Mengenal Stadion Mandala Krida Sebagai Markas Klub PSIM Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta atau disingkat DIY merupakan provinsi tertua kedua di Indonesia setelah Jawa Timur, yang dibentuk oleh pemerintah negara bagian Indonesia. Selain memiliki Stadion Maguwoharjo Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki stadion lain yaitu Stadion Mandala Krida. Stadion Mandala Krida merupakan sebuah stadion yang terletak di Kota Yogyakarta Provinsi DIY. Stadion ini di kelilingi oleh tiga jalan yaitu sebelah timur adalah Jalan Gondosuli, sebelah selatan adalah Jalan Kenari, dan sebelah barat adalah Jalan Andung. Stadion Mandala Krida juga merupakan fasilitas Kegiatan Keolahragaan milik Pemerintah Daerah sekitar yang dikelola oleh Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Dikpora DIY.

Profil Stadion Mandala Krida

Stadion Mandala Krida merupakan stadion yang dibangun pada tahun 1976. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2013 hingga 2019 Stadion Mandala Krida direnovasi. Dalam proses renovasi tersebut menghabiskan biaya sekitar 158 miliar rupiah. Stadion yang berkapasitas 30.000 penonton ini merupakan markas dari klub PSIM Yogyakarta. Selain PSIM Yogyakarta, PSS Sleman juga sempat menggunakan stadion ini selama dua musim kompetisi yaitu pada Divisi Utama Liga Indonesia 2002 dan Divisi Utama Liga Indonesia 2003.

Terdapat beberapa pertandingan yang pernah diselenggarakan di Stadion Mandala Yogyakarta ini. Diantaranya pertandingan empat besar dalam event olahraga Liga Medco di tahun 2008 lalu. Ada dua musim kompetisi yang pernah dilakukan oleh PSS Sleman di Stadion Mandala, yaitu Divisi Utama Liga Indonesia pada tahun 2002 dan tahun 2003.

Tidak hanya untuk pertandingan/kegiatan olahraganya sepak bola saja. Tapi Stadion Mandala Krida juga bisa digunakan untuk latihan, bagi masyarakat yang ingin berlatih olahraga di sana. Misalnya latihan atletik/jogging, latihan basket, latihan panjat tebing, latihan sepatu roda serta kegiatan non olahraga seperti Pameran, Bazar, Pentas Musik dan Upacara.

Baca Juga :

Pada tahun 2020 Stadion ini mengalami renovasi kembali. Kabarnya renovasi kali ini menelan biaya hingga 60 miliar rupiah guna melengkapi sarana yang ada di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Prambudi Setiono selaku Kepala Seksi Sosbud Bidang Anggaran Belanja Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) DIY mengatakan anggaran tersebut akan dialokasikan mencakup pemasangan lampu di tribune sisi barat dan timur, single seat, scoring board digital, serta penyediaan empat ruang ganti.

Dikarenakan stadion ini belum memiliki ruangan VIP dan VVIP, maka pada renovasi ini akan ditambahkan ruangan tersebut. Karena jika terdapat pertandingan internasional maka harus disediakan ruangan tersebut.Selain itu, toilet yang tersedia di Stadion Mandala juga belum terbilang mewah seperti stadion lainnya di beberapa daerah di Indonesia yang telah bertaraf internasional. Belum lagi daya lampu di lapangan yang juga masih dianggap kurang. Bagi suatu pertandingan kelas dunia, daya lampu menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Ditambah lagi dengan kondisi rumput yang digunakan di lapangan sepak bola terbilang masih belum bagus.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved