Golden State Warrios Juara NBA

Pertandingan keenam dari  final kompetisi bola basket Amerika (NBA) di Boston pada Jumat (17/6/2022) pagi WIB menjadi penentuan Warriors merengkuh trofi juara NBA keempat keempat kalinya dalam delapan musim terakhir.  Kemenangan ini membuat Warriors mengakhiri final berformat best of seven itu pada kedudukan 4-2. Musim sebelumnya NBA dijuarai oleh Milwaukee Bucks.

Stephen Curry memimpin Warriors yang menjadi tim tamu dengan 34 poin, tujuh assist, dan tujuh rebound. Ia pun mengangkat trofi juara NBA yang keempat kalinya.

"Saya bangga sekali kepada tim kami," kata Curry yang emosional setelah menjuarai lagi NBA seperti dikutip Reuters, Jumat. "Pada awal musim tidak ada yang mengira kami akan berada di sini kecuali semua orang di lapangan ini."

Kemenangan ini merupakan ajang kembali yang luar biasa yang dilakukan Warriors setelah absen dalam babak playoff dua musim terakhir akibat banyak pemain cedera. Warriors menaklukkan Boston Celtics setelah lebih dulu mengakhiri perjalanan Denver Nuggets, Memphis Grizzlies, dan Dallas Mavericks, dalam upaya merebut kembali trofi Larry O'Brien.

"Kami sempat sangat jauh dari itu," jelas Curry."Kami sempat mencapai titik terendah akibat cedera dan jalan panjang pekerjaan di depan mata dan berusaha mengisi bagian yang tepat serta orang yang tepat. Anda tidak pernah bisa meraih ini begitu saja karena Anda tak pernah tahu kapan Anda akan kembali ke sini."


Ini adalah total gelar juara NBA ketujuh Warriors yang didirikan di Philadelphia pada 1946 silam sebagai salah satu anggota awal Asosiasi Bola Basket Amerika Serikat. Warriors juga merebut gelar juara NBA pertama pada musim 1946/1947.

Bintang Golden State Warriors Stephen Curry akhirnya jadi MVP final NBA usai membawa timnya menjadi juara musim 2021/2022. Raihan ini melengkapi koleksi trofi miliknya.
 

Pada tiga gelar sebelumnya, Curry harus merelakan kehormatan kepada rekan. Andre Iguodala dipilih pada 2015 karena dinilai sukses menghentikan bintang lawan LeBron James. Sementara Kevin Durant membawa pulang gelar 2017 dan 2018.

MVP final NBA melengkapi koleksi trofi Curry. Pemain berusia 34 tahun itu sebelumnya sudah mengoleksi dua MVP musim reguler, MVP All-Star, masuk All-Star delapan kali, pemain tersubur dalam semusim dua kali, serta memimpin pencetak tiga angka terbanyak sepanjang sejarah.

© Copyright 2018 BOLA DAN RING BASKET - All Rights Reserved