Bangku Pemain Cadangan dan Kru Tim Sepakbola Yang Menggunakan Kursi Mobil Sport

Dalam dunia olahraga, kesiapan dan kenyamanan para pemain cadangan serta kru tim merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi hasil suatu pertandingan. Terinspirasi dari kenyamanan dan desain ergonomis kursi mobil sport, beberapa tim sepakbola dan kru tim telah mulai mengadopsi penggunaan kursi mobil sport sebagai alternatif untuk bangku pemain cadangan dan tempat duduk kru. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan tren ini dan melihat mengapa kursi mobil sport menjadi pilihan yang menarik.

Kursi Mobil Sport: Kenyamanan dan Desain Ergonomis

Kursi mobil sport terkenal dengan desain ergonomisnya yang dikhususkan untuk memberikan kenyamanan dan dukungan bagi pengendara saat menghadapi tekanan tinggi dan jalan yang berliku. Bangku ini sering dirancang dengan bantalan yang berkualitas, dukungan punggung yang baik, serta kemampuan penyesuaian yang memungkinkan orang untuk menemukan posisi duduk yang optimal. Itu sebabnya, kursi mobil sport sering kali dianggap sebagai contoh desain yang mengutamakan kenyamanan.

Evolusi kursi bangku pemain cadangan

Kursi bangku pemain cadangan memang punya desain yang terbilang unik. Tak seperti jaman dulu yang menggunakan kursi plastik, saat ini kursi bangku cadangan tim-tim sepakbola kelas atas didesain lebih empuk dan nyaman, tak tanggung-tanggung desainnya mengadopsi dari jok mobil sport mahal.

BACA JUGA : Kursi Tribun Penonton: Sistem Teleskopik

Percaya tak percaya harga untuk satu kursi itu bisa mencapai 3.500 pounds. Tinggal dikalikan dengan kurs saat ini sekitar 19rb-an per pound. Mahal atau tidaknya menjadi relatif dibandingkan dengan kenyamanan yang didapatkan.

Awal mula

Awal mula munculnya bangku pemain mahal itu berawal dari keluhan seorang pelatih Kaiserslautern pada era 90-an, Karl-Heinz ‘Kalli’ Feldkamp. Feldkamp mengungkapkan jika punggungnya terasa pegal setelah menduduki kursi yang terbuat dari plastik.

Atas kejadian itu, Ulrich Putsch, memutuskan untuk menempatkan kursi baru di bench, khusus untuk Feldkamp. Perlu diketahui, jika Ulrich Putsch adalah pendiri sekaligus pemilik Recaro, sebuah perusahaan asal Jerman yang memproduksi kursi mobil dan pesawat. Selain itu, Putsch juga bagian dari jajaran direksi tim peraih trofi Bundesliga musim 1997/98.

BACA JUGA ;  Kursi Penonton Teleskopik Manual : Nyaman dan Flexibel

Khawatoir dianggap pilih kasih jika hanya menempatkan satu bangku khusus, maka Ulrich memutuskan untuk mengganti seluruh bangku cadangan dengan kursi mobil balap.

Setelah itu, pada musim 1990/91 FC Kaiserslautern resmi tercatat sebagai klub pertama yang menggunakan jok mobil balap sebagai bangku cadangan pemain dan staf kepelatihan, tepatnya di Bundesliga, kasta teratas sepakbola Jerman.



Namun, keberadaan kursi mobil balap tersebut ternyata menimbulkan tim-tim yang bertandang ke Fritz-Walter-Stadium jadi iri. Menariknya, keirian mereka justru membuat perusahaan Recaro menuai banyak keuntungan.

BACA JUGA : Kursi Penonton Basket - Portabel - Steel

Pasalnya, tim-tim tersebut jadi ikut-ikutan mengganti bangku cadangan mereka dengan jok balap. Selain itu, pada tahun 1994 produk buatan Recaro mulai menjadi tren di seluruh dunia. Bahkan, dari tahun ke tahun, banyak tim yang mengikuti langkah Kaiserslautern.

Salah satu perwakilan perusahaan dari Recaro, Tilman Schaefer, mengatakan :
“Tim lain menjadi sangat bersemangat. Mereka memesan bangku dari kami (Recaro), sehingga menjadikan hal ini menjadi proyek penjualan khusus selama bertahun-tahun,”.

Bahkan menurutnya, hal ini jadi semacam standar di sepakbola, termasuk stadion bisbol di Jepang, plus kursi kelas bisnis di stadion. Ditambahkan oleh Schaefer, bahwa di Eropa dan Jepang, Recaro menjadi pemasok terbesar.

BACA JUGA :  Kursi Pemain Cadangan / Kru Tim di Lapangan Olahraga Outdoor


Tak kurang dari 70 tim sepak bola, mulai dari Ferencváros Budapest, sampai tim kelas atas seperti Borussia Dortmund, Real Madrid dan Lyon menggunakan produk Recaro.

Selain didesain khusus agar yang duduk merasa sangat nyaman, jok balap itu juga dilengkapi pemanas kursi untuk musim dingin. Tak heran jika kursi mobil balap tersebut mampu memberikan efek yang positif bagi setiap pemain maupun staf kepelatihan. Bahkan ada yang beranggapan bahwa penggunaan kursi mobil balap tersebut berdampak positif terhadap performa pemain.

BACA JUGA :  Kursi / Bangku Pemain Cadangan Model SS-01

Jadi bukan hal aneh jika kalian melihat staf pelatih, khususnya pemain, duduk berlama-lama di bangku pemain, seolah enggan beranjak selama pertandingan.


Penutup

Tren penggunaan kursi mobil sport dalam lingkungan sepakbola menunjukkan perhatian yang diberikan terhadap kenyamanan dan kesiapan para pemain cadangan dan kru tim. Desain ergonomis dan kenyamanan kursi mobil sport telah membuatnya menjadi alternatif menarik bagi bangku pemain cadangan tradisional. Dengan pertimbangan yang tepat, penggunaan kursi mobil sport dapat memberikan manfaat bagi tim dan meningkatkan pengalaman bagi semua anggotanya.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved