Mengenal Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah ibukota Jakarta. Kota Surabaya juga merupakan ibu kota untuk Provinsi Jawa Timur yang menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak 800 km sebelah timur Jakarta, atau 435 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Letak kota ini berada di pantai utara Pulau Jawa bagian timur yang berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa.

Dikota yang memiliki luas wilayah 48.033 km persegi itu memiliki sebuah stadion yang bernama Gelora Bung Tomo. Stadion Gelora Bung Tomo atau disingkat GBT merupakan sebuah stadion serbaguna yang terletak di daerah Benowo, Surabaya. Stadion yang memiliki kapasitas sebanyak 55ribu penonton ini merupakan dari klub yang bermain di Liga 1 Indonesia yaitu, Persebaya Surabaya.

Profil Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo merupakan stadion yang dibangun atas lahan sekitar 100 hektare pada tahun 2008 oleh PT Isoplan. Nama stadion ini merupakan nama yang diambil tokoh pahlawan Nasional yaitu soetomo dengan tujuan untuk menghormati perjuangannya. Pada tahun 2010 Stadion Gelora Bung Tomo diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke 6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono dan stadion tersebut sudah dapat digunakan. Kabarnya dalam pembangunan stadion ini mengeluarkan biaya sekitar 452 miliar rupiah.

Pada tahun 2019 Stadion Gelora Bung Tomo mengalami renovasi. Renovasi dilakukan karena Stadion Gelora Bung Tomo terpilih sebagai salah satu venue dalam ajang Piala Dunia U-20. Dari renovasi tersebut menambahkan bangku di tribun VIP, penggantian seluruh rumput, pengecatan keliling stadion, dan perbaikan gedung. Sayangnya Piala Dunia U-20 batal diadakan di Indonesia karena adanya alasan politik.

Stadion ini menawarkan fasilitas sesuai dengan kelas penontonnya. Terdapat tiga kelas penonton yaitu Kelas Standar, VIP dan VVIP. Pada kelas standar, dudukan terbuat dari beton dengan tinggi 48 cm sehingga membuat kaki terasa nyaman saat menonton pertandingan yang diadakan di stadion tersebut. Pada kelas ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet. Bahkan, terdapat resto di lantai 1. Untuk kelas VIP memiliki 4.370 kuri yang tersebar di lantai 4 sampai 7 di sisi barat. Di kelas VIP juga sudah dilengkapi dengan Resto dan toilet.

Baca Juga :

Terdapat juga lintasan atletik 400 meter mengelilingi lapangan dengan delapan jalur lari. Adapun fasilitas lain adalah Stadion Indoor kapasitas 10.000 penonton. Ada juga lintasan drag race sepanjang 450 meter. Rumput yang digunakan di lapangan adalah jenis Zoysia Matrrella yang tergolong elastis dan memiliki akar yang kuat serta tidak licin apabila bersentuhan dengan pul sepatu pemain. Rumput ini merupakan rekomendasi FIFA untuk stadion yang berada di daerah tropis.

Stadion Gelora Bung Tomo memiliki sistem keamanan yang ketat. Sebelum masuk ke stadion para petugas akan melakukan pemeriksaan pada penonton untuk memastikan penonton tidak membawa barang yang berbahaya. Stadion ini dilengkapi 21 pintu masuk dengan dua akses ke tribun pada masing-masing pintunya. Di depan tribun paling bawah terdapat pembatas besi berbentuk T setinggi 1,5 meter sehingga aman serta terdapat parit pemisah antara tribun dengan lapangan selebar 3,75 meter yang mengecilkan kemungkinan penonton untuk mengakses area lapangan

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved