Pemasangan Papan Pantul Basket NBA di Sekolah Jakarta Barat

Postingan kali ini kembali tentang pemasangan papan pantul basket dengan standar internasional menggunakan material tempered glass di salah satu sekolah swasta di Jakarta Barat. Sekolah ini sebenarnya sudah punya tiang basket dan papan pantul basket.  Setelah disurvey, tiang masih bagus namun papan pantul kondisinya sudah tidak baik karena memang  berbahan campuran triplek dan fiberglass.

Papan Pantul Basket Lama - Sisi Lapangan 1

 
Bahan papan pantul ini sering disebut juga fiberglass, meskin tidaklah 100% fiberglass, melainkan hanya 50%. Biasanya bagian sisi luar saja dilapisi masing-masing fiberglass 5s/d 6 mm. Sedangkan inti biasanya triplek/multiplek.

 

Papan Pantul Basket Lama - Sisi Lapangan 2



Sehingga saat dipasang di luar ruangan, papan pantul basket dengan material fiberglass umumnya cepat retak. Belum terhitung lagi tingginya kelembapan udara di daerah tropis di Indonesia.

Tampilan samping papan pantul basket lama di ujung sisi 1

Setelah survery dan negosiasi harga, akhirnya costumer memesan papan pantul basket tempered glass tebal 12 mm yang ukurannya sesuai standar FIBA. Spesifikasinya bisa dicek di SINI . 

Selain material, costumer juga memberikan permintaan warna frame dan padding dan cutting sticker  untuk logo sekolah.


Pengerjaan terlebih dahulu dikerjakan di sisi ujung 2, dimana ujung tiang akan dimodifikasi supaya tinggi ring basket 3 meter 5 cm sesuai standar. Pengerjaan ternyata menemui kendala karena ternyata tiang tersebut diisi cor semen. Pengerjaan yang harusnya hanya memakan waktu 4 jam, malah bertambah menjadi 8 jam.

Penggantian papan pantul basket standar NBA di sisi ujung 1


Penggantian ujung sisi 1 akhirnya dilakukan saat hampir tengah malam.

papan pantul basket NBA
Papan pantul basket terpasang di ujung sisi 1

Pengerjaan semuanya akhirnya beres jam 3 pagi.

ring basket standar FIBA
Papan pantul basket standar internasional dipasang di sekolah


© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved