5 Olahraga Yang Cocok Untuk Pemula

Berolahraga secara rutin merupakan salah satu kunci untuk hidup sehat. Semakin rutin berolahraga, semakin sehat juga tubuh kita. Berolahraga penting dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Jika kamu jarang berolahraga atau bahkan tidak pernah, untuk memulai olahraga sebaiknya lakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga berat.

Karena jika langsung memilih olahraga berat, maka kemungkinan besar tubuhmu akan kaget sehingga tidak dapat memaksimalkan olahraga yang dilakukan. Hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu disarankan untuk melakukan olahraga-olahraga ringan terlebih dahulu. Berikut merupakan beberapa olahraga ringan untuk pemula

Jalan Kaki Atau Jogging

Olahraga Jalan Kaki Atau Jogging

Olahraga ringan untuk pemula yang pertama adalah jalan kaki atau jogging. Jalan kaki atau jogging merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana karena tidak membutuhkan alat khusus dan dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Dibalik kesederhanaannya terdapat manfaat yang tidak bisa dianggap remeh yaitu salah satunya meningkatkan detak jantung.

Olahraga satu ini merupakan olahraga yang mudah dan bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Rutinlah jalan kaki minimal 20-30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sit Up

Olahraga Sit Up

Sama seperti jalan kaki, sit up merupakan olahraga yang dapat dimainkan dimana dan kapan saja. Posisi awal untuk gerakan ini adalah berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Atau kaki bisa dalam posisi lurus, posisi tangan bisa diluruskan kedepan, disilangkan didepan dada atau di ditekuk dengan posisi telapak tangan berada di belakang kepala. Setelah itu angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan badan hingga seperti posisi semula.

Namun untuk pemula kamu dapat melakukannya bersama teman kamu. Tugas teman kamu yaitu untuk menjaga ujung kaki kamu agar tidak bergerak dari tempatnya. Setelah kamu selasai, lakukan hal yang serupa pada teman kamu. Lakukan gerakan ini secara berulang. Sit up ini bermanfaat untuk melatih otot dibagian perut.

Push Up

Olahraga Push Up

Push up merupakan salah satu gerakan olahraga yang bisa melatih banyak area di tubuh. Gerakan awal push-up dimulai dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan, kemudian doronglah badan keatas dengan menggunakan kekuatan tangan dengan posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap. Setelah itu turunkan badan tanpa badan tersebut menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi kaki tetap lurus.

Namun bagi pemula, melakukan push up yang seperti itu biasanya bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu untuk pemula pertama-tama kamu bisa melakukan gerakan yang awal push up namun, gunakan lutut sebagai penyangga (lutut menyentuh lantai). Setelah itu lanjutkan gerakan yang serupa seperti push up pada umumnya tetapi tepat menjaga lutut sebagai peyangga.

Bersepeda

Olahraga Bersepeda

Selain untuk menyehatkan badan, bersepeda juga merupakan olahraga ringan yang dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih rileks. Sebaiknya jika kamu ingin bersepeda disarankan untuk melakukannya pada pagi hari.

Baca Juga :

Karena pada saat pagi hari kamu dapat menghirup udara-udara segar yang membuat kamu lebih rilek. Tak hanya itu, dengan menghirup udara segar dipagi hari juga bermanfaat untuk paru paru agar terhindar dari penyakit kanker.

Squat

Olahraga Squat

Olahraga ringan yang terakhir yaitu squat. Squat merupakan gerakan yang menggabungkan hampir semua otot di kaki dan inti tubuh. Cara melakukannya yaitu diawali dengan berdiri dengan posisi kaki sedikit lebih lebar dari pinggul, turunkan pinggul menjadi posisi jongkok dengan menekuk lutut dan menjaga punggung tetap rata, terus turunkan tubuh hingga paha sejajar pada posisi jongkok, jaga agar tumit tetap rata dengan lutut, lalu kembali ke posisi tegak.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved