8 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

Agar tubuh tetap bugar dan sehat, tubuh harus aktif secara fisik seperti melakukan olahraga. Salah satunya dapat kamu lakukan dengan olahraga bersepeda. Selain sebagai alat transportasi untuk bepergian, sepeda juga dapat anda manfaatkan untuk berolahraga. Bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah.

Olahraga ini dapat melatih otot tubuh seperti otot perut, paha, betis, dan kaki. Untuk menjaga kebugaran, sebaiknya berolahraga 3 kali seminggu dengan intensitas ringan hingga sedang selama 30 menit. Kegiatan ini dapat dilakukan pada pagi atau sore hari. Waktu di pagi hari merupakan waktu yang cocok untuk bersepeda karena udara pada saat itu lebih segar dibanding pada saat bersepeda pada saat sore hari. Untuk menghindari cedera pada otot saat bersepeda disarankan untuk pemanasan terlebih dahulu.

Manfaat Yang Di Dapat Dari Bersepeda

Manfaat Yang Di Dapat Dari Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

Bersepeda merupakan olahraga yang relatif ringan yang dapat dimainkan oleh semua kalangan. Meskipun ringan, bukan berarti aktivitas fisik ini tidak bermanfaat. Justru sebaliknya, banyak manfaat yang didapat dari bersepeda diantaranya.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan bersepeda secara rutin, akan mendapat manfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Ketika sedang bersepeda, maka otot kaki besar akan bekerja sehingga dapat membantu meningkatkan detak jantung.

Mencegah Diabetes

Bersepeda secara rutin akan membantu menurunkan risiko diabetes dan ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Bersepeda setiap hari selama lebih dari 30 menit akan menurunkan risiko diabetes hingga hampir 40 persen.

Memperkuat Otot

Ketika bersepeda, maka kaki akan terus mengayuh pedal agar sepeda tetap jalan dan terjaga keseimbanganya. Ketika mengayuh pedal otot-otot lengan dan kaki dipaksa untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda secara rutin juga dapat melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ketika imun tubuh seseorang kuat maka orang tersebut menjadi lebih sehat dan tidak rentan terhadap penyakit. Maka dari itu usahakan untuk melakukan bersepeda secara rutin dua kali seminggu untuk meningkatkan imun tubuh.

Menjaga Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan. Bersepeda dapat membantu turunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Dengan melakukan olahraga bersepeda mampu membakar 180-360 kalori untuk per 30 menitnya. Bersepeda juga dapat melatih otot-otot paha, dan juga meningkatkan tingkat metabolisme, sehingga mengurangi lemak perut.

Baca Juga :

Mengatasi Stress

Dengan bersepeda dapat membantu untuk mengatasi stress. Apalagi jika dilakukan di pagi hari, jika bersepeda ditaman dan pada saat pagi hari, maka akan menghirup udara segar dan pepohonan rindang memanjakan mata disepanjang jalan yang membuat kamu menjadi lebih rileks sehingga mengurangi rasa stress yang ada di pikiran.

Mengatasi Masalah Tidur (Insomnia)

Jika kamu sering mengalami insomnia, kamu dapat mencoba olahraga yang satu ini. Dengan bersepeda secara rutin maka akan mengatasi masalah tidur. Lakukan setidaknya 30 menit aktivitas bersepeda intensitas sedang pada pagi atau sore hari agar masalah tidurmu teratasi.

Mengurangi Resiko Kanker

Bersepeda di pagi hari akan menghirup udara segar yang baik untuk paru-paru. Hal tersebut akan membersihkan paru-paru dan menjauhkannya dari penyakit kanker.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved