Skipping : Pengertian, Sejarah, Cara Memilik dan Daftar Harga Peralatan Skipping Untuk Latihan Lompat Tali

ring-basket.com -- Lompat tali atau yang kerap disebut skipping ialah salah satu jenis latihan . olahraga  yang diyakini efektif untuk  menurunkan berat badan.

Pengertian Skipping

Skipping merupakan suatu aktivitas penggunaan tali yang dipegang dengan kedua tangan lalu diayunkan melewati kepala hingga kaki sambil melompatinya. Olahraga yang satu ini dapat menjaga kesehatan sekaligus menambah kekuatan pada tubuh.

Olahraga skipping juga tergolong mudah karena dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun kamu mau.

Skipping atau lompat tali merupakan salah satu menu latihan yang disarankan bagi pemain basket. Selain untuk menjaga kebugaran, juga diangggap menguatkan kaki dan membuat pergelangan kaki lebih elastis. Beberapa contoh latihan ini bisa dilipat di artikel 5 Latihan Lompat Tali untuk Meningkatkan Kecepatan Para Pemain Basket

 

Sejarah Skipping


Setelah mengetahui pengertian dan manfaat skipping / lompat tali , kini saatnya  mengulik bagaimana sejarah singkat skipping atau lompat tali. Lompat tali atau skipping hingga kini belum jelas dari mana asal muasalnya.
banner-promo-gramedia

Namun, banyak pihak meyakini bahwa permainan atau olahraga skipping populer di tahun 70-an hingga 80-an. Lompat tali diduga berasal dari Eropa dan dibawa ke Nusantara pada zaman kolonial. Pada masa itu, anak-anak Belanda masa penjajahan memainkan permainan ini.

Di Belanda, permainan lompat tali dilakukan oleh tiga orang, dua orang memegang tali dan satu orang melompat di antara putaran tali. Kemudian di wilayah Eropa lainnya, permainan ini juga bisa dimainkan oleh satu orang ketika sedang berolahraga.


Meski belum jelas bagaimana asal mula permainan ini, beberapa pihak meyakini permainan lompat tali sudah dimainkan sejak 1.600 tahun sebelum Masehi di Mesir. Argumen lainnya menyatakan bahwa lompat tali berasal dari China hingga dataran Jepang.

Namun, ada pula yang berpendapat bahwa lompat tali sudah dimainkan secara turun-temurun oleh suku Aborigin di Australia. Mereka menggunakan media tanaman merambat dan bambu yang ada di hutan untuk memainkan permainan lompat tali.

Dalam padanan bahasa Inggris, permainan ini disebut skipping rope. Di Indonesia, istilah tersebut merujuk pada olahraga skipping atau melompat dengan tali yang diayun melewati kepala dan kaki.

Di Indonesia, permainan lompat tali sudah tidak asing lagi karena kamu bisa menemukannya hampir di seluruh penjuru tanah air meskipun dengan nama yang berbeda-beda. Lompat tali atau skipping di Indonesia identik sebagai permainan anak perempuan. Di daerah Riau, permainan lompat tali disebut Yeye sebagai simbol tali kebebasan dan lompat.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Lompat Tali / skipping

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat lompat tali. Bagian berikut akan menguraikan ini secara lebih rinci.

Perhatikan detak jantung

Tahap awal, penting untuk memilih latihan lompat tali yang mendapatkan detak jantung di zona intensitas sedang.

Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, denyut jantung target untuk aktivitas fisik intensitas sedang adalah 64–76% dari detak jantung maksimum seseorang.  Detak jantung maksimum seseorang tergantung pada beberapa faktor, termasuk usia dan tingkat kebugaran mereka.

Untuk memperkirakan detak jantung terkait usia maksimum mereka, orang dapat mengurangi usia mereka dari 220.


Ini berarti bahwa untuk seseorang yang berusia 30 tahun, detak jantung maksimum mereka adalah sekitar 190 denyut per menit (bpm). Dengan demikian, target detak jantung mereka untuk aktivitas fisik intensitas sedang adalah 122-144 bpm.
Seseorang dapat memeriksa denyut nadi mereka di pergelangan tangan atau leher mereka untuk menentukan detak jantung mereka.


Memilih teknik

Orang bisa lompat tali dengan kedua kaki, atau mereka bisa melompat dengan satu kaki lalu beralih ke kaki lainnya.


Bagaimana menemukan panjang tali yang tepat?

Seseorang dapat mengukur panjang tali dalam kaitannya dengan tubuhnya untuk menentukan panjang tali lompat yang sesuai.
Mereka dapat melakukan ini dengan memegang pegangan tali dan berdiri dengan satu kaki di tengah tali, menarik pegangan ke atas untuk meluruskan tali di samping tubuh. Pegangan harus mencapai ketiak. 


 Umumnya, banyak skipping di pasaran memiliki panjang 3 meter. Namun, banyak pemula mungkin merasa lebih nyaman menggunakan tali yang sedikit lebih panjang.

Bagaimana memilih Skipping

Beberapa fitur yang dapat dipertimbangkan seseorang ketika mencari lompat tali antara lain:

  1. Panjang: Tali memiliki panjang yang berbeda, dan orang harus memilih yang sesuai dengan tinggi badan mereka. Mereka juga harus memeriksa apakah mereka dapat menyesuaikan tali.
  2. Level: Tali yang berbeda cocok untuk tingkat kebugaran yang berbeda. Beberapa perusahaan menawarkan pilihan beban untuk pemula dan pelatih tingkat lanjut. Yang lain menjual produk yang mungkin juga cocok untuk anak-anak.
  3. Aksesori: Beberapa produk dilengkapi dengan tas jinjing, menjadikannya pilihan yang baik untuk orang yang bepergian atau ingin berlatih di gym. Ada pula yang menyediakan counter (penghitung jumlah lompatan) yang dipasang di gagang. Tersedia pilihan digital dan analog.


Sebelum melakukan pembelian, seseorang juga harus memeriksa permukaan di mana mereka berencana untuk melompat. Beberapa perusahaan merekomendasikan berolahraga di permukaan yang halus supaya tali lebih awet.

Contoh Skipping  dan Harga Skipping di Pasaran

Berikut ini adalah beberapa skipping yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Skipping / Jump Rope Li-Ning


Cocok untuk semua level keahlian dan pengalaman lompat tali.  Lompat tali ini adalah pilihan yang bagus, dan mudah digunakan. Tali terbuat dari PVC, dan pegangannya dilapisi busa. Panjang tali adalah 3 meter, tetapi diperpendek jika mau. Tali ini cocok untuk pelompat pemula dan berpengalaman.

Harga skipping 56RB (Harga dan diskon  bisa berubah sewaktu-waktu)

Link pembelian :

2. Skipping Kettler


 

Tali skipping untuk lompat tali. kualitas bagus, menggunakan lahar sehingga putaran smooth dan busa pegangan kualitas bagus sehingga nyaman digenggam tangan.
Panjang tali : +/- 275 cm (2,75 m)
Warna tersedia : PURPLE dan BLUE 

Tali bisa diperpendek jika dibutuhkan. 

Harga skipping Ketller mulai dari 55RB s/d 125RB



3. Skipping Kettler dengan Counter


 

Skipping ini dilengkapi dengan counter canggih. Counter ditampilkan secara digital.
Warna : BLUE dan PURPLE
Panjang Tali : +/-3m dan dengan mudah bisa diatur panjang nya sesuai dengan kebutuhan.

Dapat menghitung:
- Jumlah Lompatan
- Lama Lompatan dan Count down
- Jumlah Energy Calori yang sudah terbuang (dengan memasukkan angka berat badan anda)

Estimasi harga produk ini mulai dari 150RB sampang 200RB di pasaran.


4. Skipping  Murah dengan Counter Analog


 Skipping ini umumnya tanpa merek, kalau pun ada mereknya ya acak saja. Harganya di pasaran mulai dari 10RB s/d 25RB. Gagang plastik, dan sudah dilengkapi dengan penghitung jumlah lompatan. Gagang menggunakan PVC dan panjang tali 2,8 meter. 

Counter 3 digit, jadi maksimal hitung 999. Dilengkapi tombol reset.

 


© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved