Arti Jump Ball Dalam Bola Basket dan Penjelasannya

 ring-basket.com -- Permainan olahraga bola basket sama seperti cabang olahraga  beregu lainnya, tentu punya tanda awal untuk mengawali permainan.

Bila dalam laga sepak bola ada kick-off atau sepak mula atau sepak bola, bola voli ada service, karena sementara untuk cabang olahraga bola basket umumnya diawali dengan jump ball.


Tanda Mulai Permulaan Bola Basket atau Jump Ball

Menurut Encyclopedia Britannica, jump ball adalah sebuah cara untuk mengawali laga / pertandingan dengan bentuk bola yang dilambungkan oleh wasit di antara dua pemain yang menjadi wakil dari regu masing-masing.


Pada laga bola basket yang akan dimulai, jump ball dibuat di dalam lingkaran yang ada di lapangan tengah. Saat kedua pemain dari kedua tim sudah bersiap, bBola dilambungkan oleh wasit ke udara antara dua pemain tersebut.


Jika wasit sudah melemparkan bola ke atas , ke-2 pemain itu harus meloncat lalu mengoperkan atau memukul bola ke rekan satu regu.
Ketentuannya adalah, saat jump ball, bola tidak boleh ditangkap langsung oleh pemain yang berada dalam lingkaran.

Bila ke-2 pemain itu tidak dapat memukul bola atau mengoperkan ke temannya dan bola jatuh ke lantai, jump ball harus diulangi.


Bagaimana Cara Melakukan Jump Ball

Menurut Federasu Bola Basket Internasional (FIBA), ada tata langkah hal lakukan jump ball.  Tata cara itu harus dimengerti tiap pebasket. Berikut tata langkah jump ball dalam bola basket:


- Masing-masing pelompat harus berdiri dengan ke-2 kaki ada dalam lingkaran tengah yang terdekat dengan ring basketnya sendiri dengan 1 kaki dekat sama garis tengah.
- Rekanan satu team jangan tempati status yang bersisihan disekitaran lingkaran bila musuh ingin tempati salah satunya status itu.
- Wasit selanjutnya akan melemparkan bola ke atas (secara vertikal) antara dua pemain yang sama-sama bertemu, semakin tinggi dari capaian lompatan ke-2 jumper itu.
- Bola harus dihalau minimal dengan salah satunya tangan pelompat sesudah capai titik paling tingginya.
- Jika bola tidak ditepis oleh setidaknya salah satu pelompat, jump ball harus diulang.
Tidak boleh ada bagian tubuh non-pelompat yang boleh berada di atas atau di atas garis lingkaran sebelum bola ditepis.


ISTILAH  OLAHRAGA BOLA BASKET LAINNYA


© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved