Papan Pantul Basket : Acrylic atau Tempered Glass

Kami menawarkan beberapa material papan pantul basket kepada konsumen. Secara umum, bahan akrilik cukup banyak yang meminta, padahal aturan dari FIBA lebih menyarankan pemakaian kaca tempered / glass tempered sebagai material papan pantul bola basket. Saran ini bukan tanpa alasan tentu saja. 


Akrilik / Acrylik lunak (soft) dan Tempered Glass Keras
Meski sangat keras, terutama karena kami menawarkan tebal 15 mm, sebenarnya acrylic lebih lembek ketimbang bahan kaca tempered jika dibandingkan pada ketebalan yang sama. Kekurangan lain acrylic ada mudah tergores, dan dalam waktu yang cukup lama bisa menjadi buram dan kekuningan. Tempered glass sama seperti kaca mobil, sangat keras, dan tahan gores. Selain itu tidak akan menjadi buram.

Akrilik / Acrylik Ringan dan Tempered Glass Berat

Untuk perbandingan dengan ketebalan yang sama, tempered glass/ kaca tempered lebih berat 4-6 kali ketimbang bahan acrylic.

Respons Pantulan
Setelah dilakukan pengujian pada papan pantul yang populer dengan tebal yang sama.

Gambar disebelumnya memperlihatkan bagaimana hasil tinggi bola basket yang dijatuhkan pada permukaan papan pantul bahan material acrylic tebal 12 mm (kiri),  Kaca Tempered tebal 10 mm (tengah), dan 12 mm kaca tempered (kanan). Setelah dijatuhkan, bola memantul dan yang paling tinggi adalah bahan kaca tebal 12 mm

Hal ini membuktikan bahwa bahan kaca tempered memiliki daya pantul yang lebih baik ketimbang papan pantul basket bahan acrylic.


 LALU KENAPA TETAP BANYAK YANG PESAN PAPAN PANTUL ACRYLIC?
Tentu saja papan pantul acrylic lebih banyak dipesan karena :
- Pemakaian bukan untuk kompetisi internasional dan nasional.
- Proses Produksi lebih cepat
- Untuk mendapatkan proses papan pantul yang mumpuni, kami menawarkan papan pantul yang lebih tebal ketimbang bahan kaca (tebal 15 mm dan 20 mm) untuk mendapatkan kekerasan bahan, berat, dan daya pantul yang mendekati bahan kaca temepered.