Fast Break - Serangan Balik Kilat Dalam Olahraga Bola Basket

 ring-basket.com -- Skenario penyerangan saat pertandingan bola basket tidak selalu mulus. Satu pemain melakukan kesalahan, menjadi keuntungan bagi pihak lawan. Salah satunya lewat serangan kilat atau fast break.

Fast break atau serangan bkilat dalam permainan bola basket ialah wujud serangan balik melalui peralihan dari bertahan ke serang. Serangan balik secara cepat ini, cukup dengan 1-3 umpan saat mendapatkan bola.




Umumnya, fast break terjadi saat team yang sedang dalam posisi menyerang, kehilangan bola karena  peristiwa steal (mengambil bola) dari pihak lawan sukses, lalu kembali serang secara cepat.


Dalam skema gempuran cepat atau fast break dilaksanakan dengan coba menyalurkan bola di depan secepat-cepatnya pada kondisi pertahanan musuh belum optimal karena sedang keluar tempatnya.

Prakteknya sesudah bola terebut karena itu secepat-cepatnya lakukan passing di depan, dribbling dan shoot ke ring.

Konsentrasi khusus saat lakukan fast break ialah kecepatan dan umpan cepat.


Apa itu Fast Break ?

Berdasar Sumiyarsono dalam bukunya, Ketrampilan Bola Basket (2002) keluaran FIK UNY, serangan kilat ialah tipe gempuran yang direncanakan untuk memudahkan membuat nilai atau cetak score, saat sebelum

Faksi pemain musuh sempat atur status pertahanannya semasing.

Disamping itu, fast break ialah gempuran secara kilat yang memudahkan sebuah team cetak score dan benar-benar efisien dipakai di awal laga untuk ketahui kemampuan pertahanan musuh.

Beberapa ciri Fast Break

1. Kepenguasaan Bola

Kepenguasaan bola dalam fast break bisa didapat dari defensive rebound (merayah bola saat bertahan), inbound (bola shooting musuh masuk), intercept (mengambil bola umpan lawan), dan steal (mengambil bola yang dibawa musuh).
 

2. Sedikit Umpan

Sesudah kuasai bola, bola langsung diumpan di depan. Jumlah umpan sedikit, bahkan juga tidak lebih dari 3x.

Umpan jauh, dribbling, dan tembakan jadi kunci penting dalam fast break.

Dalam contoh kasus, seorang poin guard akan minta outlet pass (umpan keluar wilayah bersyarat). Poin guard menggenggam peranan penting dalam fast break.

3. Gerakan Cepat

Fast break umumnya tidak lebih dari 10 detik sesudah kuasai bola, bahkan juga kurang dari durasi waktu itu.

Gerakan bola dilaksanakan secara cepat dengan memakai umpan cepat (fast passing) dan seminimal kemungkinan membawa bola.

4. Penuntasan

Penuntasan atau eksekusi dari gempuran ini umumnya memakai tehnik lay-up shoot.  Tetapi tidak, selalu fast break disudahi memakai tehnik itu. Adapun beberapa fast break berpola memakai shooting post-up.

ARTIKEL ISTILAH BASKET LAINNYA


© Copyright 2018 BOLA DAN RING BASKET - All Rights Reserved