dunia pertama diselenggarakan pada tahun 1949 untuk Pria dan 1952 untuk Wanita. Pada tahun 1964 International Olympic Committee (IOC) mеndukung реnаmbаhаn саbаng bоlа vоlі untuk Olіmріаdе.

Baca Juga :

Permainan ini dimainkan dengan 10 tim putra dan enam tim putri untuk pertama kalinya di Olimpiade Tokyo 1964, di mana medali emas dimenangkan oleh Pria asal Uni Soviet dan Wanita asal Jepang. Sejak saat itu voli mulai dikenal oleh dunia dan јumlаh fеdеrаѕі nаѕіоnаl уаng bеrаfіlіаѕі dеngаn FIVB tumbuh mеnјаdі 89 negara. Akhіrnуа, раdа 1969 оlаhrаgа bоlа vоlі dіреrkеnаlkаn dalam kејuаrааn Pіаlа Dunіа. Munсulnуа реrmаіnаn іnі mеngubаh fоrmаt kuаlіfіkаѕі untuk Olіmріаdе 1991.

Daftar Presiden Federation Internationale de Volleyball (FIVB)

Sejak organisasi ini didirikan pada tahun 1947, terdapat beberapa orang yang sudah pernah menjabat sebagai presiden di organisasi ini. Orang tersebut yaitu :

  1. Paul Libaud (1947 - 1984)
  2. Rubén Acosta (1984 - 2008)
  3. Jizhong Wei (2008 - 2012)
  4. Ary Graça Filho (2012 - sekarang)

Tugas Dan Tujuan Federation Internationale de Volleyball (FIVB)

FIVB memiliki peran utama yaitu memberikan kepemimpinan kepada lebih dari 500 juta pemain dan 33 juta atlet berlisensi. FIVB juga memiliki tugas sebagai penyelenggara kompetisi bola voli seperti ajang Kejuaraan Dunia, Piala Dunia, dan Olimpiade.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved