Semifinal IBL Tokopedia 2022 - Laga Kedua

 Minggu, 21 Agustus,  Empat tim terbaik  IBL 2022 Prawira Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, dan West Bandits Combiphar Solo, bertanding kembali untuk laga kedua Semifinal IBL Tokopedia 2022.

 Prawira Bandung vs SM Pertamina

Kuarter pertama, Prawira membuka skor lewat tembakan 3 angka Yudha. Point guard muda ini bermain luar biasa pada kuarter dengan menghasilkan 11 angka bagi timnya lewat tiga tembakan tiga angka dan duafree throw. Laga seru kuarter pertama berakhir dengan keunggulan dua angka Prawira, 21-19.

Three points Avan Seputra dan free throw Brachon Griffin langsung membawa Satria Muda memimpin diawal kuarter kedua, 26-21. Miles Jr membuka dua angka Prawira. Foster dan three points Arki membuat Satria Muda menjauh. Miles membalas dengan dua angka dibayar tunai oleh Foster 33-25.  Technical foul untuk Arki dimanfaatkan Yudha dengan dua lemparan bebas. Kenneth Wormley dan Abraham memperkecil selisih, Satria Muda tinggal ungul tiga angka 33-30. Wormley makin menipiskan selisih tinggal satu angka saat babak pertama tersisa 21:58 detik. Tak ada angka tercipta, babak pertama Satria Muda memimpin 33-32.


Kuarter tiga, Yudha membuka dengan tiga angka dan membuat Prawira langsung memimpin pada kuarter ketiga sebelum Avan membalas juga dengan tiga angka. Stau free throw Pandu menyamakan keduduakn 36-36. Three points play Miles membuat Prawira unggul. Prawira terus melesat lewat Yudha dan Miles, 43-36. Foster dan Avan memperkecil marjin. Free throw Arki, Griffin dan Antoni Erga membalikkan keunggulan Satria Muda.  Dua angka Wormley dijawab dua angka pula oleh Laurentius Steven Oei disusul angka dari Griffin membuat Satria Muda memimpin 50-45 diwaktu tersisa satu menit. Satu free throw Rizal Falconi menutup kuarter ketiga, 51-45.

Kuarter terakhir, Free throw Miles dibalas dua angka Laurentius membuka awal kuarter ini.  Underbasket Wormley dibalas tiga poin Sandy. Abraham mencetak three points plat dibalas dua angka Laurentius. Miles kembali mencetak poin dari free throw. Lima menit akhir Satria Muda memimpin tujuh angka, 60-53. Foster menjauhkan jarak, 64-53. Buzzer tim three points Falconi menambah angka Satria Muda, 68-53. Driving Arki dan three points makin mengamankan posisi Satria Muda yang akhirnya menang 73-54.

Avan mencatat 16 angka diikuti Foster dengan 13 poin dan Arki yang mengemas 12 angka. Dari Prawira , Yudha mengemas 17 angka dan Miles Jr menyumbang 16 poin.

Hasil kemenangan langsung 2 game ini membuat Satria Muda Pertamina berhasil melangkah ke babak final IBL 2022.


Pelita Jaya vs West Bandits Combiphar Solo


Kuarter peratama, dibuka dengan skor dari pemain West bandits, Sameen Swint. Namun setelah itu Pelita  Jaya yang mendikte jalannya laga.  Kemudian menginjak menit keenam, three point play dari Hendrick Xavi Yonga membuat Pelita Jaya unggul 8 angka (16-8). Putra mantan pesepakbola Francis Yonga tersebut juga membawa Pelita Jaya memimpin 9 angka (19-10), yang menjadi margin terlebar di kuarter pertama.  West Bandits berhasil bangkit di menit-menit terkahir. Masuknya Gabriel Batistuta Risky membuat akurasi tembakan jarak jauh membaik. Ketika ada kesempatan, Gabu bisa mengeksekusi dengan baik. Seperti di sisa 19 detik. Poin tambahan dari Gabu membuat jarak jadi 5 angka (20-25) sekaligus menutup kuarter pertama.

Kuarter kedua, meski memimpin namun penampilan anak anak Pelita Jaya menurun. Tapi justru malah terbawa permainan West Bandits. Akibatnya, para pemain PJ sering melakukan kesalahan di paint area, karena terburu-buru. Sebaliknya, West Bandits perlahan mampu mengikis margin poin. Mulai di menit kelima kuarter kedua, West Bandits mencetak 8 poin beruntun. Kalau ditambah dengan three point dari Rio Disi, maka West Bandits running score 11-2. Mereka berhasil menurunkan margin hingga tersisa 4 angka (35-39). Momentum tersebut dipangkas oleh PJ dengan meminta time-out. Tapi lawan sudah terlanjur mendapatkan irama permainana. Sehingga mereka bisa membuat jarak terpangkas jadi 2 angka (39-41) melalui dua kali jump shot dari Bilal Richardson.


Kuarter tiga, West Bandits seperti mulai mendekati skor Pelita Jaya.  West Bandits melaju 9-4 untuk menyamakan kedudukan menjadi 51-51. Pertandingan semakin menegangkan di pertengahan kuarter ketiga. Di mana PJ terus mendapatkan tekanan dari West Bandits. Beruntung PJ punya defense yang bagus, sehingga mereka bisa mempertahankan keunggulan. Sayangnya, West Bandits sangat ceroboh dalam penguasaan bola. Terutama di menit-menit krusial. Di kuarter ketiga sendiri, West Bandits melakukan 6 kali turnovers dari total 10 turnovers. Ini sangat merugikan bagi mereka, terutama karena 4 kali bolanya dicuri oleh pemain PJ. Beruntung West Bandits mampu menambah 4 angka di sisa satu menit, sehingga mereka hanya tertinggal 6 angka (61-67) saat kuarter ketiga ditutup.

Kuarter empat, efek dari kuarter sebelumnya membuat West Bandits kehilangan momentum. Pelita Jaya semakin leluasa untuk mencetak skor, sementara sebaliknya terjadi pada West Bandits. Kuarter ini menjadi antiklimaks, dan menjadi poin terendah yang dihasil oleh anak anak West bandits dibandingkan kuarter sebelumnya. Kuarter ini memberikan margin yang cukup jauh bagi Pelita jaya. Sehinga Pelita Jaya memenangkan game ini dengan skor 86 - 71

Dior Lowhorn menjadi top skor dengan 20 poin. Dalam 18 menit bermain dia juga mencetak dobel-dobel dengan 11 rebound. Disusul Decardo Day 18 poin dan sembilan rebound. Hendrick Yonga 12 poin. Andakara Prastawa Dhyaksa 11 poin dan enam asis. Govinda Saputra dan Yesaya Saudale masing-masing membuat 10 poin.

Sementara itu Widyanta Putra Teja memimpin West Bandits dengan 19 poin dan delapan asis. Bila Richardson menyumbang 13 poin dan empat asis. Disusul Sameen Swint 13 poin dan empat rebound.

Hasil kemenangan langsung 2 game ini membuat Pelita Jaya kembali melangkah ke babak final IBL 2022.


Final IBL 2022

Hasil kedua pertandingan semifinal ini menjadi ulangan final IBL musim 2021.  Pada dua momen itu Pelita Jaya harus mengakui keunggulan Satria Muda yang membawa pulang gelar juara. Pelita Jaya menelan kekalahan 1-2 pada laga final IBL 2021 dan 2017.
Satria Muda Pertamina Jakarta sebagai juara bertahan akan menantang Pelita Jaya Bakrie pekan depan di GOR C-Tra Arena, Bandung

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved