5 Olahraga Yang Dapat Membantu Mengatasi Stress

Stress merupakan reaksi tubuh ketika seseorang menghadapi tekanan, ancaman, atau suatu perubahan. Seseorang biasanya mengalami gangguan kesehatan mental ini ketika tuntutan yang diberikan padanya lebih besar dari kemampuannya untuk mengatasinya. Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk melepaskan stress mulai dari makan, curhat, bahkan menghabiskan banyak uang untuk liburan kesuatu tempat atau berbelanja.

Sebenarnya untuk mengatasi stress itu tidak perlu mengeluarkan banyak uang seperti untuk makan-makan, liburan dan belanja. Ada banyak cara lainnya untuk mengatasi stress tanpa mengeluarkan banyak uang salah satunya adalah olahraga. Berikut adalah beberapa olahraga yang ampuh untuk mengatasi stress.

Jogging

Olahraga Jogging

Ketika melakukan jogging diusahakan untuk melakukannya di luar ruangan, karena dengan menghirup udara segar akan dapat memberikan ketenangan jiwa dan memberikan paru-paru udara segar. Selain dapat mengurangi kalori dan membantu mengurangi resiko penyakit jantung, olahraga jogging juga dapat meningkatkan mood seseorang.

Selain itu jogging juga dapat membuat seseorang tidur di malam hari dengan nyenyak, yang dimana keadaan ini sangatlah baik untuk meningkatkan memori di otak, menurunkan stress, dan melindungi seseorang dari serangan depresi.

Jalan Santai

Olahraga Jalan Santai

Selain jogging, jalan santai juga dapat menjadi salah satu opsi untuk mengatasi stress. Ketika melakukan jalan santai dapatmelepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan menjadi lebih baik.

Selain itu, kamu juga dapat memanjakan matamu dengan menikmati rindangya pohon-pohon di taman atau dijalanan yang jarang dilihat. Melansir dari Everyday Health, berjalan atau jalan santai dapat mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan stres.

Yoga

Olahraga Yoga

Yoga merupakan olahraga yang ampuh untuk mengatasi stress. Yoga disebut-sebut ampuh mengatasi rasa stres karena melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran. Ketika melakukan gerakan-gerakan yoga, kamu dituntut untuk memfokuskan pikiran, sehingga secara perlahan pikiran kamu pun akan menjadi lebih tenang. Yoga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur dan mampu mengurangi ketegangan otot.

Selain itu, olahraga yoga juga fokus pada latihan pernapasan. Latihan pernapasan ini memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan mental karena kamu akan sulit untuk merasa cemas dan khawatir pada saat mereka mengambil napas dalam-dalam ketika yoga. Tentunya, olahraga yoga ini juga bagus untuk mengatasi stres.

Menari

Olahraga Menari

Menari bermanfaat untuk meningkatkan mood dan menghilangkan stress seseorang. Ketika bergerak mengikuti musik dapat melepaskan hormon endormin, yang dimana hormon ini berperan sebagai penghilang rasa sakit alami dan bertanggung jawab atas perasaan setelah melakukan aktivitas tertentu.

Baca Juga :

Manfaat menari yang dapat mengurangi stres adalah tumbuhnya kontak dan hubungan dengan orang lain. Misalnya ketika kamu berusaha menyamakan ritme tarian agar tetap kompak. Semua itu akan mengalihkan pikiran kamu dari berbagai masalah yang ada. Sehingga otak akan kembali fresh, dan kamu pun dapat kembali berpikir jernih.

Badminton

Olahraga Badminton

Setiap kali mencetak poin, maka akan ada perasaan puas dan bangga yang bisa mengurangi stress yang membebani seesorang. Selain itu, Olahraga ini juga membutuhkan gerak tubuh dan konsentrasi tinggi yang membantu menyehatkan jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved