Kilasan dan Hasil Pertandingan Bola Basket IBL Tokopedia 2022 Lanjutan Tanggal 14 Maret 2022

ring-basket.com -- Liga bola basket  Indonesia, IBL Tokopedia  2022  berlanjut kembali di hari ke  12 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Matchday tanggal 14  Maret yang  dilangsungkan 5 pertandingan yang dimulai sejak pukul 10. 45 WIB. 

Tangerang Hawks 52 vs 43 Indonesia Patriots

 
Kuarter pertama, Tangerang Hawks  tampil dominan sejak awal kuarter. Mereka pun unggul dengan selisih delapan angka pada akhir kuarter pertama dengan skor 15-7.

Kuarter kedua, pertandingan berjalan sangat alot. Kedua tim sama-sama sering buang-buang peluang menorehkan poin dari lemparan tiga angka. Baik Hawks  dan Patriots sama-sama bertahan dengan baik dan cukup banyak melakukan blok pada lemparan lawan. Namun, Tim Garuda Muda bisa mendapatkan angka lebih banyak meski tetap tertinggal 17 - 22 pada akhir kuarter kedua.

Kuarter tiga, Hawks menaikkan tempo permainan dengan passing-passing cepat dan akurat yang mereka lakukan. Strategi itu pun sukses membuat Patriort kewalahan sehingga tak mampu bertahan dengan solid.  Momen tersebut pun dimanfaatkan dengan baik oeh para pemain Hawks. Berkat aksi gemilang Richard David Ross Jr. mereka menutup kuarter ketiga di angka 40-28.


Pada kuarter terakhir, pertandingan cukup seru terjadi. Kedua tim saling jual beli serangan dan bergantian mencetak skor yang berlangsung dalam tempo yang cepat. Meski demikian, hingga akhir pertandingan Patriots tak mampu mengejar ketertinggalan mereka. Alhasil, Hawks mengunci kemenangan pada kuarter keempat dengan skor 52-43.


Satya Wacana Salatiga 60 vs 78 SM Pertamina

 Kuarter pertama bergulir, Satria Muda langsung menunjukan tanda-tanda mendominasi permainan. Mereka dengan mudah mencetak angka demi angka ke keranjang lawan lewat aksi cemerlang Elijah Johad Foster. Terus menekan, Satria Muda membuat Satya Wacana tak bisa berbuat banyak. Mereka pun unggul pada akhir kuarter pertama 20-13.

Kuarter kedua, Satya Wacana mampu memberikan perlawanan sengit pada Satria Muda. Kedua tim saling jual beli serangan dan silih berganti menambah angka hingga sama-sama menorehkan 16 poin. Dengan begitu, tim besutan Youbel Sondakh masih unggul dengan selisih tiga setengah bola pada akhir kuarter kedua, 36-29.

Memasuki kuarter ketiga, Antoni Erga dan kolega kembali memegang kendali permainan. Mereka pun bermain sangat efektif ketika mendapatkan kesempatan menambah angka sehingga terus menjauh dari kejaran Satya Wacana. Kuarter ketiga pun ditutup dengan keunggulan tim ibu kota dengan skor 57- 45.

Pada kuarter terakhir, Satria Muda tak mengendurkan serangan. Mereka terus memberikan tekanan pada lawan yang nampak sudah kehabisan stamina. Satria Muda mengunci kemenangan dengan skor 60-78 atas Satya Wacana di ajang IBL 2022.


RANS PIK 66 vs 64 Hangtuah Jakarta

 Kuarter pertama, Hangtuah sebenarnya lebih baik daripada RANS. Hangtuah memasukkan 5 tembakan dari 14 attempt. Namun RANS lebih unggul karena jumlah free throw mereka. Jadi RANS hanya unggul 1 poin saja dari Hangtuah.  RANS PIK Basketball bermain cukup baik. Mereka unggul 13-12 atas Amartha Hangtuah Jakarta di kuarter pertama.

 


 
Kuarter kedua, Hangtuah menunjukkan kemampuan mereka dalam menyerang. Evly Rondonuwu mencetak 11 angka untuk Hangtuah. Sevly memasukkan 3 three point dari 6 attempt. Stevan Neno dan Fisyaiful Amir masing-masing mencetak 6 poin. Anton Waters menambahkan 6 poin. Di kuarter kedua ini, Hangtuah memasukkan 6 three point dari 9 attempt.  Mereka memasukkan 29 poin dengan field goals precentage sebesar 61,1%. Hangtuah unggul 41-19 saat turun minum.

Kuarter tiga, keunggulan 22 poin milik Hangtuah perlahan mulai terkikis. Saat kuarter ketiga berjalan lima menit, margin poin terpangkas hingga tersisa 13 angka (32-45). RANS lebih rajin menyerang. Sebaliknya, akurasi tembakan Hangtuah turun drastis. Tidak seperti di first half. Saat waktu tersisa dua menit, Akeem Scott kembali mengejutkan Hangtuah. Pemain veteran tersebut mencetak empat angka berturut-turut. Puncaknya, Akeem memberikan assist kepada Bima Riski Ardiansyah untuk membuat tembaka three point. RANS hanya terpaut 4 angka (44-48). Namun kuarter ketiga ditutup dengan skor 50-44, untuk keunggulan Hangtuah.

Kuarter empat, Hangtuah langsung agresif dengan tembakan 3 poin Gunawan dan Lay Up Walters. Namun RANS juga tidak mau menyerah, setelah itu giliran mereka yang mencetak angka.  41 detik sis waktu, kedudukan 61-61 sama kuat. RANS sempat unggul dengan 2 angka karena free throw dari Scott. Langsung dibalas tembakan 3 point Gunawan, 64-64. 4 Detik sebelum habis dan kemungkinan perpanjangan waktu, A. Salim mencetak 2 angka untuk RANS PIK. 66 - 64, sebuah usaha luar biasa dari RANS PIK menjelang akhir pertandingan.


Bali United 68  vs 90 Pelita Jaya Jakarta

 Kuarter pertama, Bali United awalnya bisa mengimbangi permainan Pelita Jaya. Namun tenaga mereka seperti habis di menit-menit akhir. Karena sejak unggul 18-16, Pelita Jaya tidak terbendung. Mereka bisa mencetak dua kali three point dari Dior Lowhorn dan M. Hardian Wicaksono. Ini membawa Pelita Jaya unggul 24-16. Di sisa waktu kuarter pertama, Pelita Jaya melengkapi keunggulan menjadi 28-16.

Kuarter dua, performa dari Pelita jaya  menurun. Karena mereka hanya memasukkan 5 tembakan dari total 20 attempt yang diciptakan. Akurasi three point juga tidak sebagus kuarter pertama. Di kuarter kedua, PJ hanya memasukkan 1 three point dari 7 attempt. Tapi PJ berhasil memasukkan semua bola free throw yang mereka dapatkan. Namun, Bali United tidak mampu memaksimalkan situasi ini. Mereka tetap kesulitan menembus pertahanan PJ. Padahal ditengah kebuntuan PJ, Bali United bisa memangkas margin lebih banyak lagi. Namun di akhir kuarter kedua, PJ tetap unggul dengan 11 angka. 43-34 untuk Pelita Jaya


Kuarter tiga, Pelita Jaya kembali dengan serangan yang lebih baik. Tanpa ampun mereka menghajar Bali United dengan tambahan 26 angka.  Dari keunggulan 11 angka, mereka langsung meningkatkan margin hingga 19 angka (53-34). Tak sampai di situ, PJ mampu memperlebar jarak poin hingga 23 angka (40 - 63).

Kuarter empat, Pelita jaya langsung membuka skor lewat Kosasih. Pelita Jaya tidak mengendurkan polanya. Bali United berusaha mengimbangi. Hasilnya mereka berhasil mengemas tambahan 28 angka. Sementara Pelita Jaya kalah tipis dengan angka yang didulang 27 point. Skor akgir 68 - 90 untuk kemenangan Dari Bali United.


Evos Thunder Bogor 53 vs 67 NSH Mountain Gold Timika

Kuarter pertama dimulai, sudah tampak jika NSH mampu menguasai jalannya laga. Dalam waktu lima menit saja, mereka sudah merebut keunggulan dengan skor 9-4. Tertinggal, Evos mencoba untuk memberikan perlawanan. Namun, upaya mereka tak membuahkan hasil, akibat serangan NSH yang agresif, sehingga mereka menutup kuarter pertama dengan angka cukup jauh, 22-12.

Kuarter kedua, NSH  dapat mematikan serangan Evos, sehingga mampu memperlebar keunggulannya menjadi 30-16. Setelah itu, Evos terus bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan. Hanya saja, serangan mereka kurang efisien. Hal itu memberikan jalan untuk NSH menjaga keunggulan di penghujung kuarter kedua, 37-24.

Serangan Evos masih belum berkembang pada kuarter ketiga. Hal tersebut membuat mereka semakin berada di belakang NSH dan makin sulit mengejar ketertinggalan 47-33. Pergerakan Evos benar-benar dibatasi oleh para pemain NSH. Hal tersebut pun membuat NSH mampu memperlebar keunggulannya pada akhir kuarter ketiga dengan skor 57-47.

Kuarter keempat, Evos memang berusaha untuk memberikan perlawanan, tetapi NSH tetap berada di depan, dengan keunggulan 60-44. NSH tampak tak terbendung sepanjang sisa pertandingan. Mereka mampu melemparkan sejumlah tembakan akurat. Hal tersebut membuat NSH mengakhiri laga dengan kemenangan 67-53.




Foto : RANS PIK  vs  Hangtuah Jakarta (iblindonesia.com



© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved