Gambar Dan Ukuran Lapangan Bola Basket standar FIBA 2018

Banyak yang ingin tahu ukuran lapangan bola basket. Hal ini karena cabang olahraga basket kini merupakan olahraga yang banyak disukai banyak orang di dunia setelah olahraga sepak bola. Demikian asyiknya kita menyaksikan permainan bola basket, namun pasti banyak yang bertanya-tanya berapa sebenarnya ukuran lapangan bola basket standard internasional ? Apalagi saat rekan-rekan ingin mulai olahraga ini, dan harus membuat lapangan dan cat lapangan sendiri. Bahkan ukuran lapangan saja sudah menjadi masalah



Sebetulnya olah raga permainan bola basket udah diajarkan pada pelajaran olah raga di sekolah. Pasti tentang ukuran lapangan bola basket standard internasional sudah dipelajari, tetapi buat rekan-rekan sekalian di bawah ini saya berikan gambar lapangan bola basket berdasarkan standar FIBA tahun 2018.




ukuran lapangan pertandingan basket
Ukuran Lapangan Permainan Basket LAMA - JANGAN DIIKUTI LAGI

Gambar di atas, merupakan gambar dari lapangan bola basket standar internasional yang lama.
Jika membutuhkan ukuran lapangan basket standar FIBA yang baru bisa dilihat di gambar di bawah ini :

ukuran lapangan basket standar internasioanl
Ukuran Lapangan Basket FIBA

Dalam permainan bola basket, menurut standard Federasi Bola Basket International tahun 2018, ukuran lapangan bola basket ialah berwujud persegi panjang dengan dimensi panjang 28 meter x lebar 15 meter.

Meski demikian, bukan  berarti area yang disediakan hanya 28x15 mm.  Ada tambahan  masing-masing  5 meter ke samping ( untuk perangkat pertandingan, pemain cadangan dan anggota tim), dan 2 meter ke samping lainny sebagai jarak aman.  Sementara di ujung, setidaknya harus diamankan jarak masing -masing 2 meter dari garis ujung untuk tiang dan area aman untuk juru foto, dan pengawas pertandingan.
 


Untuk jarak tiang ke garis  ujung 2 meter, dan jarak dari garis ujung ke papan pantul 1,2 meter. Jarak dari garis ujung ke titik tengah ring adalah 1,575 meter.

jarak tiang basket ke garis lapangan basket
Jarak Tiang Basket ke Papan Pantul


Mempertimbangkan hal tersebut maka setidaknya harus disediakan area dengan dimensi 33 meter x 22 meter jika menggunakan tiang tanam. Jika menggunakan  ring basket portabel maka harus disediakan area 37 meter x 22 meter.

lapangan basket dengan ring basket portable
Lapangan basket dengan ring basket portable
Kembali ke ukuran garis lapangan basket, secara umum dalam permainan normal ada tembakan 3 angka dan 2 angka. Nilainya ditentukan dari mana tembakan dilesatkan.

area lapangan basket
Nilai Tembakan dalam permainan basket


 Namun ada juga area untuk melakukan lemparan bebas ( free throw) yang merupakan sebagai bentuk hukuman kepada tim yang melakukan pelanggaran. Nilainya sekali lemparan jika masuk adalah 1 point.Jika anda membutuhkan ukuran untuk menggambar garis area free throw bisa mengikuti gambar berikut ini.

CATATAN : AREA FREE THROW TERBARU BENTUKNYA KONTAK, TIDAK LAGI MELENGKUNG

ukuran lapangan basket
Ukuran Area Free Throw- lama JANGAN DIIKUTI LAGI

dimensi lapangan basket
Ukuran  dan bentuk area FREE THROW

Demikian kira-kira ukuran lapangan bola basket sesuai standar FIBA. Barangkali  tidak mungkin juga mengikuti ukuran yang dimaksud terutama karena terbatasnya lahan. Beberapa hal yang sering kami harus modifikasi antara lain jarak dari tiang penyangga basket dikurangi menjadi  50 cm s/d  90 cm.