10 Olahraga Terbaik Untuk Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui, bahwa aktivitas fisik seperti olahraga sangat baik untuk kesehatan. Mulai dari dapat membakar lemak, meningkatkan mood, dan memperkuat jantung, bahkan paru-paru. Faktanya ketika seseorang tidak melakukan olahraga maka ia akan lebih memungkinkan terkena penyakit jantung dibanding dengan seseorang yang melakukan olahraga, karena persentase terkena penyakit jantungnya kecil. 

Ketika kamu aktif secara fisik, maka jantung dan paru-paru akan bekerja lebih keras untuk mensuplai oksigen tambahan yang dibutuhkan otot sehingga tak hanya otot yang menjadi lebih kuat, tapi juga jantung dan paru-paru juga menjadi kuat. Memperkuat jantung dan paru-paru merupakan salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Para ahli merekomendasikan untuk setidaknya melakukan olahraga tingkat sedang selama 150 menit perminggu atau olahraga berat selama 75 menit perminggu untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

Aerobik

Olahraga Aerobik

Aerobik merupakan olahraga yang dapat membuat laju pernapasan dan detak jantung menjadi lebih kencang. Selain itu, aerobik juga dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Ketika melakukan olahraga ini secara rutin, maka dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga memicu penurunan tekanan darah.

Yoga

Olahraga Yoga

Yoga merupakan olahraga kebugaran jasmani yang menggabungkan meditasi, gerakan fisik, dan latihan pernapasan. Pose yang dilakukan diyakini dapat meningkatkan kontrol pikiran dan tubuh, serta dapat meningkatkan kesejahteraan.

Yoga termasuk dalam daftar olahraga untuk jantung yang lebih sehat dan kuat. Beberapa riset membuktikan, partisipan berusia 40 tahun ke atas yang rutin melakukan yoga selama 5 tahun, mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung, sehingga jantung pun sehat.

Pilates

Olahraga Pilates

Sama seperti yoga, pilates juga olahraga yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Dengan begitu, akan memudahkan tubuh melakukan aktivitas fisik lain yang diperlukan untuk menunjang kesehatan jantung seperti aerobik.

Olahraga peregangan ini juga dapat membuat tubuh terhindar dari risiko terjatuh, kram, atau nyeri sendi saat melakukan aerobik. 

Bersepeda

Olahraga Bersepeda

Olahraga sepeda tak hanya sekedar dari mengayuh pedal dan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan sepeda. Tanpa kita sadari dengan bersepeda akan mendapat manfaat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Ketika sedang bersepeda, maka otot kaki besar akan bekerja sehingga dapat membantu meningkatkan detak jantung. Tak hanya itu,dengan bersepeda juga dapat membantu kesehatan mentalmu.

Berenang

Olahraga Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menjadi favorit banyak orang. Selain untuk menyegarkan badan di saat cuaca panas, berenang juga dapat menyehatkan jantung. Meskipun tidak terlihat melelahkan dibanding berlari. Faktanya, orang yang rutin berenang disebut dapat panjang umur dibandingkan orang yang jarang berenang.

Berenang dapat membantu melepas stres dan menurunkan suhu tubuh akibat tekanan darah yang meningkat, melatih pernapasan, sekaligus melatih fleksibilitas dengan bergerak bebas di air.

Berjalan Kaki

Olahraga Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling sederhana diantara olahraga lainnya karena dapat dilakukan dimana saja. Dibalik kesederhananya terdapat segudang manfaat yang didapat salah satunya adalah memperkuat jantung.

Berjalan kaki memiliki khasiat baik untuk melatih jantung, seperti melancarkan peredaran darah dan membakar kalori serta menurunkan kolesterol. Melalui aktivitas ini juga, detak jantung dapat menyesuaikan dengan seberapa cepat gerakan yang kamu lakukan.

Angkat Beban

Olahraga Angkat Beban

Selain mampu untuk membentuk dan memperbesar otot tubuh, dengan melakukan angkat beban dapat menyehatkan otot jantung dam kesehatan tulang. Dengan melakukan angkat beban sekitar 30-40 menit per minggu dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Meskipun terlihat tubuh hanya fokus membangun otot, angkat beban juga turut membakar banyak energi, sehingga dapat mencegah obesitas dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan.

Baca Juga :

Lompat Tali

Olahraga Lompat Tali

Meski tak jarang membuatmu terengah-engah. Lompat tali juga termasuk kedalam olahraga yang bagus untuk jantung. Lompat tali merupakan jenis latihan aerobik yang mampu memperbaiki sirkulasi darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan detak jantung.

Mendaki

Mendaki merupakan jenis olahraga untuk kesehatan jantung yang seringkali terlupakan. Padahal, mendaki dapat meningkatkandetak jantung dan membakar kalori berlebih dalam tubuh. Ditambah lagi, mendaki dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Tai chi

Olahraga Tai Chi

Meski memiliki teknik gerakan yang halus, seni bela diri asal China ini dapat menguatkan otot, menciptakan fleksibiltas dan kesimbangan tubuh. Tak hanya itu, tai chi dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved