APA ITU BOLA BASKET BASKET DENGAN BOBOT LEBIH BERAT (WEIGHTED BASKETBALL)

Melakukan serangan dalam bola basket dapat membutuhkan banyak hal dari seorang pemain. Pemain harus bisa menggiring bola dengan benar, mengoper dengan efisien, dan menembak dengan akurat. Pada saat yang sama, pemain basket harus menjaga pertahanan dari ancaman steal atau turnover. Karena tantangan ini, pemain harus memiliki refleks dan naluri yang berkembang dengan baik di lapangan. Alat hebat untuk ditambahkan ke rutinitas latihan Anda untuk mengasah bakat ini adalah bola basket berbobot (Weighted basket Ball).

Salah satu contoh bola basket berbobot lebih (Weighted Basketball)

APA ITU BOLA BASKET BERBOBOT?
Bola basket dengan bobot lebih ini ini adalah alat latihan resistensi yang dapat membantu memperkuat lengan bawah, pergelangan tangan, dan jari pemain basket.

Alat bantu pelatihan ini mirip dengan bola basket normal dengan ukuran lingkar 29,5″ resmi (28,5″ untuk bola basket wanita). Bola basket berat dapat menampilkan eksterior kulit atau karet seperti bola biasa untuk permainan di dalam atau di luar ruangan. Perbedaan utama adalah pada berat bola. Sebagian besar bola berbobot memiliki berat sekitar sekitar 1,5 kg. Ini lebih dari dua kali lipat berat bola basket biasa dengan berat 2,2 s/d 2,3 kg.

Terlepas dari perbedaan berat, alat bantu pelatihan ini memiliki rasa dan pantulan yang mirip dengan bola basket normal. Kualitas ini dapat membantu Anda menambahkan latihan ketahanan ke latihan yang berhubungan dengan bola.


LATIHAN BASKET DENGAN BOLA BERBOBOT

Berlatih dengan bola basket berbobot lebih bisa menjadi tambahan yang mudah untuk rutinitas latihan Anda. Karena kesamaan antara bola basket berat dan bola basket normal, seharusnya ada sedikit perubahan. Resistensi tambahan dari bola basket berbobot dapat meningkatkan beberapa pelatihan  kemampuan menangangi bola. Keterampilan menggiring bola, mengoper, menembak, dan rebound semuanya bisa mendapat manfaat dari bola basket berbobot.

DRIBBLING DRILL
Bola berbobot dapat memaksa  Anda untuk lebih berusaha di belakang gerakan ke bawah saat menggiring bola. Dorongan ekstra diperlukan agar bola kembali ke ketinggian dribbling yang diinginkan. Menggunakan bola basket yang berat selama latihan menggiring bola dapat membantu membangun kekuatan pergelangan tangan dan lengan bawah. Mencari latihan dribbling bola basket yang komprehensif untuk melatih bakat Anda? Cobalah latihan dribble untuk mempelajari cara mendorong bola ke atas lapangan dengan percaya diri dan kontrol.

LATIHAN PASSING (MENGUMPAN)
Bola berbobot dapat membantu Anda membangun kekuatan lengan dalam latihan passing. Pelatihan bola basket yang berat juga dapat melatih keterampilan menerima umpan seperti sentuhan dan tangan yang lembut. Kesamaan antara pantulan bola basket biasa dan bola basket berbobot adalah yang memungkinkan hal ini terjadi. Dengan bola basket berbobot, Anda dapat membaca operan pantulan dan menjadi terbiasa menerima dan mengirim bola ke luar lapangan. Cobalah latihan passing bola basket ini untuk melatih operan dada dan pantulan dengan resistensi tambahan.


DRILL SHOOTING DAN REBOUNDING
Bola basket berbobot dapat membantu membangun kekuatan lengan bawah dan pergelangan tangan dalam latihan menembak dan rebound. Perlawanan tambahan dapat memaksa Anda untuk menggunakan lengan lebih banyak, sehingga membangun area utama ini. Namun, penting untuk memperhatikan jarak tembak Anda. Anda tidak ingin berkompromi dengan formulir untuk memasukkan bola basket berbobot ke dalam keranjang. Kebiasaan yang dipelajari saat pelatihan dapat dengan mudah terwujud selama bermain game. Ingin mencoba latihan bola basket berbobot?

Saat berlatih dengan bola basket berbobot, latihlah berulang-ulang. Setelah beberapa repetisi dengan bola basket yang berat, lanjutkan latihan Anda dengan bola basket biasa. Ini dapat membantu Anda menuai manfaat dari latihan resistensi tanpa mengorbankan bentuk atau mengembangkan kebiasaan buruk dalam permainan.

BOLA BASKET RINGAN / “KECIL”
Sama seperti latihan beban dapat meningkatkan kekuatan Anda dalam menggiring bola, menggunakan bola basket ringan dan mini juga perlu. Latihan dengan bola basket yang lebih kecil dari ukuran biasa (misal no. 7) dapat meningkatkan keahlian Anda. Bola basket  ukunran nomr 3 atau diameter 22,5 inchi, bisa digunakan untuk  meningkatkan "feeling" terhadap bola dan menciptakan kesadaran yang lebih baik. Sifat-sifat ini diperlukan di lapangan untuk membantu Anda mengawasi permainan di sekitar Anda.

Pelatihan bola basket  dapat membantu memberi Anda dorongan tambahan dalam memahami perintah dan instruksi lapangan. Gunakan alat bantu pelatihan ini untuk menguasai keterampilan penting bola basket dengan lebih baik dan meningkatkan permainan Anda.


Tidak ada komentar: