DAFTAR PERALATAN LATIHAN BASKET

Untuk berhasil dalam bola basket, diperlukan pelatihan yang tepat. Ada banyak peralatan opsional yang berguna bagi pemain bola basket untuk meningkatkan keterampilan mereka. Jika Anda mencari ide pelatihan, atau hanya ingin mempelajari lebih lanjut tentang peralatan basket, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Baca terus untuk mengetahui tentang jenis unik peralatan pelatihan bola basket. 



Apa itu Peralatan Latihan Bola Basket?

Peralatan pelatihan bola basket digunakan untuk membantu pemain mengembangkan keterampilan mereka untuk digunakan dalam permainan. Banyak peralatan yang berfokus pada satu aspek permainan bola basket untuk membantu pemain berkembang di area tertentu.


Beberapa peralatan ini dirancang untuk meningkatkan dasar-dasar pemain dan keahlian tingkat dasar sementara peralatan lainnya diarahkan pada teknik yang lebih maju. Beberapa peralatan ini juga memiliki banyak kegunaan dan dapat membantu meningkatkan berbagai aspek permainan pemain.

Banyak peralatan di sini adalah produk yang dibuat untuk tujuan khusus pelatihan bola basket, sementara yang lain, seperti bola tenis, hanya dengan tujuan tertentu.


Peralatan latihan menggiring bola ( dribble)

Peralatan menggiring bola memberikan pengalaman pelatihan yang luar biasa bagi pemain bola basket dalam hal penanganan bola mereka. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis peralatan dribbling, dan bagaimana mereka dapat membantu Anda.

1. Kacamata Dribbling


 

Kacamata dribbling adalah bagian dari peralatan pelatihan yang memaksa pemain untuk tetap tegak di lapangan. Mereka terlihat seperti kacamata biasa dengan bingkai mata bagian bawah yang tebal, dirancang dengan sengaja untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri pemain saat menggiring bola. Banyak pemain mungkin memiliki masalah melihat ke bawah pada bola saat menggiring bola daripada melihat ke lapangan. Kacamata ini membantu memperbaikinya.

2. Dribble Sticks / Tiang Dribble


 

Dribble Sticks adalah barang yang populer untuk dimiliki oleh pelatih atau pelatih bola basket, tanpa memandang usia. Tongkat menggiring bola membantu meningkatkan keterampilan penanganan bola Anda melalui berbagai latihan. Mereka sering menyesuaikan diri dengan ketinggian yang berbeda dan mengajari Anda cara mengontrol dribble Anda dengan mencoba menahan bola agar tidak mengenai tongkat.



3. Bola tenis

Anda mungkin tidak terbiasa melihat bola tenis di lapangan basket, tetapi sebenarnya bola tersebut dapat menjadi alat yang hebat untuk meningkatkan koordinasi mata tangan pemain bola basket. Bola tenis menawarkan target yang lebih kecil daripada bola basket, dan bisa menjadi target sekunder yang bagus dengan meminta pemain menangkap bola tenis sambil mempertahankan dribble mereka.


4. Sarung Tangan Berat ( Weighted Gloves)

 Sarung tangan pemberat adalah metode pelatihan bola basket yang berguna karena berbagai alasan. Sebagian besar sarung tangan pemberat memiliki anti-grip yang unik, yang menyulitkan pemain untuk mengontrol bola. Ini memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada keterampilan menggiring bola dan mengontrol bola, sambil menambah bobot ekstra. Ini juga meningkatkan kekuatan otot tangan dan lengan, bagian penting dari pelatihan untuk semua pemain bola basket.



Peralatan Latihan  Menembak /  Shooting

Potongan peralatan ini memaksa pemain untuk menembak dengan bentuk yang tepat, apakah itu melibatkan menjaga siku tetap lurus, mengatur jarak jari mereka dengan benar, atau menghadirkan penghalang bagi penembak. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai jenis peralatan menembak bola basket, dan bagaimana mereka dapat membantu Anda.


1. Contester / Blocker



Contester atau Blocker adalah peralatan yang membantu mensimulasikan kondisi dimana tangan bek di dekat Anda dan mencoba memblok tembakan Anda. Mereka biasanya tongkat disesuaikan melekat pada tangan, yang pelatih atau teman dapat memegang di dekat Anda saat Anda berlatih menembak. Ini tidak hanya berguna untuk berlatih jumpshot, tetapi juga floaters dan lay up.


2. Finger Spacer atau Shotlock

Finger spacer adalah peralatan yang sangat berharga yang digunakan untuk melatih memori otot saat Anda memegang jari di sekitar bola basket. Finger spacer membantu Anda menjaga jarak yang konsisten di antara jari-jari Anda untuk meningkatkan kemampuan menembak dan menggiring bola, melatih Anda tentang cara memegang bola di jari-jari Anda.

BACA JUGA  SOAL FINGER SPACE / SHOTLOCK DI :

Alat Bantu Latihan Basket Supaya Shooting Lebih Akurat



3. Mesin Rebound


 

Mesin rebound, sering disebut rebounder, adalah peralatan menembak yang berguna yang cocok untuk berlatih sendiri. Sebuah rebounder dimaksudkan untuk mengumpulkan bola setelah tembakan di ring, dan mengirimkannya kembali ke arah Anda sehingga Anda tidak perlu mengejar bola setiap kali Anda melakukan tembakan.

4. Alat bantu shooting pada tangan non-dominan (Pad Shooting hand)


Pad Shooting hand adalah bantalan yang dipasang di tangan untuk menembak, terutama tangan non-dominan Anda untuk membantu meningkatkan kualitas bidikan Anda. Karena bantalan tebal tidak memberi Anda pegangan pada bola, itu memaksa Anda untuk lebih fokus pada tangan yang melakukan shooting Anda. Ini juga berguna untuk kekuatan lengan dan kekuatan pukulan, karena pukulan bola basket yang baik membutuhkan gerakan pergelangan tangan yang dominan.


5. Shooting Spot

 

Shooting spot artinya penanda lokasi / tempat untuk menembak/melempar bola. Penanda ditempatkan di lapangan dan digunakan dalam berbagai latihan. Penanda ini memungkinkan pemain untuk berlatih menembak berulang kali dari tempat yang sama, tanpa harus khawatir kehilangan jejak tempat Anda menembak di lapangan.


6. Tali kekang Menembak / Shooting Strap

Tali kekang atau pengikat  adalah bagian dari peralatan pelatihan bola basket yang membantu pengguna mengembangkan memori otot saat bekerja untuk menyempurnakan bentuk pemotretan mereka. Tali pengikat ini dipasang di lengan yang tidak dominan, untuk membantu memastikan bahwa Anda menjaga lengan ini lebih sebagai penyangga dalam bidikan Anda alih-alih sebagai kekuatan pendorong.

BACA JUGA  SOAL SHOOTING STRAP DI :

Alat Bantu Latihan Basket Supaya Shooting Lebih Akurat

 

7. Dummy Training / Penghalang Buatan

Dummy training atau boneka / alat penghalang buatan digunakan untuk mensimulasikan pertahanan saat berlatih menembak. Peralatan ini membantu pemain bola basket terbiasa menembak lawan, keterampilan yang tidak bisa Anda asah hanya dengan menembak bola tanpa hambatan. Pelatihan boneka menghilangkan need untuk orang yang sebenarnya bermain pertahanan untuk mengasah keterampilan ini, memungkinkan latihan yang efektif dengan sekelompok kecil pemain.


8. Bola basket berat / Weighted Ball

Pemain bola basket menggunakan bola berbobot lebih berat  untuk berlatih menggiring bola dan mengoper. Sebuah bola berbobot membantu meningkatkan kekuatan lengan dan tangan, sekaligus meningkatkan keterampilan on-ball Anda. Mereka datang dalam berbagai bobot dan ukuran, tetapi yang paling umum memiliki berat sekitar 1,5 kg, perbedaan mencolok dari bola basket 700 gram.

 

BACA JUGA LEBIH LANJUT TENTANG WEIGHTED BALL / BOLA BASKET BERBOBOT DI

APA ITU BOLA BASKET BASKET DENGAN BOBOT LEBIH BERAT (WEIGHTED BASKETBALL)



Peralatan Latihan Kecepatan dan Kelincahan (Speed and Agility)

Peralatan kecepatan dan kelincahan digunakan untuk meningkatkan keatletisan pemain bola basket secara keseluruhan, tidak harus keterampilan khusus bola basket seperti menembak. Potongan-potongan peralatan ini sering dapat ditemukan di olahraga lain, juga digunakan untuk proses adaptasi. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai jenis peralatan kecepatan dan kelincahan, dan bagaimana mereka membantu pemain bola basket meningkat.

Agility Ladder


Agility Ladder dapat digunakan untuk banyak latihan berbeda yang bermanfaat bagi Anda dalam bola basket. Terlepas dari latihannya, Agility Ladder digunakan untuk meningkatkan kelincahan dan kecepatan pada pemain. Selain itu, tangga kelincahan dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan kardio dan atletik.

BACA JUGA LEBIH LANJUT AGILITY LADDER :

Peralatan Latihan Olahraga Basket : Agility Ladder dan Dan 20 Contoh Latihan Menggunakan Agility Ladder


Cone / Kerucut


Kerucut adalah jenis peralatan pelatihan bola basket yang sederhana, namun sangat berdampak. Penanda kerucut ini membantu pemain tahu persis di mana harus mulai dan berhenti berlari, tanpa meninggalkan ruang untuk kebingungan. Mereka juga dapat digunakan untuk memberikan arahan selama latihan menggiring bola, memberikan rintangan kepada pemain untuk menggiring bola.


Lompat tali


 

Lompat tali merupakan alat olahraga yang umum digunakan untuk membangun daya tahan kardiovaskuler. Dalam bola basket, lompat tali adalah cara yang bagus untuk membangun daya tahan atletik yang membantu pemain berlari naik turun lapangan dengan kecepatan tinggi selama permainan yang serba cepat.

Rintangan mini

 

Rintangan mini adalah bagian penting lainnya dari peralatan kecepatan dan kelincahan. Rintangan mini sering digunakan dalam barisan, dan pemain ditugaskan untuk melompati setiap rintangan secara berurutan. Jenis latihan ini membantu pemain mengembangkan kardio mereka, sekaligus meningkatkan kecepatan kaki.

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved