Hasil dan Kilasan Pertandingan hari Ke - 7 Seri 1 Liga Bola Basket IBL Tokopedia 2022

 ring-basket.com -- Kasta liga bola basket tertinggi Indonesia, Indonesia Basketball League (IBL) 2022, melanjutkan pertandingan pada hari ke-6 seri 1 IBL Tokopedia 2022 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Sesuai jadwal ada 4 pertandingan pada hari ke-7, yang dimulai sejak jam 1 siang.


 

 Bumi Borneo Pontianak 65 vs 70 RANS PIK

RANS PIK nampak tampil gemilang pada quarter pertama. Tim asuhan Koko Nugroho itu berhasil mendominasi dan nampak mengurung Bumi Borneo hingga kesulitan untuk mengembangkan permainan. Sejak awal pertama, tim milik Raffi Ahmad itu sudah unggul dengan poin yang banyak. Hal itu membuat mereka tampil lebih lepas dan mampu memenangkan pertarungan di kuarter pertama dengan skor 10 - 29.

Usai rehat sejenak, Bumi Borneo berhasil bangkit. Tim asuhan Toni Syailendra mampu membalikkan keadaan dan menyulitkan RANS PIK di kuarter kedua. Shane Heyward dan kawan-kawan pun nampak kehilangan ritme permainannya. Turunnya performa di kuarter kedua membuat RANS PIK bermain di bawah tekanan. Bumi Borneo berhasil mengeksploitasi peluang itu dan menghukum lawannya lewat keunggulan lebih banyak point, namun skor masih unggul RANS PINK 29 - 44.

Masuk pada kuarter ketiga, kedua kubu nampak kehabisan napas. Poin demi poin yang dicetak seperti kuarter sebelumnya tak begitu terlihat pada kuarter ketiga ini. Kendati begitu, RANS PIK kembali menemukan ritme permainannya. Mereka kembali mendominasi jalannya pertandingan dan berhasil menjauhi keunggulan sementara usai menang di kuarter ketiga dengan skor 41-58.

Kekalahan di kuarter ketiga membuat Bumi Borneo harus lebih kerja keras lagi di kuarter terakhir. Berbagai upaya mereka lakukan untuk mengejar ketertinggalan yang nyaris terpaut 10 poin. Sempat tertinggal lima poin di kuarter keempat, Bumi Borneo berhasil bangkit. Mereka membalikkan keunggulan kala menyisahkan empat menit lagi.  Sayangnya, upaya yang dilakukan Bumi Borneo gagal. Mereka kehabisan waktu untuk mengejar ketertinggalan, dan harus mengakui kemenangan RANS PIK dengan skor 65-70 setelah peluit panjang dibunyikan.


NHS Mountain Gold Timika 68 vs 63 Pasific Caesar Surabaya

NSH langsung melesat pada awal laga, 8-0 lewat angka-angka dari Shahae Newkirk dan Randika Aprilian.Calvin Chrissler dan Ellis membalas . New Kirk dan Rizky Agung Pranata kembali membuat NSH memimpin 13-6. Akeem Ellis dan Andre Rorimpandey berbalas free throw.Three points Newkirks dibalas dua angka dari Gregorio Wibowo. Three points play dan lay up Pandey membawa NSH memimpin 23-14 menutup kuarter pertama.

Kuarter kedua, Pacific merajalela. Dimulai dengan tembakan tigan Calvin Chrissler pada awal kuarter, Calvin pula yang membuat Pacific berbalik unggul 30-29. Dua point Yonatan dibalas tembakan tiga angka Pandey, 32-32. Muhammad Ariezky mencetak angka lewat lay up dan tembakan tiga angka, Pandey merespon dengan three points. Dua angka dari Hardianto juga dibalas dua angka dari Pandey. Three points Ellis hanya dibalas satu lemparan bebas dari New Kirk. Pacifif menutup babak pertama dengan memimpin 43-38.

Kuarter ketiga, giliran NSH ambil alih kendali. Mereka mampu mencetak 16 poin dan menahan Pacific hanya mampu mencetak tujuh angka. NSH menatap kuarter keempat dengan keunggulan 54-50.


Kuarter  empat dibuka dengan  Jan Misel Panagan memnyumbang dengan tiga angka untuk NSH. Tembakan dua angka dari Ramdan Yuwana, lay up Yonatan dan tembakan tiga angka dari Calvin membuat Pacific menyamakan kedudukan 57-57. Dua angka Newkirk dibalas tembakan tiga angka Ellis. Lay up New Kirik membuat NSH memimpin satu angka, namun three points Ellis menjadikan Pacific memimpin dua angka. Three points Newkirik mengembalikan kepemimpinan satu angka untuk NSH ketika waktu tersisa 46 detik. Satu free throw dan satu three points dari Newkirk mengakhiri laga untuk kemenangan NSH 68-63.

Prawira Bandung 66 vs 68 SM Pertamina

Pada kuarter pertama, Prawira Bandung berhasil memegang kendali meski Satria Muda memberikan perlawanan yang sengit. Prawira Bandung sukses memenangkan duel sengit di kuarter pertama ini dengan skor 15-10.

Pada kuater kedua, tim asuhan David Singleton sukses tampil konsisten. Prawira Bandung menutup kuarter kedua dengan keunggulan 37-30.

Lanjut ke kuarter ketiga, Prawira Bandung kembali tampil apik. Meski SM terus mengejar ketertinggalan, namun tim asal Bandung ini bisa menjaga momentum. Prawira menutup kuarter ketiga dengan selisih yang cukup jauh. Prawira unggul 9 poin 57-48.

Unggul 9 poin membuat Prawira terlena. Kuater empat Prawira kesulitan menembus rapatnya pertahanan SM. Di sisi lain, SM menunjukkan mental juara. Juara 11 kali kompetisi bola basket Indonesia itu bangkit. Nick Diaz makes comeback next year! Arki Wisnu menjadi motor kebangkitan SM di kuater keempat. SM berhasil comeback dan menutup kuater keempat dengan skor 68-66

Pelita Jaya 87 vs 81 West Bandits Combhipar Solo

Dior Lowhorn mengawali poin Pelita, West Bandits merespon dengan cepat lewat poin dari Widyanta Putra dan Michael Kolawole. Dior kemudian menyamakan kedudukan.Three points Patrick Nikholas untuk West Bandits dibalas lay up Reggie Mononimbar. Free throw Kolawole dan jump shot Patrick membuat West Bandits memimpin. Muhammad Hardian Wicaksono mencetak angka bagi Pelita untuk mempersempt selisih, namun Kolawole membalasnya. Jump shot Lowhorn juga dibalas oleh Pringgo Regowo. Lima menit pertama West Bandits unggul 15-10. Three points D’Monta Harris dibalas lay up dan three points dari Muhammad Arighi. Three points play Harris kembali menjaga marjin keunggulan West Bandits. Arighi mencetak angka terakhir di kuarter awal dan West Bandits memimpin, 21-17.

Lay up dan dua free throw Reggie membuka angka pada kuarter kedua. Kolawole dan Widyanta meresponnya dengan jump shot. Dua kali beruntun tembakan tiga angka dari Arighi menyamakan kedudukan 27-27. Lay up Kolawole membuat West Bandit unggul 29-27 pada lima menit akhir babak pertama. Harris dan Reggie berbalas poin, lalu dua free throw Harris dibalas tembakan tiga angka Wicaksono. Tembakan tiga angka dari Habib Tito Aji dan Mei Joni membuat West Bandits menjauh. Three points Arighi juga dibalas oleh Gabriel Batitusta”Gabu” Risky. Wicaksono melesakkan tiga angka terakhir pada babak pertama. West Bandits masih memimpin 45-38.


West Bandits memimpin 55-45 lima menit awal kuarter ketiga. Tiga angka dari Gabu makin menjauhkan jarak. Govinda Saputra menipiskan dengan angka dari jump shot dan free throw. Three points Fernando Manangsang dan floater jump shot Andakara Prastawa memangkas keunggulan West Bandits hanya tinggal lima angka, 58-53. Three points Disi langsung dibalas oleh Prastawa. Dua free throw Reggie dibalas satu free throw Harris. Satu lemparan bebas Prastawa menjadi angka terakhir kuarter ketiga. West Bandits masih unggul tiga angka, 62-59.

Reggie membuat Pelita unggul, Pringgo membalas namun segera dibalas lagi oleh Reggie. Kolawole menipiskan selisih, Dior kembali sedikit menjauhkan 70-66 untuk Pelita Jaya. Dior kemudian terkenal technical foul pertama saat laga tersisa tujuh menit.

Dior kembali mencetak poin dua kali beruntun 74-66, sayang harus dibayar mahal dengan technical foul kedua setelah bersitegang dengan Fadlan Minallah. Keduanya mendapatkan technical foul.  Dua kali technical foul memaksa Dior keluar lapangan.

Tanpa Dior, Pelita tetap perkasa mendulang angka. Lay up Reggie menambah keunggulan 76-66. Dua kali tembakan tiga angka Harris memperkecil selisih 76-72. Wicaksono mencetak tiga angka penting ketika waktu tersisa 02:25 menit,  79-72 bagi Pelita Jaya. Lay up Harris direspon tembakan tiga angka Manansang . Jump shot dan dunk Harris memperkecil selisih, 82-78. Free throw Mei Joni sedikit memberi harapan bagi West Bandits, tetapi Reggie kembali menjauhkan , Harris mencetak dua angka dan tiga kali lemparan bebas Wicaksono mengamankan kemenangan Pelita Jaya,87-81.


 Foto : Duel antara West Bandits Combiphar Solo versus Pelita Jaya Bakrie dalam lanjutan IBL 2022 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (21/1/2022). [Iblindonesia.com]

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved