Hasil Pertandingan Day 1 Seri 1 IBL Tokopedia 2022

 Indonesia Basketball League (IBL) 2022 resmi dibuka pada Sabtu (15/1/2022) malam. Kompetisi basket tertinggi di Indonesia itu dibuka di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Pembukaan IBL 2022 dimulai dengan aksi para penari yang memukau para penonton. Mereka bergerak sesuai irama lagu sembari memperkenalkan 16 tim yang berkompetisi.

Selanjutnya, acara pun dilanjutkan dengan laga yang mempertemukan juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta dengan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Sebelumnya, tiga pertandingan sudah digelar mulai siang pada hari yang sama, mempertemukan Prawira Bandung vs Pacific Caesar Surabaya, NSH Mountain Gold Timika vs Bumi Borneo Pontianak, dan West Bandits Solo vs RANS PIK Basketball.


Hasil Pertandingan Hari ke-1  Seri 1 IBL Tokopedia 2022


Satria Muda Pertamina Jakarta 65  vs  Pelita Jaya Bakri Jakarta 69

Pertandingan "Big Match" dan juga ulangan Final IBL 2021, dimulai dengan Pelita Jaya langsung tancap gas sejak awal kuarter pertama.



Tim asuhan Youbel Sondakh itu juga tampak kesulitan membatasi pergerakan para pemain Pelita Jaya, terutama Dior Lowhorn yang terus melakukan penetrasi yang membawa Pelita Jaya unggul 22-7 pada kuarter pertama.

Namun memasuki kuarter kedua, Satria Muda mulai menemukan permainan mereka hingga mampu menipiskan ketertinggalan dari selisih 25 poin menjadi 8 angka saat kedudukan 36-28 pada paruh pertama pertandingan.

Satria Muda baru bisa menyamakan kedudukan di tujuh menit tersisa kuarter keempat dalam kedudukan 52-52. Kedudukan bahkan kembali imbang 65-65 saat 41 detik tersisa jelang akhir laga.

Kedua tim masih terlibat kejar-kejaran angka yang cukup sengit di pengujung kuarter terakhir saat Satria Muda hanya tertinggal 65-67. Namun kapten Satria Muda, Arki Dikania Wisnu justru membuat turnover, diikuti Elijah Foster yang melakukan unsportsmanlike foul.

Hardianus Wicaksono pun dihadiahi dua "free throw" sebelum laga ditutup untuk kemenangan Pelita Jaya dengan skor 69-65.

Prawira Bandung 71 vs Pacific Caesar Surabaya 54

Prawira Bandung lebih dulu mencetak angka lewat aksi Reza Guntara yang sekaligus tercatat sebagai poin pertama dari kompetisi IBL 2022.

Setelah itu, laga berlangsung alot. Pacific Caesar Surabaya mampu memimpin perolehan angka untuk kali pertama pada kedudukan 9-6 lewat tembakan tiga angka Akeem Ellis.

Momentum terus berlanjut hingga akhirnya Pacific menutup kuarter pertama dengan keunggulan satu bola, 13-11.

Akan tetapi, Prawira mendapat momentum keunggulan dengan mencetak sembilan angka beruntun yang membuat anak asuh David Singleton unggul 25-19.

Kuarter kedua ditutup dengan skor 39-24 usai Prawira Bandung mencetak tiga tripoin beruntun via Andre Adriano, Sulthan Fauzan, dan Reza Guntara dalam tiga menit terakhir.

Memasuki kuarter ketiga, Pacific kembali tampil menekan. Mereka juga berhasil meredam laju poin lawan.

Alhasil, Yonatan dan kawan-kawan berhasil membuat margin poin dengan Prawira kembali berjarak satu digit dan menutup kuarter ketiga dengan skor 42-49.

Momen pada kuarter ketiga seolah jadi wake up call untuk skuad Prawira. Mereka kembali menjauh dan sempat unggul 22 poin, 66-44, saat laga tersisa empat setengah menit.

Unggul jauh membuat Prawira dengan leluasa mengontrol pertandingan, termasuk melakukan rotasi, hingga akhirnya meraih kemenangan dengan skor 71-54.

Pemain asing Prawira Bandung, Taj Davis Spencer, menjadi bintang laga dengan mengukir 21 poin dan 11 rebound alias double-double.


NSH Mountain Gold Timika 68 vs Bumi Borneo Pontianak 80


Pada duel IBL 2022 seri pertama ini, NSH yang diarsiteki pelatih asal Argentina, Anthony Garbelotto, tampil menekan sejak awal hingga unggul 18-13 pada kuarter pertama. Selanjutnya, Andre Rorimpandey dan kolega tetap menguasai jalannya pertandingan dan menutup jeda babak pertama dengan skor 31-25.

Pada kuarter ketiga dan keempat, tim yang bermarkas di Timika, Papua itu masih mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa kali tembakan tiga angka dari pemain asing NSH, Shavar Tahrel Newkirk, membuat skor terus bertambah.Alhasil, NSH terus melesat dan menutup laga dengan kemenangan 68-60 atas Bumi Borneo.


West Bandits Combiphar Solo 75 vs RANS PIK Basketball 57

Jalannya pertandingan  pada kuarter pertama berjalan demikian ketat. Tapi, West Bandits serang lebih efektif. Hal itu membuat mereka unggul 16-10.Kondisi itu ternyata membuat West Bandits mendapati irama permainan terbaik. Mereka tutup rapat pertahannya pada kuarter ke-2 dan sering serang balik lewat rebounds.

Gempuran West Bandits membuat pertahanan RANS kalang kabut. Hasilnya, West Bandits sukses tutup kuarter ke-2 dengan keunggulan sampai 41-21. Supremasi West Bandits juga bersambung pada kuarter ke-3 . Melalui  duet Disi dan Patrick Nikolas yang spesial. Mereka juga menjauhi dari kejaran RANS. Hasilnya, West Bandits sukses akhiri kuarter ke-3 dengan keunggulan 63-40.

Kondisi tidak banyak berbeda pada kuarter ke-4. Beragam gempuran RANS tidak dapat tembus pertahanan West Bandits yang paling kompak. Dengan tersisa lima menit, mereka sukses melebarkan jarak jadi 71-47. Pada akhirnya, laga usai dengan score 75-57 untuk kemenangan West Bandits atas RANS.


Foto : antaranews.com

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved