PERUBAHAN / EVOLUSI BAHAN BOLA BASKET DAN MODELNYA DARI MASA KE MASA

 Ketika mengunjungi toko olahraga basket, Anda akan melihat berbagai merek bola basket, berbagai desain, bahkan harga bervariasi. Bola basket juga tersedia dalam berbagai ukuran tergantung kelompok umur yang akan menggunakannya. 

Saat ini, sebagian besar bola basket adalah karet dan terbuat dari kulit, karet, atau komposit sintetis. Skema warna tradisional bola basket adalah kecoklatan dengan permukaan oranye. Ia memiliki rusuk hitam, dan logo. Tetapi sebelum desain yang kita lihat sekarang, bola basket di tahun-tahun sebelumnya terlihat berbeda.

BOLA BASKET TERBUAT DARI BAHAN
Contoh perubahan bola dari olahraga basket

Pada tahun 1981, James Naismith, seorang guru Pendidikan Olahraga dan Jasmani, diinstruksikan oleh ketua departemen olahraga di Universitas Springfield, untuk membuat permainan baru bagi para atlet sekolah di musim dingin. Saat itulah permainan bola basket dimulai. Permainan bola basket pertama kali dimainkan dengan menggunakan bola dari olahraga sepakbola.

bola basket pertama
Tampilan bola basket pertama dari bola


Nah, baru 3 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1894, Naismith menghubungi AG Spalding and Bros untuk membuat bola khusus untuk pertandingan basket. Perusahaan tersebut membuat bola kulit yang disatukan dengan tali. Beratnya lebih ringan dari 566 gram dibandingkan dengan berat bola olahraga sepakbola saat itu. Lingkar bola basket yang baru dibuat saat itu 32 inci, yang 4 inci lebih besar dari bola sepak.

Lalu, pada tahun 1948, versi cetakan dari bola basket awal ditemukan. Bola tersebut memiliki lingkar yang lebih kecil yaitu 30 inci, yang menjadi resmi pada tahun 1949.

Dari tahun 1967 hingga 1970-an, American Basketball Association menggunakan bola basket merah, putih, dan biru. Pada tahun 1970, desain bola basket kembali disempurnakan. Empat panel tradisionalnya menjadi delapan. NBA menjadikannya desain bola resmi mereka pada saat itu. .

Pada tahun 1983, NBA mengadaptasi bola kulit full-grain Spalding sebagai bola resminya. Kulit adalah bahan tradisional untuk bola basket. Namun di akhir tahun 1990-an, bahan seperti sintetis digunakan. Bahan tersebut lebih tahan lama dibandingkan dengan kulit, terutama dalam permainan hash outdoor kondisi.

Selama bertahun-tahun, bola basket terus ditingkatkan dan dibangun untuk digunakan dengan ring dalam ruangan dan juga ring basket portabel terbaik untuk jalan masuk. Salah satu peningkatannya adalah bola basket Hole-In-One yang memiliki lesung yang mirip dengan bola emas. Lesung kecil pada bola membantu para pemain untuk menepuknya dengan mudah. ​​Peningkatan lainnya adalah kulit terluar dari bola basket dibuat dengan menggunakan polyurethane penyerap keringat.

Sedangkan spalding memiliki perkembangan tersendiri seperti membuat bola basket berwarna orange dan putih yang memiliki pelapis komposit microfiber.

bola basket
Contoh model bola basket dari masa ke masa

Pada 2001, Spalding menghadirkan bola basket yang memiliki pompa built-in. Pada 2006, mereka kembali memperbarui fitur bola. Dari delapan panel standar, menjadi dua panel yang saling mengunci.

Saat ini, berbagai gaya dan merek bola basket tersedia di pasaran, tetapi berikut adalah beberapa produsen bola basket terkenal dalam sejarah.


Spalding
Seperti yang dikemukakan sebelumnya, Spalding adalah perusahaan pertama yang memproduksi bola basket untuk penggunaan resmi, telah memproduksi bola resmi game NBA sejak tahun 1983. Selain itu, mereka juga memproduksi bola basket untuk Women National Basketball Association dan NBA Development League. penyedia resmi untuk kompetisi Euroleague dan Eurocup pada tahun 2012, dan pemasok baru untuk National Basketball League di Australia pada tahun 2010.

Molten
Molten adalah pabrikan barang Jepang dan merupakan penyedia resmi bola permainan untuk semua kejuaraan dunia FIBA, acara FIBA ​​Asia, dan banyak liga domestik. Molten juga menyediakan bola untuk kompetisi seluruh Eropa dari tahun 2006 hingga 2007.

Wilson
Wilson adalah pemasok bola resmi dari semua turnamen postseason National Collegiate Athletic Association (NCAA). Wilson juga memasok bola untuk semua kompetisi 3 × 3 yang dioperasikan oleh FIBA ​​mulai tahun 2003.

Rawlings
Rawlings telah memproduksi bola basket sejak 1902. Ia dikenal karena memproduksi bola dengan sepuluh panel bersama dengan bola tradisional 8 panel. Bola basket TEN adalah bola resmi Amatir Athletic Union. Ini adalah turnamen bola basket 3-on-3 terbesar di dunia. Amerika Serikat.

Nike

Sejak 2007, Nike memiliki kontrak produksi bola basket untuk Euroleague Basketball Company. Namun pada 2012, beralih ke Spalding. Di Filipina, Nike 4005 Tournament Balls digunakan di NCAA dan UAAP.

Keyword:

EVOLUSI  BOLA BASKET, MODEL BOLA BASKET, JENIS BOLA BASKET, BOLA BASKET, PERUBAHAN MODEL BOLA BASKET, BAHAN BOLA BASKET ADALAH, BOLA BASKET TERBUAT

Tidak ada komentar: