Arti Fast Break dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Fast Break

 ring-basket.com -- Dalam permainan bola basket ada kondisi serangan balik. Serangan balik dalam bola basket dinamakan fast break. Fast break adalah salah satu pola penyerangan dalam permainan bola basket. Selain fast break, di dalam bola basket juga terdapat pola penyerangan bebas, penyerangan berpola, dan juga penyerangan kilat berpola. Kali ini akan dijelaskan apa itu fast break atau serangan balik dalam bola basket.
 

Pengertian Fast Break

 Fast break  merupakan istilah  dalam  permainan / pertandingan bola basket di mana terjadi transisi dengan cepat dari pertahanan hingga pelanggaran dengan membuat pass cepat, sehingga  mudah membukukan skor dengan mudah, baik dengan lay up atau dunk.

Fast break dimulai dengan kesalahan oleh lawan, seperti tembakan gagal. atau operan yang salah / bisa diblok. Namun, untuk memaksimalkan fast brak, harus memanfaatkan kesalahan lawan mereka. Segera setelah mereka mendapatkan bola, tim harus dengan cepat melewati bola, dan semua pemain tim penyerang harus lari ke area depan untuk memberikan opsi yang lewat kepada rekan satu tim mereka.


Tujuan berlari dan mengoper secepat mungkin adalah  menghindari penjagaan lawan dan memanfaatkan lawan yang tidak terorganisasi, sehingga mudah saja melakukan layup atau dunk.

Fast break banyak dipraktikkan oleh tim semua tingkatan dan merupakan bagian yang sangat penting dari permainan basket. Contohnya adalah Anda dapat mendengar analis dan spesialis berbicara tentang point yang didapatkan sebuah tim dari fast break  atau efisiensi fast break, yang kedua statistik yang digunakan untuk membandingkan tim.


 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Fast Break

Pola penyerangan ini membutuhkan akurasi umpan, kecepatan, dan kecerdasan membaca situasi di lapangan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan fast break, seperti dikutip dari laman Jr NBA Asia. 


Selalu berusaha untuk berlari

Defensive rebound merupakan peluang emas untuk melakukan serangan balik atau fast break. Hal ini karena pemain dari tim lawan biasanya belum menempati posisinya. Ketika mendapatkan bola, lakukanlah dribble sambil berlari kemudian berikan umpan kepada rekan setim yang menerobos pertahanan lawan (mendekat ke ring).

Mengoper bola

Agar bola bisa bergerak secepat mungkin, lakukanlah umpan atau passing, jangan men-dribble bola terus menerus.


Kenali taktik tim

 Fast break atau serangan balik juga membutuhkan transisi dari bertahan ke menyerang secara cepat. Oleh sebab itu, kenalilah taktik tim sebaik mungkin. Selain itu, pemain yang membawa bola (melakukan rebound) juga harus bisa melihat pergerakan pemain lainnya secara cermat. 


Buat keputusan secara cepat 

Dalam melakukan fast break, keputusan harus diambil secara cepat dan tepat, terutama saat melakukan rebound lalu mengumpan yang diakhiri dengan shooting. Jika menunda bahkan setengah detik saja, peluang mengoper atau mencetak angka bisa saja akan hilang.
 

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved