Penemu Permainan Sepak Bola Dan Sejarah Perkembangan Sepak Bola

Sepak bola adalah salah satu olahraga terpopuler di dunia. Mulai dari anak anak hingga dewasa menyukai olahraga yang satu ini. Sepakbola tidak diragukan lagi adalah olahraga populer, dan gelaran seperti Piala Dunia, yang disaksikan oleh ratusan juta orang, menjadi bukti bahwa olahraga ini olahraga yang populer. Tujuan dari olahraga ini adalah memasukan bola ke gawang musuh sebanyak banyaknya. Namun, tahukah kamu siapa penemu sepak bola.

Penemu Permainan Sepak Bola

Penemu Permainan Sepak Bola

Perlu diketahui hingga sekarang, belum ada yang mengetahui pasti siapa penemu permainan sepak bola sesungguhnya. Sebagian berpendapat bahwa sepak bola berasal dari negara Inggris. Karena, pada awalnya permainan sepak bola tidak teratur sehingga kerap terjadi keributan di pertandingan.

Karena hal tersebut kemudian Inggris memutuskan untuk memperkenalkan sejumlah aturan yang diterapkan dalam olahraga sepak bola. Namun, ada juga yang mengatakan permainan ini bukan berasal dari Inggris. Sejarah awal mengenai sepak bola itu sendiri memang masih diperdebatkan oleh banyak pihak. Hal tersebut dikarenakan banyaknya opini yang bermunculan mengenai kapan ditemukannya sepak bola.

Terlepas dari mana sebenarnya penemu sepak bola pertama kali, namun FIFA menyatakan bahwa sejarah permainan sepak bola di dunia berasal dari daratan Cina dimana masyarakat disana menyebutnya dengan nama “Thu-shu” pada abad ke 2 sampai ke 3 sebelum masehi.

Meski tidak ada seseorang yang secara realistis dapat mengklaim sebagai "penemu" sepakbola, namun Ebenezer Morley telah disebut sebagai 'bapak' dari Asosiasi Sepakbola.

Sejarah Perkembangan Sepak Bola

Sejarah Perkembangan Sepak Bola

Diketahui, permainan sepak bola telah dimainkan oleh beberapa negara seperti Tiongkok, Mesir dan Italia di mana saat itu bola terbuat dari linen pada tahun 2500 sebelum masehi di Mesir. Bola yang digunakan lalu ditambah dengan kulit atau usus agar memiliki daya pantul yang lebih tinggi. Pada saat itu, permainan sepak bola belum menggunakan aturan dan terlihat berantakan.

Baca Juga :

Sekitar abad 14, kemudian sepak bola menjadi olahraga yang populer disana. Pada tahun 1860, dibuatlah sebuah aturan permainan untuk menghindari kerusuhan yang kerap terjadi dalam pertandingan. Pada tahun 1863, beberapa klub yang membuka 12 tim di London bersepakat untuk bertemu dan menyepakati aturan permainan sepak bola. Pada pertemuan tersebut, muncullah suatu asosiasi sepak di Inggris yakni The Football Association (FA).

Berawal dari 12 tim inilah peraturan sepak bola menyebar ke negara negara Eropa lainnya seperti Belanda, Prancis, Spanyol, dan Swedia. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini semakin dikenal oleh dunia. Sehingga, muncul suatu perkumpulan dari beberapa negara dan membentuk sebuah badan organisasi sepak bola skala internasional yang kita kenal sampai sekarang yaitu FIFA (Federation Internationale de Football Association).

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved